PSBB Jakarta, Ini Tips agar Bisnis Restoran Tetap Bertahan saat Krisis Corona

Di berbagai negara tidak terkecuali Jakarta yang sudah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), banyak bisnis cafe dan restoran yang ditutup. Mereka yang tetap buka hanya diizinkan untuk melayani makanan dengan cara takeout atau makanan yang dibeli harus dibawa pulang.  

Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat restoran merupakan pendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Berbagai strategi baru perlu dilakukan agar bisnis restoran tetap bertahan di tengah situasi sulit apalagi dengan status PSBB di Jakarta akibat Corona. Berikut ini tips agar bisnis restoran tetap bertahan saat krisis Corona seperti dikutip Jurnal by Mekari, Rabu (8/4).

1. Turunkan Harga Menu Restoran

Turunkan Harga Menu Bisnis Restoran

Mari bersikap realistis. Pertama, sebagian restoran hanya menawarkan makanan dengan syarat dibawa pulang dan tidak boleh makan di restoran tersebut. Baik karena keputusan restoran ataupun karena imbauan. 

Meskipun makanan yang dihasilkan sama, tetapi pelanggan tidak dapat menikmati suasana, pelayanan dan pengalaman yang sama seperti mereka makan langsung di restoran.

Kedua, pelanggan akan semakin menghemat uang mereka karena pendapatan dan gaji yang bisa saja terhambat atau harga kebutuhan yang semakin melonjak. Mereka semakin memprioritaskan keuangan agar tetap bisa bertahan sampai akhir bulan. Oleh karena itu, menurunkan harga menu restoran merupakan pilihan tepat. Harapannya agar restoran Anda tetap menarik pelanggan untuk tetap membeli makanan.

2. Beri Diskon Khusus 

Beri Diskon Khusus

Wajar jika Anda bertanya-tanya, “Apakah dengan menurunkan harga, bisnis malah semakin turun karena berkurangnya pendapatan? Dengan begitu, bisnis makin merugi dong?” Ingatlah, bisnis akan lebih menderita jika pelanggan benar-benar hilang. Jika cara pertama tidak dapat Anda lakukan, Anda dapat memberi diskon untuk makanan khusus selama pandemi Virus Corona. 

Anda dapat mempertimbangkan diskon secara matang. Anda dapat mengistirahatkan dompet pelanggan dengan tetap sadar pandemi ini akan segera berlaku dan bisnis restoran harus normal kembali. Untuk menghindari devaluasi bisnis, penting untuk Anda pastikan, diskon yang diberikan hanya bersifat sementara selama pandemi Corona.

Misalnya, Anda dapat memberikan diskon sebesar 40 persen hingga 50 persen untuk menu baru atau menu khusus yang Anda siapkan selama pandemi atau Anda dapat menentukan sendiri diskon berlaku sampai kapan.

Tapi, ingat, Anda tidak bisa selamanya memberi diskon kepada pelanggan. Terutama, jika harga yang Anda berikan sebenarnya sudah harga terbaik di pasaran. Kebanyakan bisnis restoran lupa untuk menarik kembali penurunan harga mereka. Hal ini tidak boleh Anda lakukan.

3. Buat Kemasan Makanan yang Lebih Awet

Buat Kemasan Makanan yang Lebih Awet

Selain potongan harga dan diskon, bisnis restoran Anda dapat membuat makanan kalengan atau makanan yang diawetkan agar pelanggan dapat menyimpan makanan restoran lebih lama dari yang biasanya. Jika ini berhasil, selain membuat pelanggan untuk membeli makanan Anda selama mereka melakukan karantina di rumah masing-masing, ini juga akan membuat bisnis Anda berinovasi dan menambah pemasukkan di kemudian hari.

Tidak perlu semua menu, cukup satu sampai dua menu restoran yang menjadi favorit pelanggan. Beritahu juga makanan dapat disimpan berapa lama, sebaiknya ditaruh di suhu berapa dan ketentuan lain sesuai menu restoran Anda.

4. Siapkan Delivery Makanan

Siapkan Delivery Makanan

Anda dapat memberlakukan delivery makanan restoran selama pandemi Virus Corona berlangsung. Terutama saat ini pelanggan sedang melakukan self-isolation atau self-quarantine sampai social-distancing. Semakin Anda membantu mereka, semakin mereka mendekati Anda. 

Jika memang Anda tidak ingin menambah tenaga kerja, Anda dapat bekerjasama dengan jasa pengirim tertentu. 

5. Bisnis Restoran Mulai Beralih Gunakan Teknologi

Bisnis Restoran Mulai Beralih Gunakan Teknologi

Jika bisnis Anda masih menggunakan cara yang manual untuk segala pembukuan dan keuangan bisnis, kini saatnya Anda mulai menggunakan software akuntansi dan keuangan. Setelah Anda melakukan perbaikan eksternal ke pelanggan, kini saatnya bisnis memperbaiki diri dari internalnya. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat mengelola arus kas masuk dan keluar dalam bisnis, Anda dapat merekap segala transaksi keuangan bisnis,menghitung laba rugi hingga mengelola inventaris restoran Anda. 

Sistem digital seperti ini akan mengurangi beban, menghilangkan biaya operator dan membantu bisnis Anda menganalisis keuangan secara cepat dan tepat. Terlebih jika Anda ingin menurunkan harga, memberi diskon dan berinovasi, Anda harus mempertimbangkannya matang-matang dan sesuai dengan keadaan keuangan.

Baca juga : Tips agar Bisnis UKM Mampu Bertahan di Masa Pandemi Corona

Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari. Jurnal memberikan berbagai fitur keuangan dan akuntansi yang lengkap untuk bisnis restoran Anda. 

Di Jurnal, Anda mendapatkan berbagai macam fitur yang bermanfaat bagi bisnis restoran Anda. Misalnya fitur Cashlink pada Jurnal, pelaku usaha bisa melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis tanpa perlu repot mengunjungi kantor fisik. Jurnal akan menampilkan ringkasan rekonsiliasi bank pada semua akun kas dan bank, serta perubahan saldo kas dan bank yang belum dicatat. 

Selain itu ada fitur Budgeting untuk membantu membuat pos anggaran pemasukan dan pengeluaran. Hal itu berfungsi sebagai acuan saat mendata realisasi penjualan dan pengeluaran operasional, sehingga margin keuntungan dapat terkontrol.

Sedangkan untuk pembukuan, Jurnal memiliki fitur Financial Reporting. Aplikasi pembukuan ini bisa menjadi salah satu alat yang membantu Anda melakukan proses pembukuan dengan lebih cepat dan rapi. Sehingga, pelaku bisnis UKM bisa menganalisa dengan tepat mana pos-pos yang biayanya besar dan perlu dikontrol pengeluarannya.

Baca juga : Cloud Jadi Solusi Bisnis UKM Ramah Biaya di Situasi Sulit

Sebagai aplikasi software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!
apa itu social distancing dan strategi bisnis

Kategori : Dunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo