Jurnal Enterpreneur

5 Langkah Mudah Melakukan Pembukuan Bagi UKM

Banyak pemilik bisnis yang sukses di dunia menginvestasikan sebagian kesuksesannya untuk menjaga catatan keuangan dengan sangat baik dalam melakukan pembukuan. Mereka melacak setiap biaya yang mengeluarkannya sehingga dapat meminimalisasi biaya atau pengeluaran.

Selain itu, memiliki catatan yang baik juga akan membantu mereka dalam kegiatan administrasi dengan pihak lain seperti akan mempermudah dalam pembayaran pajak. Oleh karena itu, pembukuan merupakan aspek yang penting. Gunakan aplikasi pembukuan untuk usaha lebih cepat

Pembukuan adalah pencatatan transaksi keuangan. Transaksi yang dimaksud seperti transaksi pembelian, penjualan, pendapatan, pengeluaran dan jenis transaksi lain yang dilakukan oleh perusahaan.

Pembukuan tidak hanya menggunakan perusahaan besar saja tetapi bisnis kecil dan menengah (UKM) juga wajib melakukan pembukuan. Tidak perlu melakukan pembukuan yang ribet, bisnis UKM dapat melakukan pembukuan yang sederhana.

Sehingga para pelaku UKM dapat mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang memperolehnya. Namun, masalahnya para pelaku UKM, khususnya di Indonesia tidak memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan sehingga tidak memiliki pembukuan yang rapi dan jelas.

Berikut ini merupakan langkah mudah melakukan pembukuan UKM.

Melacak Faktur dalam Melakukan Pembukuan

Cara Melacak dan Menghitung Biaya Overhead

Faktur merupakan bukti pendukung untuk melakukan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan perusahaan. Faktur yang terlambat atau tidak membayarnya maka mengganggu aliran kas perusahaan. Sebagai konsekuensinya, jalannya bisnis secara umum juga menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, jangan biarkan klien terlambat dalam membayar tagihan. Untuk mengelola ini, Anda harus memastikan bahwa tidak ada klien yang memesan bahan baru kecuali mereka telah membayar pesanan sebelumnya.

Cara lain yang bisa melakukannya yaitu dengan memberikan jangka jatuh tempo untuk setiap klien. Sehingga jika tidak memenuhi tenggat waktu yang diberikan dapat dikenakan pinalti yang membebankan pada jumlah yang membayarkan oleh mereka. Gunakan aplikasi invoice (faktur) Jurnal untuk usaha makin lancar.

Pisahkan Catatan Piutang dan Utang dalam Melakukan Pembukuan

10 Cara Efektif Mengelola Utang Perusahaan

Manajemen dana yang buruk merupakan salah satu penyebab kegagalan sebuah bisnis. Percampuran dana yang di depositkan oleh klien dan dana yang meminjamkannya dapat menyebabkan kebingungan dan jika membiarkannya lebih buruk dapat menjadi krisis keuangan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memisahkan kedua jenis catatan ini. Ini akan memudahkan melacak apa yang akan mencarinya. Selain itu juga dapat mengetahui apa yang menjadi milik Anda dan apa yang menjadi milik bisnis Anda.

Simpan Semua Catatan Keuangan & Bukti Pendukung Lain

Keuangan Semakin Diterjang, Bagaimana Ketentuan Upah Pekerja Bisnis UKM?

Catatan keuangan dan bukti pendukung merupakan hal yang sangat penting. UKM yang visioner harus memastikan semua dokumen yang menggunakan dalam transaksi sehari-hari menyimpannya dengan baik untuk menggunakannya sebagai referensi di masa yang akan datang.

Untuk membangun keuangan yang baik, pastikan Anda memiliki pernyataan bank, laporan laba rugi, neraca, kuitansi, faktur, dan lainnya.

Alokasikan Waktu Untuk Mengkaji Pembukuan Secara Rutin

Pengelolaan Waktu

Menurut banyak pengusaha, meninjau pembukuan bisnis secara rutin akan membuat Anda mendapatkan informasi yang selalu memperbaharui tentang keadaan bisnis.

Dengan demikian, Anda dapat mengelola arus kas, mengetahui pengeluaran mingguan yang terjadi dan informasi tentang faktur yang telah mengeluarkannya perusahaan. Di samping itu juga membantu Anda untuk mengetahui, memantau, dan mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran dan masalah yang terjadi.

Salah satu cara yang dapat melakukannya untuk melacak semua pengeluaran dan pendapatan adalah dengan menggunakan kartu kredit. Ya, dengan itu catatan pengeluaran akan tersimpan secara otomatis. Dan kehilangan tanda terima tidak akan menjadi sebuah masalah.

Gunakan Software Akuntansi dalam Melakukan Pembukuan

Fungsi Software Akuntansi Bagi Koperasi Serba Usaha

Ini adalah salah satu tips yang penting untuk pembukuan UKM.  Menggunakan software akuntansi online dapat memudahkan Anda melakukan pembukuan dengan mudah. Jurnal merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan realtime.

Jurnal juga dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan koneksi Internet. Oleh karena itu, aplikasi pembukuan atau aplikasi keuangan seperti Jurnal ini dapat menjadi solusi untuk membantu Anda dalam melakukan pembukuan dan proses akuntansi dengan mudah, cepat, aman dan nyaman.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo