Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memiliki peranan yang tidak sedikit dalam pengembangan Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi. UMKM menjadi salah satu aspek penting dalam sistem ekonomi kerakyatan di mana UMKM sendiri memiliki peranan untuk menghilangkan kesenjangan antar golongan, pengurangan kemiskinan dengan cara membuka lapangan pekerjaan yang akan menyerap tenaga kerja, meningkatkan perekonomian daerah, bahkan memberikan dampak positif pada ketahanan ekonomi nasional.

Saat ini pengembangan UMKM menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan di Indonesia, hal ini bukan hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan UMKM sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), modal, pendidikan dan teknologi.

Teknologi dalam peranannya mengembangkan UMKM adalah untuk membantu para pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan memengaruhi tingkat pendapatan. Seperti penggunaan software akuntansi yang bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah para pelaku bisnis membuat laporan dan alur kas UMKM.

Baca juga: Software Akuntansi Berbasis Cloud, Solusi Cerdas Pebisnis Modern

Untuk itu lah penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk mengetahui dan memahami fitur-fitur apa sajakah di software akuntansi yang dibutuhkan untuk menunjang usaha Anda. Berikut merupakan fitur-fitur penting software akuntansi yang dibutuhkan UMKM.

Manajemen Faktur

Faktur adalah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran. Karena itulah, faktur merupakan salah satu hal yang sangat terkait pada bisnis UMKM. Sebuah software akuntansi harus memiliki fitur manajemen faktur untuk dapat membantu memaksimalkan Anda dalam mengelola faktur usaha Anda.

Beberapa keunggulan yang dimiliki fitur manajemen faktur adalah:

  • Terdapat template faktur profesional yang bisa Anda pilih dan personalisasikan sesuai dengan bisnis dan kebutuhan Anda
  • Membantu mengelola tagihan klien dan melihat riwayat transaksi yang sudah dilakukan
  • Terintegrasi dengan email sehingga memudahkan Anda untuk mengirimkan faktur langsung melalui email
  • Membantu melakukan perhitungan pajak dari faktur, mengintegrasi faktur ke dalam laporan keuangan
  • Membantu mengirimkan pengingat kepada klien Anda untuk faktur yang belum dibayarkan.

Manajemen Biaya

Biaya adalah sejumlah uang yang perlu dikeluarkan untuk membuat suatu produk atau jasa, baik yang sudah ada atau dalam proses perencanaan. Penting bagi Anda untuk memastikan biaya yang Anda dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan, hal ini untuk mencegah keuangan bisnis Anda menjadi tidak sehat.

Karena itulah software akuntansi yang baik haruslah memiliki fitur manajemen biaya yang baik pula untuk bisa mengategorisasikan biaya dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa, hal ini akan memudahkan Anda  melacak jumlah biaya yang belum terbayar.

Pengelolaan Stok Barang

Fitur stok barang pada aplikasi akuntansi bisa sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan jumlah stok secara langsung, karena data perhitungan jumlah persediaan akan ter-update secara real time. Hal ini akan memudahkan Anda mengetahui harga jual rata-rata suatu produk dan mengetahui stok apa saja yang kosong.

Selain data mengenai jumlah stok barang, fitur ini juga dapat memberikan data mengenai produk mana yang paling tinggi penjualannya yang akan memberikan insight untuk pergerakan bisnis Anda kedepannya. Karena itu lah, fitur pengelolaan stok barang juga merupakan salah satu fitur penting yang harus dimiliki software akuntansi yang Anda gunakan.

Manajemen Laporan Keuangan

Last but not least, fitur yang harus dimiliki software akuntansi adalah fitur manajemen laporan keuangan. Fitur ini akan membantu Anda mengukur kas yang digunakan dan menunjukkan bagaimana kas tersebut berpindah dalam jangka waktu tertentu, hal ini akan memudahkan Anda dalam melihat arus kas bisnis dengan lebih transparan dan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan adanya fraud pada bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghitung laba rugi bisnis, dan semua ini bisa Anda lakukan secara otomatis karena dibantu oleh sistem yang dimiliki software akuntansi tersebut. Tentunya pekerjaan Anda untuk membuat laporan keuangan akan lebih mudah dan efisien.

 

Beberapa fitur yang telah disebutkan diatas bisa sangat membantu dalam mengembangkan bisnis UMKM Anda, jadi sebelum memiliki software akuntansi yang mana yang akan Anda gunakan pastikan sudah memiliki fitur-fitur tersebut. sebagai salah satu software akuntansi, Jurnal telah dilengkapi dengan semua fitur yang ada di atas. Selain itu, fitur Jurnal juga  bisa disesuaikan dengan bisnis Anda, sehingga tidak adalagi yang namanya ‘fitur tidak terpakai’. Daftar Jurnal sekarang dan nikmati free trial 14 hari.

 

Author