Mekari Jurnal
Daftar Isi

Ketahui 4 Karakteristik Laporan Keuangan Sebelum Membuatnya

Tayang 04 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Ketahui apa saja beberapa karakteristik kualitatif yang dimiliki oleh laporan keuangan menurut PSAK sebelum Anda membuatnya. Berikut penjelasan yang akan dijabarkan oleh Blog Mekari Jurnal.

Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban perusahaan kepada para pemangku kepentingannya.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu entitas yang dapat menggambarkan kinerja entitas tersebut pada suatu periode akuntansi.

Laporan keuangan dibuat untuk menyajikan informasi mengenai kinerja perusahaan dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Selain itu, laporan keuangan juga menunjukan bentuk transparansi dan akuntabilitas perusahaan/entitas/organisasi kepada masyarakat.

Laporan keuangan perusahaan dibuat setiap akhir periode atau siklus akuntansi.

Setiap perusahaan memiliki periode akuntansi yang berbeda-beda. Bisa selama 1 tahun, ataupun per 6 bulan tergantung kepada kebijakan tiap perusahaan.

Laporan biasa dibuat secara manual atau menggunakan software laporan keuangan.

Laporan keuangan membantu menilai kinerja perusahaan selama satu periode akuntansi.

Selain itu, tujuan laporan keuangan juga membantu perusahaan untuk menentukan langkah perusahaan selanjutnya.

Mekari Jurnal Hadirkan Fitur Software Terlengkap di Indonesia

Karakteristik dalam Laporan Keuangan

Secara umum, laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, maupun manufaktur ada empat, yaitu laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas.

Namun, laporan keuangan yang dibuat bukanlah hanya dibuat begitu saja, melainkan memiliki karakteristik kualitatif yang melekat pada informasi akuntansi yang diberikan.

Adapun karakteristik dasar yang harus dipenuhi dalam sebuah laporan keuangan yang dipaparkan menurut PSAK dan juga para ahli adalah sebagai berikut:

1. Karakteristik Laporan Keuangan Harus Relevan

Relevan maksudnya adalah laporan keuangan didalamnya harus memuat informasi yang dapat memengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini dan dapat memprediksi masa depan.

Laporan keuangan yang relevan adalah laporan keuangan yang merekam setiap transaksi bisnis selama satu periode akuntansi.

Karakteristik Laporan Keuangan

2. Karakteristik Laporan Keuangan Haruslah Andal

Agar informasi dalam laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya dan andal, maka karakteristik penyajian informasi pada laporan keuangan harus dibuat berdasarkan peraturan atau pedoman yang berlaku.

Selain itu, laporan keuangan juga disajikan secara menyeluruh.

Seperti yang kita ketahui, informasi dalam laporan keuangan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan informasi secara jujur dan dapat diverifikasi.

Sehingga informasi yang relevan saja tidak cukup karena tidak dapat diandalkan. Jika demikian, informasi yang ada pada laporan keuangan dapat menyesatkan dan merugikan pengguna laporan keuangan.

Agar informasi dapat diandalkan maka harus memenuhi syarat berikut:

  • Penyajian jujur. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus sesuai dengan kebenaran sehingga informasi tersebut dapat dipercaya.
  • Memiliki isi yang substansial. Karakteristik laporan keuangan harus disampaikan sesuai dengan transaksi yang terjadi sesuai dengan realistas ekonomi dan bukan hanya bentuk hukumnya.
  • Pertimbangan sehat. Maksudnya yaitu informasi akuntansi harus memiliki manfaat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi karena mengandung unsur hati-hati dalam melakukan perkiraan.
  • Netralitas. Penyajian laporan keuangan diarahkan pada kebutuhan umum pemakai, bukan keinginan pihak tertentu.

Karakteristik dalam Laporan Keuangan

3. Dapat Dibandingkan

Perlu Anda ketahui bahwa karakteristik selanjutnya dari laporan keuangan yang dibuat juga harus dibandingkan dengan perusahaan lain. Ini akan berguna untuk menilai perusahaan Anda.

Untuk dapat dibandingkan dengan perusahaan lain maka sistem, pedoman, dan kebijakan prinsip dasar akuntansi yang digunakan harus sama

Selain membandingkan dengan perusahaan lain, laporan keuangan juga dapat dibandingkan antar tahun.

Untuk membandingkan antar tahun, maka penyajian laporan keuangan perusahaan minimal harus disajikan dalam dua periode.

Baca juga seputar analisa keuangan dan fungsinya.

karakteristik laporan keuangan

4. Dapat Dipahami

Laporan keuangan juga harus memiliki karakteristik kualitatif yakni dapat dipahami. Adapun lingkup pemahaman yang dimaksud ini adalah pengguna secara umum.

Tidak hanya oleh pihak manajemen saja, tetapi masyarakatpun yang ingin mengetahuinya dapat memahami.

Informasi dalam laporan keuangan dikatakan dapat dipahami jika semua pengguna mengerti dan memahami isi atau informasi yang ada pada laporan keuangan.

Sehingga, salah satu manfaat dari dibuatnya laporan keuangan yaitu membantu dalam pengambilan keputusan dapat tercapai.

Untuk memudahkan membuat laporan keuangan yang dapat dibandingkan maka laporan keuangan harus dibuat berdasarkan pedoman dan standar yang berlaku secara umum.

Adapun isi dari laporan keuangan dari perusahaan adalah neraca, laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas.

Masing-masing laporan dicatat dari transaksi khusus dan umum yang dilakukan perusahaan selama satu periode akuntansi.

Penghitungan laporan keuangan ini memang tidak boleh sembarangan.

Karena laporan keuangan perusahaan sangat penting untuk mengetahui kinerja perusahaan dan penentuan langkah perusahaan selanjutnya.

Bahkan untuk usaha menengah maupun kecil seperti UKM saja penting sekali paham seputar cara membuat laporan keuangan ini.

Karena dari laporan keuangan bisa dihitung keuntungan yang didapat hingga rugi yang dialami.

karakteristik laporan keuangan

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk membuat laporan keuangan.

Laporan keuangan kini dapat dibuat dengan lebih mudah, praktis, dan efisien jika Anda menggunakan bantuan Jurnal software akuntansi online.

Banyak fitur yang disediakan didalamnya yang dapat memudahkan Anda menyusun laporan keuangan.

Cukup memasukan informasi dan data-data keuangan bisnis Anda, Jurnal sebagai aplikasi akuntansi keuangan akan menghitungnya secara otomatis.

Terlebih Jurnal juga berbasis teknologi cloud sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun secara realtime. Informasi lainnya mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.

Itulah beberapa karakteristik yang umumnya dapat ditemukan dalam laporan keuangan. Semoga bermanfaat!

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal