Software Akuntansi untuk Kemudahan dalam Memajukan Bisnis UKM

Kita tengah menyaksikan era di mana teknologi berjalan berdampingan dengan bisnis. Berbagai inovasi dalam bidang teknologi yang begitu cepat selalu berhasil membuat disrupsi baru pada setiap sektor bisnis. Tidak terkecuali perubahan selera dan tuntutan pasar. Seiring dengan terobosan dalam bidan teknologi, para pelaku bisnis harus mampu mengikuti perubahan yang terjadi agar mampu bertahan dan merajai pasar.

Inovasi teknologi juga tidak hanya menciptakan perubahan di pasar, tetapi juga memotivasi para pihak yang memiliki keinginan kuat untuk berwirausaha. Berkat kemudahan yang disediakan oleh teknologi, kini ada banyak bisnis-bisnis baru yang bermunculan. Khususnya bisnis yang tergolong sebagai UKM (usaha kecil dan menengah).

Perkembangan zaman yang berkiblat kepada teknologi menyediakan jalan bagi bisnis UKM untuk membenahi sistem dan layanannya menjadi lebih efisien, menyempurnakan produk yang mereka sediakan, dan memasarkannya kepada khalayak ramai. Tidak hanya itu, berbagai aplikasi atau software berbasis teknologi seperti software akuntansi juga memberikan banyak kemudahan untuk proses dan hasil dari bisnis UKM.

 

Fitur Lengkap Software Akuntansi

Peningkatan kualitas layanan dalam UKM tidak akan menjadi mimpi semata saat sebuah UKM mengadopsi software akuntansi untuk bisnis mereka. Berbagai fitur yang melengkapi software akuntansi seperti pembuatan faktur, hitung otomatis pajak, peninjauan saldo, pengelolaan aset, hingga melakukan audit serta analisa keuangan menjadi begitu mudah bila menggunakan software akuntansi. Selain cepat dan praktis, data yang dihasilkan juga reliable untuk dipakai sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan bisnis di masa depan.

Fitur lengkap dalam software akuntansi memang memiliki manfaat yang besar. Saat sebuah UKM ingin mengaplikasikan software ke dalam bisnisnya, ada baiknya bagi UKM untuk meninjau korelasi antara fitur dalam software dengan fokus bisnis mereka. Penerapan software akuntansi yang paling ideal adalah ketika sebuah UKM memilih jenis software akuntansi yang cocok dengan fokus bisnis mereka, sehingga investasi dalam membeli dan berlangganan software akuntansi tersebut tidak menjadi sia-sia.

Baca juga: Tips Memilih Software UKM yang Paling Ideal untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis

 

Integrasi Software Akuntansi

Keunggulan software akuntansi tidak hanya sebatas pembukuan keuangan yang lebih rapi atau analisa profit yang mendalam saja. Software akuntansi juga mampu memudahkan berbagai pekerjaan lain yang berkaitan dengan keuangan. Mulai dari pembayaran gaji karyawan (payroll), pengadaan barang (procurement) dan lainnya. Bahkan, software akuntansi juga dapat menjadi pondasi untuk melakukan backup terhadap data-data keuangan perusahaan.

Penting bagi setiap UKM untuk memastikan kemampuan integrasi software akuntansi sebelum mengadopsi software tersebut. Pilihlah software yang cocok dan memiliki kapabilitas untuk terhubung dengan berbagai software lain. Sehingga kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis UKM akan semakin terasa.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Sederhana bagi UKM

 

Keamanan Software Akuntansi

Faktor penting lain yang mampu diberikan software akuntansi adalah kualitas keamanan data dalam software tersebut. Banyak pelaku bisnis yang sulit memercayai kemampuan sebuah software, apalagi saat berkaitan dengan masalah keuangan. Asumsi tersebut perlu dihilangkan karena keamanan bukanlah sebuah permasalahan saat sebuah bisnis memilih software akuntansi yang dikembangkan oleh penyedia software akuntansi tepercaya, seperti Jurnal. Produk software akuntansi milik Jurnal dikembangkan oleh tim ahli yang menjamin keamanan data penting milik bisnis, sekaligus pengelolaannya.

Pilihan terbaik bagi para pelaku bisnis untuk solusi software akuntansi yang ideal untuk bisnisnya adalah software akuntansi Jurnal. Sertifikasi ISO 27001 yang tersemat pada Jurnal membuat Anda tidak perlu khawatir dalam memercayakan pengelolaan keuangan Anda kepada software aplikasi Jurnal. Segera daftarkan UKM Anda sekarang juga dan dapatkan free trial selama 14 hari. Fitur yang lengkap, integrasi antar sistem, serta keamanan menjadi alasan kenapa bisnis UKM bisa lebih berkembang dengan bantuan software akuntansi.

 

[adrotate banner=”21″]


PUBLISHED15 Nov 2019
Dio
Dio

SHARE THIS ARTICLE: