Jurnal Enterpreneur

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Sederhana

Setiap usaha selalu dimulai dari yang kecil dan akan terus berkembang seiring waktu dan upaya yang Anda jalankan. Untuk membuka jalan menuju kesuksesan salah satunya dengan cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil.

Apa hubungan antara kesuksesan dengan pembukuan? Mayoritas permasalahan yang menjadikan banyak usaha gulung tikar adalah keuangan yang tidak dikelola dengan benar.

Untuk dapat mengelola sekaligus memantau arus keuangan, maka dibutuhkan pembukuan. Catatan segala bentuk transaksi yang dibuat secara terstruktur dan berkala.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengatur arus keuangan serta mengawasinya agar tepat alokasinya. Anda juga bisa membuat perencanaan juga evaluasi dengan berdasar pada pembukuan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Pentingnya Membuat Pembukuan Bagi Usaha Kecil

Pembukuan senantiasa dibutuhkan oleh usaha seberapa kecil pun skalanya. Cara membuat pembukuan usaha sendiri sebenarnya cukup mudah, ketika Anda sudah memahami tentang ini.

Anda bisa menggunakan cara manual, atau bisa juga dengan cara yang lebih praktis dan modern seperti penggunaan aplikasi maupun software akuntansi seperti Jurnal by Mekari.

Namun sebelum itu, pastikan Anda telah memahami fungsi juga konsep dari pembukuan ini.

Pembukuan menjadi dasar sistem akuntansi di dalam sebuah bisnis atau usaha. Sesuai definisinya, yaitu sebagai proses pencatatan keuangan yang teratur dalam rangka mengumpulkan informasi terkait berbagai transaksi keuangan.

Pencatatan tersebut berhubungan dengan modal, harta, kewajiban, biaya, pendapatan, juga hasil perolehan ataupun penyerahan baik barang maupun jasa.

Lantas pembukuan tersebut akan ditutup dengan laporan keuangan berupa neraca laba-rugi di akhir periode atau tahun dari pajak tersebut.

Cara membuat pembukuan usaha yang sederhana, bisa Anda lakukan dengan menggunakan dua metode. Berikut ini sedikit rangkuman ulasannya bagi Anda.

Baca juga: Mengupas Lebih Dalam Perbedaan Pembukuan dan Pencatatan

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebagai Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

cara membuat pembukuan usaha kecil

Bagi Anda yang baru merintis usaha, usahakan untuk membuat pembukuan sejak usaha tersebut dimulai.

Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam membuat rencana agar bisa balik modal.

Pada perusahaan besar pembukuan keuangan menjadi tanggung jawab akuntan profesional. Namun untuk usaha kecil yang baru dirintis, bisa Anda kerjakan sendiri karena cukup sederhana penyusunannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan membuat pembukuan keuangan.

  1. Buku Kas Pengeluaran
  2. Buku Kas Pemasukan
  3. Buku Kas Utama
  4. Buku Catatan Stok Barang
  5. Buku Catatan Inventaris Barang
  6. Catatan Laba-Rugi

Keenam akun dasar di atas dibutuhkan untuk bisa menyusun pembukuan keuangan. Tujuan penggolongan tersebut untuk memudahkan pengawasan tiap transaksi.

Catatan laba-rugi, menjadi kesimpulan dari hasil pembukuan secara keseluruhan pada periode tertentu setelah tutup buku.

Anda bisa mengetahui posisi usaha Anda saat ini, kondisi keuangan juga sumber pemasukan juga pengeluaran terbesar.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Dari situ Anda akan lebih mudah membuat analisa ataupun mengevaluasi strategi bisnis yang Anda jalankan. Anda juga memiliki dasar pertimbangan untuk membuat keputusan yang tepat bagi usaha tersebut.

Dengan begitu peluang usaha untuk bisa mengalami progress yang baik ataupun berkembang jauh lebih besar.

Hal ini membuktikan bahwa pembukuan tidak hanya mengontrol arus keuangan tetapi juga menjadi bagian dari strategi bisnis agar bisa bertahan dan berkembang dengan pesat.

Di sisi lain, cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil yang sederhana tapi terperinci dan kontinyu, membantu memberi informasi kewajiban sebagai wajib pajak jika usaha tersebut telah memiliki NPWP.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda dalam membuat pembukuan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Membuat Pembukuan Usaha Secara Sederhana

Apabila Anda ingin membuat pembukuan usaha yang sederhana, terdapat dua pilihan metode. Kedua metode atau cara tersebut bisa diterapkan dengan cara manual maupun menggunakan bantuan aplikasi seperti Excel.

Sistem Entry Tunggal

Metode ini hanya menggunakan satu entri untuk segala bentuk transaksi pendapatan maupun pengeluaran. Pembukuan ini menjadi sumber data utama untuk pembukuan seperti halnya buku kas.

Metode ini hanya cocok digunakan pada usaha yang berskala kecil saja. Hal ini dikarenakan, usaha kecil memiliki jumlah transaksi yang terbilang sedikit.

Metode pembukuan entry tunggal sekilas menyerupai hasil print out rekening koran.

Baca juga: Template Pembukuan Excel yang Bisa Anda Contoh dan Download

Sistem Entry Ganda Atau Berpasangan

Sistem double entry atau metode ini jauh lebih pas jika digunakan untuk pembukuan usaha berskala besar. Anda dapat memisahkan entry debit juga kredit di masing-masing akun yang berbeda.

Dengan metode pencatatan yang terpisah, memudahkan akuntan dalam mengelola dan mengawasi kompleksitas arus keuangan pada usaha berskala besar.

Langkah Membuat Pembukuan Usaha

Sebelum membuat pembukuan usaha Anda, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Hal-hal tersebut adalah beberapa akun dasar akuntansi yang nantinya akan menyusun pembukuan usaha secara keseluruhan.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat pembukuan.

Membuat Buku Kas Pengeluaran

Hal pertama ialah membuat catatan atau buku kas khusus pengeluaran. Tujuannya adalah memulai sebuah usaha dengan perhitungan yang terperinci terkait modal awal.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam merencanakan strategi usaha agar dapat segera kembali modal.

Pengeluaran yang harus Anda catat mulai biaya pembelian bahan baku untuk produksi, biaya operasional usaha, gaji untuk pegawai dan pengeluaran lain yang mendukung dibukanya usaha tersebut.

Di bawah ini adalah contoh pembukuan pengeluaran dengan software Jurnal by Mekari.

Membuat Buku Kas Pemasukan

Setelah membuat buku khusus untuk mencatat pengeluaran, langkah selanjutnya yaitu membuat catatan khusus pemasukan.

Buku ini akan menjadi acuan setiap transaksi pengeluaran yang Anda lakukan. Sebab dari buku inilah Anda bisa mengetahui sumber pendapatan terbesar.

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Disamping itu, dari sinilah Anda bisa memantau seberapa besar keuntungan yang dihasilkan oleh usaha tersebut tiap harinya. Maka dari buku ini juga Anda bisa membuat berbagai evaluasi terkait strategi usaha juga transaksi lainnya.

Membuat Buku Kas Utama

Langkah ketiga yaitu membuat buku kas yang isinya merupakan gabungan dari catatan pengeluaran dan juga pemasukan. Fungsinya adalah untuk memperoleh informasi yang lebih detail terkait posisi usaha juga keuangannya.

Dari buku kas utama, Anda bisa menyusun rencana anggaran yang harus dikeluarkan. Anda juga bisa mulai mempersiapkan langkah-langkah untuk bisa menambah pemasukan, agar ada persediaan untuk keperluan tidak terduga kedepannya.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan dengan Siklus Akuntansi yang Tepat

Pencatatan pada buku kas harus rinci juga kontinyu agar mudah pengelolaannya. Dengan begitu juga mempermudah upaya pengembangan usaha Anda.

Di bawah ini adalah contoh laporan arus kas bagi usaha kecil dengan Jurnal:

contoh tabel arus kas
Contoh Tabel Arus Kas Menggunakan Jurnal

Membuat Buku Stok Barang

Selain mengelola arus keuangan, dalam menjalankan usaha Anda juga harus memperhatikan stok barang yang ada. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kecurangan baik oleh orang dalam atau bahkan supplier.

Tujuan lainnya ialah untuk senantiasa memantau persediaan demi kelancaran operasional. Terlebih lagi jika Anda berencana untuk mengembangkan usaha dengan membuka beberapa cabang.

Baca juga: Contoh Pembukuan serta Cara Membuatnya dengan Sederhana

Buku stok barang juga dapat dijadikan sumber informasi terkait kelancaran usaha Anda. Apabila angka penjualan tinggi, maka intensitas keluar masuknya barang yang dicatat dalam buku ini juga akan meningkat.

Di bawah ini adalah contoh laporan stok barang harian dengan menggunakan Excel:

contoh pembukuan stok barang excel toko usaha kecil

Membuat Buku Inventaris

Langkah kelima ialah membuat catatan inventaris barang yang Anda miliki. Hal ini berhubungan langsung dengan aset usaha, sehingga harus dikelola sebaik-baiknya.

Dengan adanya buku inventaris ini, diharapkan dapat meminimalkan risiko kehilangan aset. Anda juga lebih mudah dalam mengecek, mengawasi, bahkan melakukan penghapusan aset ataupun mutasi.

Buku ini juga bisa berguna sebagai bukti tertulis atas  pengelolaan aset sebagai bentuk pertanggung jawaban Anda.

Baca juga: Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana, Download Sekarang!

Membuat Buku Catatan Laba-Rugi

Langkah yang terakhir adalah dengan membuat catatan laba-rugi. Isinya adalah keseluruhan pendapatan juga beban yang ditanggung oleh perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Melalui catatan ini, Anda lebih mudah mengawasi kondisi usaha terkini. Apakah dalam kondisi untung ataukah justru tengah merugi.

Catatan laba rugi juga berfungsi mengidentifikasi jumlah investasi dan memprediksi arus dana periode berikutnya nanti.

Catatan laba-rugi harus dibuat serapi, sedetil dan seteratur mungkin. Tujuannya agar lebih mudah dipahami dan bisa dijadikan dasar keputusan ataupun kebijakan terkait keuangan usaha Anda nanti.

Bukan hanya sebagai bahan evaluasi ataupun prediksi strategi usaha juga arus keuangan saja. Buku catatan laba- rugi juga membantu Anda menghitung besar kewajiban sebagai wajib pajak atas usaha yang dijalankan.

Buku catatan ini menjadi puncak pembukuan, setelah Anda melakukan tutup buku di akhir periode.

Dengan kata lain, catatan ini menjadi kesimpulan atas kondisi keuangan usaha selama satu periode tersebut.

contoh laporan laba rugi

Begitu pentingnya keberadaan pembukuan bagi sebuah usaha. Oleh sebab itu Anda harus memahami seluk beluknya sebelum kemudian menerapkan untuk mulai membuatnya.

Cara membuat pembukuan usaha sebenarnya tidak begitu rumit setelah Anda memahaminya. Hanya butuh ketelitian, ketelatenan dan juga kemampuan analisa keuangan yang baik untuk memaksimalkannya.

Anda bisa membuat pembukuan usaha sesuai dengan skala usaha yang tengah dijalankan. Jangan membuatnya terlalu ribet agar lebih mudah untuk memahaminya.

Catat setiap transaksi dengan terperinci dan lakukan secara rutin. Dengan begitu pembukuan yang Anda buat dapat memberi manfaat dengan maksimal sesuai fungsinya sebagai media dokumentasi keseluruhan transaksi.

Baik usaha kecil maupun besar, semuanya membutuhkan pembukuan untuk mengawasi juga mengatur arus keuangan. Selain untuk kelancaran operasional juga sebagai upaya memudahkan perkembangan.

Sebuah usaha tanpa pengelolaan keuangan yang baik, akan lebih rentan gulung tikar. Oleh sebab itu, jangan hanya fokus pada pemasaran produk saja tetapi juga perhatikan pula arus keuangan usaha Anda melalui pembukuan usaha.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Pemilik Usaha Kecil Tidak Membuat Pembukuan untuk Usahanya

Membuat atau menyusun pembukuan keuangan adalah proses pencatatan yang harus dilakukan secara berkala dan terstruktur. Komponen di dalamnya juga cukup banyak.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa para pemilik usaha kecil enggan membuat pembukuan keuangan usahanya.

Sebab cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil dianggap sama rumitnya dengan perusahaan besar.

Alasan lain yang membuat beberapa pemilik usaha kecil melewatkan pembukuan adalah tidak memahami cara pembuatannya.

Bahkan merasa tidak memiliki cukup waktu untuk sekedar memahaminya.

Padahal ada banyak kerugian yang bisa saja mereka alami karena tidak memiliki pembukuan. Seperti kerancuan pada keuangan, kemungkinan terjadinya kecurangan dalam operasional, hingga terjadinya kebangkrutan.

Pembukuan bukan sekedar mencatat atau mendokumentasikan transaksi keuangan.

Baca juga: Cara Membuat Pembukuan Sederhana Bagi Bisnis Kecil

Lebih dari pada itu, pembukuan menjadi alat pantau keuangan sekaligus, bahan pertimbangan untuk menganalisa, memprediksi, mengantisipasi juga merencanakan keuangan agar lebih baik lagi.

Bagi usaha kecil yang biasanya terdiri dari 5-19 tenaga kerja, atau usaha menengah yang pekerjanya tidak lebih dari 99 orang, pembukuan keuangannya cukup sederhana.

Cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil hanya dengan menggunakan akun-akun dasar yang tingkat kerumitannya tidak seperti pembukuan perusahaan besar.

Anda bisa mencicil catatan untuk setiap transaksi, atau membuat catatan sementara saat jam sibuk toko Anda.

Selanjutnya, catatan tersebut bisa mulai dirapikan dan memasukkannya ke dalam buku besar usai jam sibuk atau tutup toko.

Dengan begitu pencatatan tetap dilakukan secara tertib juga berkala, tanpa harus menyita waktu Anda.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pilihan Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Untuk membuat pembukuan usaha kecil yang terbilang sederhana, Anda bisa menggunakan cara manual juga digital.

Pembuatan secara manual, bisa dilakukan di buku besar ukuran folio satu halaman atau bisa juga dengan model tabelaris. Kedua cara manual tersebut dinilai cukup praktis dan cocok untuk usaha kecil.

Sementara pada pilihan kedua yaitu cara digital, Anda bisa menggunakan Excel atau software akuntansi. Excel cukup mudah dioperasikan dan banyak digunakan.

Hal ini dikarenakan Excel dilengkapi dengan tools penting yang cukup lengkap. Selain itu juga ada banyak template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Meski fitur yang dimiliki tidak selengkap yang ada pada software akuntansi, tetapi Excel masih tergolong andal untuk membantu Anda membuat pembukuan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Rawan terkena virus
  • Memerlukan pemahaman untuk rumus Excel yang sebenarnya bukan hal penting bagi staff akunting
  • Berisiko mengalami human error yang tidak mampu dideteksi oleh Excel
  • Memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyajikan laporan keuangan

Jika berbicara tentang software akuntansi, tentu jauh lebih praktis lagi. Sebab fiturnya lengkap dan bisa update data secara otomatis.

Untuk mempermudah sebuah laporan keuangan yang profesional dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia, Anda bisa menggunakan Jurnal by Mekari, software akuntansi online sebagai mitra usaha Anda.

Jurnal sebagai aplikasi pembukuan sederhana memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mempermudah pencatatan keuangan usaha UKM atau UMKM.

Semisal laporan stok barang di gudang, fitur biaya yang dapat menghitung semua jumlah pengeluaran usaha serta pembuatan invoice dengan 11 jenis desain pilihan yang pastinya akan membuat usaha Anda tampil semakin profesional.

Tentu saja Anda bisa mencoba gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Aplikasi Jurnal By Mekari.

Klik saja banner atau tombol yang ada dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Hal penting yang harus diingat saat memulai usaha kecil-kecilan adalah pisahkan keuangan pribadi juga keuangan usaha Anda.

Sebab dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan aset maupun utang. Kondisi finansial pribadi juga lebih mudah diketahui dan hal ini bisa menjadikan Anda lebih bijak dalam menggunakan uang.

Sementara pengaruhnya bagi usaha kecil Anda ialah mudahnya membuat perencanaan keuangan. Sebab sudah digolongkan sesuai fungsinya masing-masing.

Sumber pemasukan bisa dimaksimalkan, sumber pengeluaran bisa ditekan. Untuk kas tunai, bisa senantiasa dipantau jumlahnya agar bisa balance dan menjadi persediaan untuk pengeluaran tidak terduga.

Keuangan yang teratur dan dikelola dengan baik, menjadi kunci keberhasilan dari sebuah usaha. Jangan lupa diiringi dengan strategi bisnis yang bisa mendorong kemajuan usaha Anda.

Sebab dalam dunia usaha meski sekecil apapun akan selalu ada persaingan. Selain kondisi finansial yang stabil, dibutuhkan juga strategi bisnis yang bisa membuat usaha Anda bertahan.

Itulah cara membuat pembukuan usaha atau bisnis kecil, semoga bermanfaat!

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo