Peluang Usaha Bisnis Otomotif, Cara Jitu Agar Sukses!

Selalu ada peluang yang datang setiap hari termasuk peluang usaha. Peluang usaha industri Otomotif pun menjadi salah satu pilihan bisnis yang diminati calon pengusaha.

Sayangnya pengetahuan bisnis yang sedikit tak jarang membuat para pelaku usaha tak mampu mengembangkan peluang usaha yang sudah terlanjur di jalankan.

Jenis Peluang Bisnis Otomotif

Peluang bisnis otomotif senantiasa berkembang dengan perkembangan dunia otomotif. Di Indonesia perkembangan dunia otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan kendaraan bermotor dan aksesories pendukungnya. Maka peluang bisnis otomotif pun terbuka lebar dan semakin diminati. Artikel ini akan membahas beberapa peluang bisnis automotif yang ada.

1.Bisnis jual beli kendaraan (mobil dan motor)

Salah satu bisnis otomotif sudah dikenal adalah membuka jasa jual beli kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor,baru maupun bekas.

Bisnis ini memang membutuhkan modal usaha namun jika modal usaha tidak memungkinkan, bisnis ini masih bisa dijalani dengan seorang broker (makelar) yang mengubungkan calon konsumen dengan produsen maupun distributor kendaraan bermotor.

2.Bisnis Penjualan Sparepart Mobil dan Motor

Sparepart merupakan bagian dari mobil dan motor. Jika mobil atau motor Anda mengalami kerusakan, pasti yang Anda cari adalah sparepart mana yang rusak.

Dan Anda hanya perlu mengganti sparepartnya. Bisnis penjualan sparepart ini cukup mengguntungkan. Karena tidak terpengaruh trend, resikonya terbilang kecil, harga dan permintaannya cenderung stabil dan nilai asetnya hanya mengalami sedikit perubahan.

3.Bisnis Perawatan Mobil dan Motor

Jika Anda memiliki kendaraan mobil maupun motor pasti Anda ingin kendaraan Anda terlihat bersih atau tampil kinclong.

Namun diantara mereka tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraannya tersebut.

Maka peluang bisnis otomotif dibidang layanan perawaran dan servis kendaraan bermotor terbuka, seperti usaha bengkel atau bisnis salon.

4.Bisnis Aksesoris dan Modifikasi Kendaraan Bermotor

Tak kalah dengan peluang bisnis otomotif lainnya, bisnis aksesoris dan modifikasi kendaraan bermotor juga menjanjikan keuntungan cukup besar.

Diantara aksesoris dan jasa modifikasi kendaraan bermotor yang senantiasa dicari konsumen adalah alat penghemat BBM dan aksesoris untuk memodifikasi kendaraan mereka dan sebagainya.

5.Bisnis perlengkapan bagi para pengendara

Selain memodifikasi penampilan mobil dan motor, perlengkapan pendukung untuk pengendara pun harus diperhatikan seperti helm, jaket, sarung tangan, tissue, car pillow, sarung setir dan lainnya. Bisnis ini juga awal yang bagus jika Anda ingin memulai dari yang sederhana.

6.Bisnis Jasa Rental Mobil

Peluang Bisnis jasa rental mobil butuh modal usaha dikarenakan Anda harus mempunyai beberapa mobil yang dapat dijadikan untuk disewakan kepada konsumen.

Bisnis ini sangat ramai dan sangat dibutuhkan perusahaan atau keluarga yang ingin berpergian.

6 Cara Jitu mengembangkan Peluang Usaha Bisnis Otomotif

Berikut ada 6 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan peluang usaha Otomotif:

1.Buat nama Usaha Anda dengan nama yang unik

Nama Usaha merupakan awal yang perlu Anda pikirkan.Buatlah nama yang unik agar konsumen ingat mengenai Usaha Anda. Dan akan lebih bagus lagi jika nama Usaha Anda mengandung arti tertentu.

2.Bekerja sama dengan komunitas

Community marketing dikatakan oleh para ahli menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia khususnya di Indonesia sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama.

Peluang usaha yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kerjasama dengan komunitas .

Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain itu kekuatan mereka untuk menyebarkan info produk/layanan anda menjadi alasan melakukan kerjasama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang usaha Anda.

3.Promo di sosial media

Ada beberapa macam sosial media yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan Usaha Anda.

Promo di sosial media tidak perlu mengeluarkan banyak modal namun Anda perlu rajin dalam membina hubungan dengan konsumen melalui platform sosial media yang Anda gunakan.

Klik Otomotif Rambah Media Online untuk Perluasan Bisnisnya
4.Iklan yang Unik

Anda dapat mempromosikan usaha Anda dengan membuat iklan yang di beberapa platform seperti Youtube.

Buatlah Iklan yang unik agar orang yang menonton jadi penasaran dan ingin melihat iklan Anda.

5.Bekerja sama dengan endorse

Anda bisa bekerja sama dengan orang terkenal. Ini merupakan salah satu cara promosi yang dapat Anda lakukan untuk Bisnis Anda.

Orang terkenal akan membantu memasarkan usaha Anda dengan cara mengupload di sosial media mereka namun Anda butuh biaya jika Anda berniat melakukan promosi endorse.

6.Pembukuan yang simple

Peluang Bisnis Automotif sangat menjanjikan jika Anda mengetahui dasar-dasarnya. Selain mengerti produk otomotif yang Anda jual, Anda harus memerhatikan laporan keuangan dan lainnya agar Anda tidak mengalami kerugian.

Anda bisa mencoba menggunakkan software akuntansi yang ada agar lebih simple dibandingkan membuat pembukuan bisnis otomotif secara manual.

Setiap Bisnis pasti memerlukan pembukuan yang terkelola. Saat ini masih banyak yang membuat pembukuan secara manual namun tanpa Anda sadari dengan perkembangan teknologi yang sudah merajalela, Software Akuntansi online atau software accounting hingga aplikasi inventaris barang seperti Jurnal by Mekari adalah solusi yang membuat pembukuan usaha Anda lebih sederhana. Pelajari lebih lanjut bagaimana cara menggunakan accounting software indonesia untuk membantu pekerjaan Anda.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo