Jurnal Enterpreneur

Kembangkan Usaha Anda dengan Cloud

Penerapan teknologi komputasi awan, atau yang sering disebut dengan cloud computing, sedang menjadi tren di dunia bisnis. Saat ini banyak perusahaan besar seperti Google dan Microsoft mengembangkan layanan cloud-nya. Sebagian besar pengusaha mulai menggunakan cloud untuk mempermudah pekerjaannya. Sebagai entrepreneur, Anda perlu mengetahui keunggulan dan manfaat cloud bagi usaha Anda.

Keunggulan Cloud

Keunggulan dan manfaat cloud dibandingkan software biasa dengan dapat Anda lihat melalui 3 sisi , yaitu biaya, operasional, dan strategic.

Biaya (Cost) yang Relatif Murah

Biaya cloud computing relatif lebih murah. Anda dapat melihatnya dari sisi cost of ownership dan cost structure.

Bagi entrepreneur muda, memulai usaha memiliki tantangan tersendiri. Banyak yang harus dipersiapkan untuk mendukung usaha seperti perlengkapan kantor, peralatan kantor, serta software mengelola data. Persiapan tersebut membutuhkan biaya sangat besar. Total biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha itulah yang dinamakan dengan cost of ownership.

Cost of ownership yang mencapai ratusan juta dapat dipotong dengan menggunakan cloud computing. Anda tidak perlu lagi membeli server dan software yang mencapai puluhan juta sehingga biaya Anda dapat dialihkan pada kebutuhan peruhaan lainnya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Cost structure adalah struktur biaya yang dikeluarkan selama perusahaan beroperasi. Pada tahun pertama berdirinya perusahaan, pengeluaran sangat tinggi karena biaya pembelian alat-alat ditambah dengan server dan software. Meskipun tahun kedua biaya yang dikeluarkan akan menurun, namun tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan IT yang membutuhkan perbaikan dengan biaya besar di kemudian hari. Belum lagi harus membeli peralatan-peralatan baru atau mengganti peralatan yang sudah rusak.

Lain halnya ketika Anda menggunakan cloud. Anda tidak akan diberatkan dengan biaya tinggi pada tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya. Struktur biaya cloud computing bersifat stagnan sehingga Anda cukup membayar biaya pemakaian online per bulan atau per tahun. Dengan biaya yang relatif murah, Anda telah mendapatkan jaminan security, maintenance, dan patching dari pelayanan cloud.

Operasional

Layanan cloud computing, khususnya Software as a Service (SaaS), membantu entrepreneur muda untuk menjalankan sistemnya. Sulit untuk mengoperasikan dan memperbaiki sistem jika Anda bukan seorang jenius dalam bidang IT. Selain itu, mengurus sistem yang berjalan akan membutuhkan banyak fokus yang seharusnya dapat Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar.

Menggunakan cloud akan membantu Anda dalam mengelola, memperbaiki, mengamankan sistem yang berisi data-data berharga. Jika dahulu Anda sering kehilangan data karena data terhapus atau komputer rusak, sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir karena cloud storage yang menyimpan data Anda.

Kapasitas penyimpanan cloud storage sangat besar sehingga Anda dapat menyimpan banyak data-data penting Anda. Layanannya yang berbasis online memampukan Anda untuk mengakses dan mengunduh data Anda dimana saja dan kapan saja dengan perangkat apa pun selama memiliki jaringan internet.

Layanan Cloud lebih teruji dan cepat update. Karena banyaknya pengguna layanan cloud, maka pengujian sistem dilakukan berulang-ulang sehingga tingkat kesalahan lebih kecil. Jika terjadi kesalahan dalam sistem, tim layanan cloud akan segera membereskan masalahnya sehingga Anda dapat kembali usaha Anda dapat kembali normal. Selain itu, layanan cloud juga membuka kesempatan untuk mencoba fitur baru mereka. Biasanya fitur-fitur baru tersebut akan semakin memudahkan Anda dalam menjalankan usaha.

Strategi

Layanan cloud accounting membantu menangani program Anda sehingga Anda tidak perlu memikirkan strategi yang tepat untuk melakukannya. Sistem dan program yang user friendly telah disediakan oleh layanan cloud sehingga tingkat keluhan pelanggan semakin kecil. Jika mengalami kesulitan dalam menjalankan aplikasi, Anda dapat menghubungi tim support untuk berkonsultasi.

Strategi marketing atau strategi bisnis lainnya dapat dibuat dengan layanan cloud. Cloud Computing telah membawa Anda memasuki dunia digital dimana segala sesuatu dapat diakses hanya dengan sekali klik pada layar smartphone Anda saja. Tipe pemasaran via online terbukti lebih disukai pelanggan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tinggi untuk promosi atau campaign.

Manfaat Cloud

Teknologi cloud computing memberikan beberapa manfaat bagi entrepreneur muda. Berikut ini merupakan manfaat-manfaat tersebut:

Meningkatkan Produktivitas

Layanan cloud berperan besar dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Tidak perlu lagi ada kertas-kertas berceceran di kantor karena pegawai Anda dapat bekerja melalui media elektronik. Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengelola data besar (big data) Anda. Biasanya diperlukan waktu beberapa minggu bagi seorang spesialis untuk melakukan analisis database perusahaan. Namun dengan tools yang disediakan cloud, Anda dapat menyusun data-data besar yang berantakan tersebut dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu fokus pada bisnis tanpa memikirkan biaya IT untuk pengelolaan sistem.

Cloud merupakan media kolaborasi tim yang baik. Segala pekerjaan dapat dilakukan bersama-sama dengan cloud. Anda dapat melakukan document sharing dan mengoreksi satu dokumen bersama-sama meskipun di tempat yang berbeda. Dengan demikian, teamwork dapat terealisasikan dan produktivitas karyawan meningkat. Teamwork menjadi lebih efektif dan pekerjaan cepat selesai.

Mempersingkat Waktu Anda

Anda tidak perlu lagi berkonsentrasi terhadap hal-hal kecil yang mendetail karena Cloud akan melakukannya untuk Anda. Saat ini banyak perusahaan berbasis cloud yang menawarkan jasa mereka di berbagai bidang. Contohnya adalah Jurnal.id, perusahaan software akuntansi berbasis cloud dengan fitur program stok barang yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual yang membutuhkan waktu berhari-hari. Kapanpun dan dimanapun Anda membutuhkan data laporan, Anda dapat mengaksesnya selama tersedia jaringan internet. Dengan demikian Anda dapat fokus untuk menjalankan bisnis Anda.

Memperluas Pasar

Layanan Cloud meningkatkan daya saing Anda di dunia internasional. Sistem komputasi cloud beroperasi di berbagai wilayah di waktu yang berbeda. Keluasan jaringannya memudahkan Anda untuk menjangkau, mengakses, dan berinteraksi dengan pelanggan sehingga Anda dapat memahami pelanggan Anda dan kebutuhan mereka. Anda dapat menganalisa aktivitas pasar dan merancang strategi yang tepat untuk target Anda. Pengetahuan yang mendalam mengenai target pasar membuat Anda dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya dengan biaya yang relatif rendah tanpa menurunkan kualitas.

Kolaborasi Ekonomi

Teknologi cloud memungkinkan terjadinya kolaborasi ekonomi. Perkembangan teknologi dan sistem informasi akan mempengaruhi bisnis Anda. Saat ini Anda dapat menggabungkan software yang Anda gunakan dan sistem perusahaan dengan mudah. Dengan demikian, sistem Anda akan semakin up to date dan Anda dapat mengoperasikannya bersama dengan rekan bisnis Anda.

Sekarang Anda telah mengetahui keunggulan dan manfaat cloud bagi usaha Anda. Sudahkah Anda menggunakannya?

Read More: 3 Alasan Untuk Menggunakan Software Berbasis Cloud


Ditulis Oleh <br/<>Jurnal.id
Jurnal.id Website
Sign Up to Jurnal

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo