Wabah Virus Corona atau COVID-19 dianggap berdampak signifikan terhadap berbagai lini kehidupan, termasuk aktivitas ekonomi di Indonesia. Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) berupaya mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja dengan berbagai cara. Salah satunya, mengimbau karyawan untuk bekerja di rumah atau work from home dan tak perlu datang ke kantor.
Pemilik usaha pun mengalami kendala mengelola keuangan ketika admin pemegang kuasa keuangan absen. Begitu juga sebaliknya, admin akan kesulitan mengambil keputusan keuangan jika sang penentu kebijakan tak berada di kantor.
Pada akhirnya, pemilik usaha harus memutar otak untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan tetap prima tanpa perlu saling bertatap muka dan khawatir terkena COVID-19. Untuk mengatasi persoalan koordinasi, pelaku bisnis bisa menjalankan sejumlah strategi pengelolaan keuangan tanpa bertemu fisik. Berikut di antaranya seperti dikutip Jurnal by Mekari, Senin (23/3):
Kirim Faktur Tanpa Bertemu Fisik
Dalam situasi seperti saat ini, pelaku bisnis rentan melakukan penagihan atau pembayaran secara langsung kepada mitra usaha. Pasalnya, hal itu bisa meningkatkan risiko terkena COVID-19.
Namun pelaku usaha punya pilihan untuk membuat dokumen pernyataan penagihan atau pembayaran secara mudah. Faktur (invoice) dapat dikirim atau diterima otomatis melalui email sebagai pemberitahuan resmi kepada mitra usaha untuk melakukan transaksi tanpa perlu bertemu pelanggan secara fisik.
Jika menggunakan software akuntansi online Jurnal, Anda akan memperoleh kemudahan dalam membuat faktur, dilengkapi 11 desain profesional yang berbeda sesuai kebutuhan bisnis perusahaan. Tentu disertai rincian jumlah barang/jasa, harga satuan, dan total harga, serta tanggal pembelian di dalam faktur. Selain itu, Jurnal juga mampu menghemat waktu karena Anda akan mendapat notifikasi langsung ketika ada pembayaran faktur yang terlambat.
Lakukan Transaksi Perbankan via Online
Dalam proses bisnis, para pelaku usaha tak terlepas dari aktivitas transaksi perbankan. Untuk menghindari risiko terkena Virus Corona di ruang publik, Anda sebaiknya menghindari kunjungan ke kantor cabang perbankan secara langsung dan lebih memilih transaksi via online.
Melalui fitur Cashlink pada Jurnal, Anda dapat melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis tanpa perlu repot mengunjungi kantor fisik. Jurnal akan menampilkan ringkasan rekonsiliasi bank pada semua akun kas dan bank, serta perubahan saldo kas dan bank yang belum dicatat. Caranya, dengan mencocokkan data rekening koran dan transaksi di Jurnal pada halaman yang sama. Jadi, tidak perlu mencetak rekening koran lagi.
Data rekening koran dapat dimasukkan ke Jurnal melalui fitur impor bank statement dan melalui direct feeds atau penarikan data otomatis dengan menghubungkan bank dengan akun Jurnal Anda.
Monitor Stok Barang di Multi Gudang Jarak Jauh
Penyebaran Virus Corona yang semakin agresif membuat Anda perlu berpikir dua kali untuk mengunjungi gudang usaha secara langsung. Langkah alternatif yang perlu dilakukan adalah memeriksa status persediaan barang secara berkala melalui jarak jauh.
Dengan perangkat lunak Jurnal, Anda dapat memonitor stok barang secara real time tanpa perlu ke gudang fisiknya. Tak hanya menghitung persediaan barang, tetapi juga mengetahui harga jual beli rata-rata, dan menginformasikan ketersediaan stok saat itu juga.
Anda juga bisa memperoleh referensi terkait kinerja produk Anda, dan pemberitahuan stok yang kosong. Jurnal membantu Anda mengimpor data persediaan dalam jumlah besar secara cepat dengan template spreadsheet yang tersedia.
Pantau Kinerja Keuangan Cabang Usaha
Bagi pemilik bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan unit usaha yang banyak, memeriksa kondisi bisnis di masing-masing cabang merupakan hal yang sulit dihindari. Namun wabah Virus Corona atau COVID-19 saat ini menjadi ganjalan yang nyata. Untuk terhindari dari risiko penularan virus, ada baiknya pemilik usaha menahan diri untuk inspeksi langsung, melainkan cukup memonitor kinerja keuangan dari jarak jauh.
Dengan fitur ‘Laporan Keuangan Konsolidasi’ yang ada pada Jurnal Enterprise, pelanggan dapat membuat laporan gabungan dari beberapa perusahaan yang dimiliki sekaligus. Laporan ini akan menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari induk perusahaan dengan anak perusahaan.
Dengan demikian, Anda dapat memonitor kondisi keuangan tanpa harus keluar ruangan dan menghampiri anak perusahaan secara langsung, risiko terkena Covid pun dapat diminimalisir.
Pantau Performa Bisnis secara Real Time
Jurnal merupakan software akuntansi online berbasis komputasi awan (cloud computing) yang memudahkan Anda memantau bisnis kapanpun dan dimanapun. Jurnal merupakan solusi tepat bagi pemilik usaha, bahkan yang tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun. Melalui fitur-fitur yang tersedia, Anda dapat melakukan berbagai transaksi hanya dengan menggunakan ponsel pintar (smartphone) atau tablet.
Data Jurnal dapat diakses dengan mudah dan pembukuan dapat dilakukan secara otomatis. Tak hanya itu, Anda juga dapat memberi akses pada anggota lain untuk mengolah data sesuai tugas dan fungsinya. Hal terpenting, pemilik usaha dapat memantau performa bisnis secara real time melalui aplikasi mobile.
Jadi, sebagai pelaku bisnis UKM Anda tidak perlu cemas. Pastikan bisnis Anda tetap berjalan dan mampu bertahan pada saat kondisi pandemi saat ini.
Sebagai aplikasi software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.
Cari tahu selengkapnya mengenai produk aplikasi pembukuan android dari Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis software ERP Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan aplikasi stok barang android milik Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Min subscribe 12 bulan). Salam sehat dan produktif selalu!