Era digital telah terbuka pertanda pintu perdagangan antar negara di dunia menjadi tidak terbatas. Berkaitan dengan itu maka sebagai pengusaha Anda memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan usaha bisnis Anda. Senada dengan itu pula, artinya jumlah pesaing atau kompetitor Anda juga bertambah. Oleh karena itu, strategi bisnis merupakan hal penting yang wajib Anda buat agar dapat menghadapi persaingan bisnis.

Mirisnya, tidak semua pelaku usaha tidak memahami perubahan tersebut, terutama untuk pelaku usaha konvensional. Banyak diantara mereka yang tidak ikut melakukan perubahan dan mengalami penurunan omzet. Era digital yang seharusnya menjadi sebuah peluang justru menjadi ancaman untuk mereka. Untuk itu diperlukan sebuah langkah perubahan yakni salah satu nya melalui strategi bisnis.

Bagaimana dengan Anda? apakah sudah mempersiapkan strategi bisnis untuk menghadapi persaingan di era digital? Berikut tips yang dapat Anda terapkan agar usaha Anda dapat bersaing dan berkembang di era digital.

Memanfaatkan Teknologi

Seperti namanya ‘era digital’, maka Anda pun wajib memanfaatkan teknologi dalam strategi bisnis Anda. Karena seperti yang kita tahu, dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, mau tidak mau Anda harus menggunakan teknologi. Terlebih lagi jika kompetitor Anda sudah lebih dahulu menggunakan teknologi. Maka Anda harus segara mengikutinya.

Sejatinya teknologi bukanlah hal yang membuat bingung, justru teknologi dibuat untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. Jadi mulailah untuk memanfaatkan teknologi dalam pekerjaan Anda. Misal nya saja, Anda dapat melakukan kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan internet atau Anda juga dapat membuat pembukuan dengan menggunakan komputer dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gunakan Social Media

Indonesia memiliki banyak pengguna sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Bbm, Line dan sebagainya. Karena itu social media dapat dijadikan alat dalam strategi bisnis. Social media dapat Anda terapkan langsung melalui strategi pemasaran usaha Anda. Selain murah, cara penggunaannya pun mudah. Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan social media tetapi cukup dengan memasarkan produk atau jasa saja. Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat konten yang menarik. Mudah bukan?

Menggunakan Digital Marketing

Selain social media, Anda juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand atau pun produk/jasa menggunakan media elektronik atau digital. Jika Anda tidak bisa menggunakan digital marketing, Anda juga dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung untuk melakukan kegiatan pemasaran. adapun teknik pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing dan lainnya.

Mobile Friendly

7 Strategi Bisnis untuk Bersaing di Era DigitalTingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu Anda perhatikan. Anda perlu menyesuaikan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online Anda. Untuk menjaring banyak pengunjung yang menggunakan smartphone, maka website Anda juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki banyak orang. Caranya tentu saja dengan membuat website Anda menjadi mobile friendly. Kemudian, aturlah informasi yang ada dalam website Anda menjadi selalu update, menarik, dan memiliki tampilan yang fresh.

Menggunakan Aplikasi

Selain aplikasi social media, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi akuntansi, aplikasi pembukuan, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi, dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang ada juga perlu Anda manfaatkan dalam pengelolaan usaha Anda. Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan juga tenaga. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga memberikan kenyamanan dalam penggunaannya. Contohnya aplikasi aplikasi ecommerce yang bisa membantu Anda menjual produk Anda dengan mudah melalui mobile. Atau aplikasi atau software akuntansi yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis, sekaligus mempermudah Anda membuat pembukuan bisnis.

Tidak perlu ribet bukan? Selain itu, Anda pun akan terlihat lebih unggul di bandingkan dengan kompetitor Anda yang tidak menggunakan aplikasi. Karena kecepatan dan manfaat lain dari aplikasi-aplikasi bisnis atau keuangan membuat bisnis Anda menjadi efektif dan efisien. Namun, karena banyaknya aplikasi pengelolaan bisnis Anda juga harus memilih aplikasi terbaik untuk bisnis Anda.

Inovasi

content marketing 5

Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis Anda akan maju ke depan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru. Oleh karena itu, inovasi sangatlah dibutuhkan agar Anda dapat bersaing dengan kompetitor Anda.  Buatlah produk atau jasa Anda berbeda dan istimewa dari yang lain. Membuat inovasi memang lah sulit, karena terkadang sebuah perubahan yang sudah Anda siapkan dan diprediksi akan membuat sukses ternyata justru tidak memberikan hasil yang signifikan. Namun melalui proses yang baik dan benar, Anda pasti dapat menciptakan inovasi.

Memberikan pelayanan terbaik

Tidak ada yang lebih berharga dalam dunia bisnis dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun, dalam dunia digital Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen Anda. Jika Anda dapat memanfaatkan peluang maka Anda sebenarnya dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang terjangkau dengan menggunakan media digital. Sebagai contoh misalnya seperti perusahaan pengiriman paket atau ekspedisi. Mereka membuat informasi update mengenai paket yang konsumen kirimkan sudah sampai mana dan perkiraan akan sampai. Sehingga konsumen dapat memantau paketnya dan ia merasa aman karena mengetahui keberadaan paket nya yang aman. Strategi bisnis berupa pemberian layanan terbaik mungkin terlihat sepele tetapi dampaknya sangat besar.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam strategi bisnis

Sebelum menerapkan strategi bisnis Anda juga perlu memperhatikan kondisi bisnis Anda. Untuk mengetahui kondisi perusahaan, Anda dapat melakukan analisis, salah satu nya yang mudah yakni analisis SWOT. Analisis SWOT menilai kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) perusahaan secara keseluruhan. Adapun penjelasan singkatnya sebagai berikut:

  • Kekuatan (strengths), meliputi kemampuan internal perusahaan, sumber daya, dan faktor situasional positif yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan melayani pelanggan.
  • Kelemahan (weaknesses), seperti apa saja keterbatasan internal dan faktor-faktor situasional negatif yang dapat menghalangi performa perusahaan.
  • Peluang (opportunities), adalah faktor yang menguntungkan yang berasal dari lingkungan eksternal dan dapat digunakan perusahaan untuk memperoleh keuntungan.
  • Ancaman (threats), yaitu faktor yang berasal dari lingkungan eksternal yang dapat menguntungkan dan memberikan tantangan bagi performa perusahaan.

Itulah beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam strategi bisnis di era digital. Seperti yang kita tahu salah satu yang perlu Anda siapkan agar dapat bersaing dengan kompetitor di era digital adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda mengelola bisnis Anda. Salah satu aplikasi penting yang wajib Anda miliki adalah aplikasi akuntansi, mengingat kegiatan akuntansi sangat penting dalam sebuah bisnis. Salah satu contoh aplikasi akuntansi yakni Jurnal.

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi mulai dari pembuatan pembukuan sampai laporan keuangan.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatisasi. Jurnal memiliki sistem yang terintegrasi dan juga standar keamanan yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 sehingga aman dan Anda tidak perlu khawatir. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Saat ini jurnal memberikan kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik dis ini.