5 Alasan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Wajib Digunakan Pebisnis

Mengelola pembukuan bisnis secara manual berisiko besar terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerugian. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan akuntansi.

Manfaat dari aplikasi pembukuan akuntansi adalah untuk mempermudah Anda dalam mencatat transaksi keuangan usaha. Dengan demikian, nantinya semua laporan keuangan dan perkembangan bisnis Anda dapat dilihat dengan praktis melalui aplikasi.

Semua bisnis membutuhkan pembukuan akuntansi untuk memperoleh laporan keuangan yang akurat. Maka itu, keberadaan aplikasi ini akan sangat membantu Anda menyusun dan mengelola laporan keuangan dengan cermat dan akurat.

Berikut ini kami berikan 5 alasan mengapa bisnis Anda sangat membutuhkan aplikasi pembukuan.

5 Kesalahan Fatal dalam Memilih Aplikasi Komputer Akuntansi

Pencatatan Transaksi Jelas Terlihat

Kesalahan yang sering terjadi namun tidak disadari oleh pemilik bisnis adalah tidak adanya pencatatan transaksi yang memadai. Bahkan beberapa pemilik bisnis masih menyepelekan catatan transaksi, terutama bagi bisnis yang baru mulai berdiri.

Justru catatan transaksi ini sangat penting bagi bisnis yang baru mulai berdiri. Mencatat transaksi penjualan dan pembelian akan mempermudah Anda dalam menentukan tren bisnis. 

 

Perhitungan Keuangan yang Akurat

Melalui aplikasi pembukuan akuntansi, perhitungan keuangan dapat terlihat lebih jelas. Semua sudah sepakat bahwa catatan keuangan berperan besar untuk mengetahui kondisi finansial yang ada pada perusahaan. 

Dengan catatan keuangan Anda bisa membandingkan kondisi finansial dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun secara rinci. Bahkan, nilai laba atau rugi perusahaan akan terlihat melalui perhitungan pada catatan keuangan. 

Begitu juga sebaliknya, Anda bisa melihat biaya mana yang sebaiknya dipangkas sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran.

Baca Juga: Pelajari Komponen dan Manfaat Faktur Penjualan Online

Hemat Biaya Jasa Akuntan

Mempekerjakan jasa akuntan bagi perusahaan adalah sebuah kemewahan. Artinya, jika bisnis Anda berjalan dengan budget yang terbatas, Anda bisa memaksimalkan manfaat aplikasi pembukuan. Dengan adanya aplikasi pembukuan, Anda tidak perlu menyewa jasa akuntan setiap bulan untuk menyusun laporan keuangan.

Aplikasi pembukuan akan melakukan tugasnya seperti mencatat, menghitung dan mengaudit transaksi keuangan pada bisnis Anda. Secara tidak langsung Anda dapat menghemat biaya SDM. 

 

Bisa Diakses Kapan Saja dan Di Mana Saja

Dengan teknologi yang semakin canggih, Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan semua pekerjaan akuntansi. Aplikasi pembukuan dapat diakses melalui komputer maupun handphone.

Kemudahan inilah yang membuat aplikasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, perkembangan bisnis Anda juga bisa dilihat kapan saja secara real time

Baca Juga: Seberapa Penting Aplikasi Pembukuan Usaha Untuk Pedagang

Pembuatan Laporan Keuangan

Bisnis Anda terkadang memerlukan faktur, riwayat transaksi, detail stok barang. Serta banyak banyak hal lain yang merupakan bagian dari laporan bisnis yang dibutuhkan kapan saja.

Membuat laporan keuangan adalah hal yang sangat melelahkan karena harus duduk berjam-jam untuk menghasilkan satu atau dua laporan. Aplikasi pembukuan akan menyiapkan laporan itu untuk Anda secara mudah dan cepat. 

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Di Bulan September ceria ini, Anda akan mendapat diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket  Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog


PUBLISHED07 Sep 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: