Seberapa Penting Aplikasi Pembukuan Usaha Untuk Pedagang

Pedagang bisa dikatakan sebagai profesi paling populer yang dilakukan hampir semua orang di Indonesia, baik berdagang barang maupun jasa. Dalam menjalankan aktivitas usahanya, pedagang membutuhkan aplikasi pembukuan usaha demi mendorong perkembangan bisnis.

Sudah bukan hal awam lagi jika manusia pada dasarnya memang memiliki kemampuan berdagang. Pada dasarnya, pedagang terbagi menjadi beberapa macam. Di  antaranya adalah distributor dan ritel. Distributor adalah usaha berdagang atas produk orang lain atau perusahaan lain. Jadi distributor tidak membuat produk yang ia jual, tetapi hanya memasarkan produk dari orang lain kepada agen atau pedagang kecil.

Cara ini cukup ampuh dilakukan oleh banyak orang. Misalnya saja mereka bekerja sama dengan produsen merek besar, baik dari dalam maupun luar negeri, kemudian menjualnya di Indonesia. Perusahaan harus memiliki perizinan yang jelas untuk melaksanakan hal tersebut. Mereka pun memudahkan pihak produsen untuk memasarkan produknya.

Sementara itu, pedagang merupakan suatu bentuk usaha yang pelakunya harus membeli satu jenis barang dalam jumlah besar dan kemudian menjualnya kepada pelanggan secara ritel atau satuan. 

Kedua jenis perdagangan tersebut sama-sama memberikan keuntungan yang baik untuk pelakunya. Untuk mengelola bisnis perdagangan, diperlukan aplikasi pembukuan usaha untuk pedagang agar proses pembukuan menjadi lebih mudah dan akurat.

Aplikasi pembukuan usaha adalah aplikasi yang khusus digunakan untuk pembukuan keuangan perusahaan. Di dalamnya terdapat fitur-fitur yang bermanfaat untuk proses pembukuan keuangan bisnis. Jadi setiap pedagang bisa memanfaat fitur tersebut untuk membuat pembukuan keuangan atau laporan keuangan yang penting.

Aplikasi pembukuan usaha sudah banyak digunakan oleh berbagai macam jenis bisnis. Tentunya karena aplikasi pembukuan memiliki beberapa fitur penting yang bisa membantu pedagang. Antara lain seperti:

Penjelasan dan Langkah Membuat Laporan Stok Gudang

Inventory

Dalam aplikasi pembukuan, terdapat fitur yang bisa digunakan untuk memeriksa inventory bisnis. Di dalamnya terdapat catatan detail tentang stok barang dan aset perusahaan. Hal itu merupakan hal penting bagi perusahaan untuk tetap dikelola dengan baik.

Fitur inventory dalam aplikasi pembukuan akan sangat cocok untuk digunakan oleh pedagang karena bisa membantu dalam hal memeriksa inventory bisnis. Jadi tidak akan ada barang atau stok yang hilang ataupun barang yang tertukar. Fitur inventory pada aplikasi pembukuan usaha akan mencatat semuanya.

Baca Juga: Alasan Usaha Rental Mobil Butuh Aplikasi Pembukuan

 

Warehouse

Warehouse management adalah salah satu cara bagi pedagang untuk selalu meng-update stok barangnya. Jadi pedagang akan tahu kapan mesti membeli bahan baru atau kapan perlu menahan pembelian stok barang. Setiap pedagang akan diuntungkan dengan fitur ini apalagi jika Anda menjual berbagai macam jenis barang.

 

Invoice

Di dalam aplikasi pembukuan terdapat fitur invoice yang bisa digunakan oleh pedagang untuk membuat invoice dan melakukan penagihan agar pembayaran bisa berlangsung tepat waktu. Invoice bisa terlihat lebih profesional dengan adanya aplikasi pembukuan usaha.

Adanya fitur ini akan sangat membantu pedagang saat harus menagih pelanggan. Aplikasi pembukuan usaha memberikan solusi mudah untuk menetapkan penagihan kepada pelanggan.

Baca Juga: Bagaimana Membaca Neraca dengan Aplikasi Keuangan

Laporan Keuangan

Hal lain yang tidak kalah penting adalah laporan keuangan. Tentunya aplikasi pembukuan usaha akan mengelola laporan keuangan dan memberikan hitungan yang lebih tepat dan akurat agar tidak terjadi kesalahan.

Aplikasi pembukuan memberikan solusi yang sangat penting bagi pedagang. Mulai dari stok opname hingga pengelolaan keuangan perusahaan. Fitur yang terdapat dalam aplikasi pembukuan usaha merupakan fitur khusus yang akan mempermudah pedagang mengerjakan proses pembukuan keuangan dalam usaha secara mudah dan praktis.

Salah satu aplikasi pembukuan usaha yang terbaik adalah Jurnal by Mekari. Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis perdagangan diproses dengan baik oleh Jurnal.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Di Bulan September ceria ini, Anda akan mendapat diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog


PUBLISHED01 Sep 2020
Desy
Desy


Kategori : Accounting