Jurnal Enterpreneur

Aplikasi yang Bisa Bantu Bisnis UKM Bertahan saat Wabah COVID-19

Para pelaku bisnis mulai gusar dengan wabah Virus Corona atau COVID-19 yang semakin menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Sejumlah aktivitas usaha kecil dan menengah (UKM) pun ikut terganggu, bahkan terhenti, akibat munculnya pandemi ini. Sehingga butuh aplikasi yang bisa bantu bisnis UKM, contohnya aplikasi untuk akuntansi.

Imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul turut mempengaruhi kinerja UKM. Proses bisnis yang biasanya efektif dilakukan dengan bertemu fisik kini praktis berkurang.

Bukan tidak mungkin hal itu berdampak pada perkembangan usaha dan kinerja keuangan UKM.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif dengan. Pelajari Fitur Aplikasi Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tantangan Utama UKM saat Wabah COVID-19

Sektor usaha kecil menengah (UKM) memegang peranan penting dalam perekonomian negara. Sektor UKM memiliki pasar yang luas dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Hanya saja sejak COVID-19 merebak dan menjadi pandemi, segala aktivitas yang berkaitan dengan interaksi antar manusia menjadi berkurang.

Itulah mengapa, para pemilik bisnis UKM merasa takut dan khawatir dengan kemajuan bisnis mereka. Kecemasan ini wajar, kok. Pasalnya memang hampir seluruh perusahaan merasakan hal yang sama seperti penurunan permintaan, berkurangnya pelanggan, hingga berpengaruh terhadap pendapatan yang diterima.

Guna menghadapi berbagai tantangan bisnis di tengah wabah Corona, UKM perlu meracik strategi yang tepat supaya usahanya tak terkena imbas negatif kelesuan ekonomi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yaitu yang bisa membantu bisnis UKM dimasa Corona.

Baca juga: Sistem Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

Aplikasi Sederhana Yang Bisa Membantu Bisnis UKM

Berkat kemajuan teknologi, berbagai aplikasi sederhana bisa membantu UKM untuk menjalankan aktivitas tanpa tatap muka demi mendongkrak kinerja bisnis. Berikut daftarnya seperti dikutip Jurnal by Mekari, Senin (23/3).

Aplikasi Audio/Video Conference

Imbauan untuk berdiam diri di rumah dan menghindar dari kerumunan massa tentu menjadi penghambat berbisnis.

Anda jadi sulit bertemu rekan kerja untuk bertukar ide terkait pekerjaan atau berdiskusi kerja sama dengan mitra bisnis.

Hasilnya, inovasi dan ide-ide baru pun tenggelam, performa bisnis jadi tak memuaskan.

Namun berkat teknologi yang menghasilkan aplikasi yang bisa bantu bisnis UKM, kini jarak yang jauh tak lagi menjadi penghalang.

Pertemuan fisik kini bisa digantikan oleh penggunaan aplikasi layanan konferensi, baik melalui audio maupun video.

Aplikasi ini umumnya disebut layanan pertemuan virtual (virtual meeting) dengan audio conference atau video conference. Pada beberapa aplikasi, layanan ini juga disertai dengan fitur percakapan teks.

Jumlah peserta dalam layanan konferensi berbeda-beda tergantung ketentuan masing-masing penyedia aplikasi.

Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk video conference antara lain Google Hangouts Meet, Skype, Zoom Cloud Meeting, GoToMeeting, dan Cisco Webex.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

aplikasi ukm

Aplikasi Pendukung Kerja Kolaborasi Berbasis Cloud

Dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda biasanya direpotkan dengan proses pembuatan dan pengiriman dokumen kerja. Belum lagi jika dokumen perlu revisi dan dioper ke banyak pihak lebih dari satu kali.

Distribusi dokumen secara manual tentu bisa membuat pekerjaan jadi lebih berat. Maka itu, tools produktivitas kerja terintegrasi berbasis komputasi awan (cloud computing) sangat dibutuhkan untuk mempermudah koordinasi.

Saat ini, Google dan Microsoft merupakan dua raksasa teknologi yang menyediakan ‘paket’ aplikasi pendukung kerja untuk kebutuhan kolaborasi tersebut.

Keduanya juga memberi layanan penyimpanan data berbasis cloud. Jadi, pendekatan perangkat lunak untuk kerja dilakukan dengan menghosting informasi Anda dalam jaringan pusat data penyedia aplikasi.

Rangkaian alat kerja kolaborasi milik Google dinamakan Google Suite atau biasa dikenal Google Apps for Work. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan file berupa dokumen, sheet, atau slide yang tersimpan di cloud.

Dengan demikian, Anda dapat membagikan file pada mitra bisnis atau rekan kerja dengan mudah. Tak hanya dokumen kerja, Google Suite juga menyediakan aplikasi pendukung kerja lain, seperti email, drive, hangouts, dan kalender.

Sementara itu, Microsoft Office 365 juga menyediakan beberapa aplikasi pendukung kerja yang bisa dimanfaatkan UKM.

Mulai dari Microsoft Word, Excel, Powerpoint, OneDrive for Business, SharePoint Online, dan Outlook Online.  Aplikasi yang bisa bantu bisnis UKM.

Baca juga: Cara Pilih Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terbaik

Aplikasi Media Sosial

Di tengah pembatasan aktivitas bisnis akibat COVID-19, kinerja pemasaran (marketing) tentu akan ikut terhambat dan berpengaruh pada penurunan penjualan. Pada akhirnya, performa bisnis pun berpotensi merosot.

Namun, Anda punya alternatif untuk tetap bisa menjalankan aktivitas pemasaran secara optimal tanpa harus ke luar ruangan, yakni melalui dunia maya.

Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter yang bisa berfungsi sebagai media pemasaran digital.

Strategi mendasar yang perlu dilakukan ialah menentukan persona sebagai target pemasaran produk Anda.

Aplikasi media sosial bisa dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi sekaligus melakukan engagement dengan target pasar Anda.

Media sosial juga berfungsi sebagai referensi bisnis secara real time untuk menentukan kebijakan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kedai Kopi Chuseyo di Scientia Park Gading Serpong, Tangerang, Banten. aplikasi ukm

Aplikasi Urus Pajak Online Untuk UKM

Ancaman penyebaran Virus Corona membuat UKM memiliki kendala untuk melaporkan dan membayarkan pajak secara langsung.

Berkeliaran mengunjungi ruang publik seperti kantor pajak bisa menimbulkan risiko penularan virus lebih besar. Di sisi lain, UKM punya kewajiban kepada pemerintah untuk menyetorkan hasil usahanya.

Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Anda membutuhkan aplikasi pengelolaan faktur pajak langsung dari transaksi bisnis.

Salah satu Aplikasi yang tersedia di Indonesia yakni Klikpajak, aplikasi pajak online mitra resmi DJP yang memiliki beberapa fitur utama.

Pertama, bayar pajak yakni menghitung otomatis jumlah pajak, membuat ID Billing langsung, dan membayar pajak langsung dengan sistem online.

Kedua, lapor pajak yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, dapat digunakan untuk seluruh jenis pajak, disertai bukti lapor resmi dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Terakhir pengelolaan pajak berupa penyimpanan riwayat perpajakan dengan aman, mengelola seluruh jenis pajak secara terpusat, dan mampu mengklasifikasi status pajak berdasarkan tipe, jumlah, dan masa pajak.

Klikpajak merupakan mitra resmi Ditjen Pajak dengan jaminan keamanan produk karena memiliki sertifikasi ISO 270001. Penggunaan aplikasi Klikpajak sangat mudah dengan support yang mumpuni.

Klikpajak juga menyediakan fitur e-Faktur Host to Host (H2H) sehingga Anda dapat menghitung, melaporkan, dan membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN) secara online dan langsung terkoneksi ke sistem Ditjen Pajak.

Sehingga pengelolaan pajak UKM bisa dilakukan lebih mudah dan fleksibel. Tidak hanya itu, Klikpajak juga memiliki 2 fitur lainnya yaitu e-Billing dan e-Filing.

Baca juga: Contoh Fitur Aplikasi Software Untuk UMKM Atau UKM Yang Wajib Ada!

Aplikasi Akuntansi Online

Pandemi Corona dianggap berdampak pada pelemahan ekonomi makro. Hal itu tentu akan menimbulkan efek domino terhadap kinerja ekonomi mikro yang menjadi ladang cuan UKM.

Sebagai pelaku usaha, Anda tentu khawatir dengan performa bisnis di masa mendatang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Situasi ekonomi yang tak menentu membuat Anda cemas dengan kondisi pendapatan yang berpotensi menurun, sedangkan beban usaha malah membengkak.

Apalagi kalau harga bahan baku produksi ikut melonjak, sementara ketersediaan stok barang malah minim. UKM perlu memonitor kondisi keuangan dengan baik agar dapat menentukan strategi bisnis secara tepat dan cepat dalam situasi krisis.

Maka itu, perlu aplikasi keuangan akuntansi yang mumpuni untuk membantu Anda memantau performa bisnis secara mudah dan akurat.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaatkan Jurnal, Aplikasi Akuntansi Online Terbaik untuk Bisnis UKM Anda

Software akuntansi online Jurnal by Mekar bisa menjadi salah satu pilihan di antara program akuntansi lain bagi bisns UKM Anda.

Melalui Jurnal, Anda dapat membuat lebih dari 30 laporan keuangan secara otomatis dan akurat.

Piranti lunak ini menyiapkan beberapa bentuk laporan keuangan di antaranya, laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.

Lihat juga bagaimana fitur aplikasi pembukuan Jurnal meringankan bisnis Anda.

Terdapat pula fitur untuk mendata penjualan, pembelian, biaya, pelanggan, dan supplier.

Di dalam Jurnal, Anda bisa mengelola faktur atau invoice dengan mudah dilengkapi 11 pilihan desain profesional.

Khusus inventori, Anda dapat mengelola stok barang secara mobile, bahkan dengan multi gudang. Rekonsiliasi semua transaksi dengan data akun bank bisnis menjadi keunggulan lain.

Hal terpenting, Anda dapat memantau performa bisnis secara instan langsung dari aplikasi mobile. Pasalnya, Jurnal tak hanya bisa dipakai dengan perangkat komputer dan laptop, tetapi juga smartphone.

Sebagai pelaku usaha kecil dan menengah, Anda dapat menggunakan Jurnal tanpa perlu mahir akuntansi.

Pasalnya, software Jurnal dirancang agar mudah dimengerti oleh siapapun. Anda hanya perlu mengerti bahasa bisnis sehari-hari seperti jual-beli, biaya dan catatan uang.

Sebagai aplikasi software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk aplikasi pembukuan android Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung.

Dapatkan diskon 15 persen dan coba gratis selama 30 hari jika Anda berlangganan selama 6 bulan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon 35 persen dan coba gratis selama 60 hari jika Anda berlangganan selama 6 bulan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu bisnis UKM Anda, terutama agar dapat bertahan di masa pandemi ini. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : BisnisDunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo