Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

6 Masalah Bisnis yang Sering Terjadi dan Bagaimana Solusinya!

Tayang 08 Feb 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Dalam menjalankan bisnis, pasti adakalanya sebuah masalah datang menghampiri. Banyak pengusaha yang bertahan dan menghadapi masalah tersebut dan mencari solusi, ada juga yang memutuskan untuk berhenti atau beralih ke bisnis lainnya

Pengusaha yang bertahan dan mencoba mencari solusi biasanya akan meraih kesuksesan di depan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

masalah yang sering ditemukan oleh para pengusaha ketika merintis bisnisnya

Apa Saja Masalah Bisnis yang Sering Dihadapi Oleh Pengusaha?

Lalu apa saja masalah bisnis yang biasanya datang menghampiri pengusaha?

1. Waktu

Waktu adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi pengusaha. Banyak pengusaha yang tidak bisa membagi waktunya dengan baik sehingga menyebabkan masalah bisnis lainnya seperti telat meeting yang bisa menyebabkan kehilangan klien, atau jatuh sakit karena terlalu banyak memikirkan pekerjaan.

Untuk itu, seorang pengusaha harus mulai menerapkan manajemen waktu yang baik dengan mencoba membuat jadwal harian sendiri agar semua rencana pada hari itu dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Masalah Bisnis Restoran yang Sering Dihadapi Para Pebisnis

2. Kurang Percaya Diri

Maslaah bisnis selanjutnya adalah banyak pengusaha yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa ia memiliki sebuah bisnis. Hal ini biasanya terjadi ketika baru memulai bisnis dan bisnisnya masih kecil ataupun belum berkembang.

Karena kurang percaya diri inilah pengusaha jadi tidak mudah dikenali oleh orang lain. Padahal dengan percaya diri yang tinggi,

Anda secara tidak langsung dapat melakukan branding terhadap diri sendiri sebagai pengusaha yang menjual produk atau jasa tertentu.

Dengan begitu, Anda dan produk yang dijual pun secara langsung dapat lebih mudah dikenali orang lain.

3. Tidak Adanya Dukungan Keluarga

Beberapa orang masih berpikir berbisnis itu bukanlah zona aman dan bisa memberikan kerugian besar. Hal inilah yang membuat banyak keluarga tidak mendukung anggota keluarganya memulai bisnis.

Padahal, dukungan keluargalah yang dapat mendorong Anda menjalankan sebuah bisnis.

Jadi, jika Anda belum mendapat dukungan keluarga, matangkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik.

Dengan begitu, keluarga akan melihat bahwa Anda serius menjalankan bisnis, sehingga walaupun dengan ada masalah akan ketemu solusi.

Baca juga: 6 Aplikasi Nota Online Jadikan Bisnis Lebih Mudah!

4. Pindah Bidang Bisnis

Ada beberapa pengusaha yang mudah menyerah ketika mendapati bisnisnya sepi dan tidak berkembang. Misalnya Anda menjual sepatu dan sepi pesanan, lalu pindah ke bisnis furniture tapi tidak berkembang, kemudian pindah lagi ke bisnis lainnya.

Masalah inilah yang sebenarnya membuat bisnis Anda tidak berkembang. Jika Anda mendapati bisnis yang sepi dan tidak berkembang, yang harus Anda lakukan adalah fokus dan pikirkan strategi baru untuk mengembangkan bisnis.

5. Perang Harga, Masalah Bisnis yang perlu Anda Cari Solusi

Ini adalah masalah yang sering terjadi saat ini. Banyaknya pesaing yang berani memberikan harga lebih murah, membuat Anda ingin menurunkan harga jual.

Dengan menurunkan harga, otomatis margin keuntungan yang didapat menjadi kecil.

Untuk keluar dari masalah ini, jangan pernah Anda menurunkan harga, tapi cobalah memberikan harga yang cocok sesuai dengan kualitas yang Anda berikan pada bisnis.

Lalu berikan pelayanan yang baik dan membuat pelanggan Anda puas.

Kenapa? Karena tidak semua konsumen menginginkan harga yang murah, tapi ada juga konsumen yang mencari produk atau barang dengan kualitas bagus dan bisa memberikan kenyamanan dalam berbelanja.

Baca juga: Pengertian dan Pengelolaan Inventaris Pada Sebuah Bisnis

6. Manajemen Keuangan yang Buruk

Masalah keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dikelola dengan bijak untuk kelangsungan bisnis atau perusahaan.

Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, pendapatan dan pengeluaran tidak akan terkontrol, sehingga bisa menyebabkan kebangkritan.

Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda dapat dengan mudah membuat perencanaan, memonitor dan mengontrol keuangan, hingga mengatur modal kerja.

Manajemen keuangan yang baik secara tidak langsung dapat membantu perusahaan membuat penilaian tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta mengetahui hambatan yang mungkin timbul dalam pengambilan keputusan finansial.

Software Akuntansi Jurnal, Solusi Masalah Keuangan Bisnis Anda!

Untuk menerapkan manajemen keuangan yang baik, Anda membutuhkan laporan keuangan yang tepat.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan sistem akuntansi yang handal. Penggunaan software laporan keuangan bisnis seperti Jurnal adalah solusinya.

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi yang dapat membantu Anda menerapkan manajemen keuangan dengan baik dan tepat.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat menerima laporan keuangan secara tepat, cepat, dan aman.

Jurnal juga memiliki berbagai fitur pendukung software laporan keuangan bisnis untuk menerapkan manajemen keuangan seperti pengelolaan stok, arus kas, piutang dan utang, pendapatan dan pengeluaran, serta berbagai fitur lainnya.

Daftarkan perusahaan Anda dengan aplikasi stok barang Jurnal sekarang juga untuk menerapkan manajemen keuangan yang jauh lebih baik. Info lebih lanjut, klik di sini.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal