Kelebihan Dan Kekurangan Strategi Buzz Marketing dalam Penjualan

Apa kelebihan dan kekurangan Strategi Buzz Marketing dalam penjualan? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini!

Buzz dalam bahasa Indonesia sendiri memiliki arti “dengung” seperti yang dihasilkan lebah.

Sedangkan marketing adalah salah strategi dari bisnis yang tujuannya untuk mencari, mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar tetap bisa menguasai pasar.

Jadi arti atau pengertian buzz marketing adalah salah satu teknik pemasaran dengan cara mem-viral-kan produk atau jasa agar lebih dikenal banyak orang dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari hasil penjualan yang meningkat.

Bagaimana Buzz Marketing Bisa Terjadi?


Buzz marketing tidak mungkin bisa terjadi dengan sendirinya, pasti ada teknik yang digunakan untuk menciptakannya.

Kunci utamanya adalah apakah produk atau jasa yang Anda miliki bisa menarik konsumen sehingga banyak orang yang membicarakannya?

Kurang lebih seperti itulah kunci utama dalam menciptakan jenis strategi marketing ini.

Lalu tentu saja agar strategi ini bisa terjadi, juga tergantung dari produk atau jasa yang Anda miliki.

Artinya Anda harus memiliki produk atau jasa yang beda dan belum ada yang sama, memiliki keunikan tersendiri, dan bagus dari segi produk atau jasa sehingga banyak orang yang tertarik.

Untuk bisa melakukan buzz marketing pada produk atau jasa yang biasa-biasa saja tentunya akan lebih susah.

Karena tidak ada nilai yang bisa dijual untuk menjadikannya menjadi viral di kalangan masyarakat.

Selain dari produk, untuk bisa melakukan trik marketing ini juga bisa dari cara marketingnya.

Di mana, Anda harus membuat strategi marketing yang menarik, sehingga banyak orang yang akan melihatnya dan produk Anda bisa dikenal semua kalangan.

Pasti berbeda hasilnya pada marketing produk atau jasa yang biasa-biasa saja, orang akan lebih malas melihatnya.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa dari teknik buzz marketing semua itu ada kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

Di bawah ini akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan buzz marketing.

Kelebihan Buzz Marketing

a. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat strategi offline atau digital marketing ini tergolong murah.

b. Penggunaan cara marketing ini disebut lebih mudah menaikkan nama brand.

c. Ketika strategi ini sukses, akan menjadikan produk atau jasa lebih mudah dikenal orang, sehingga penjualan bisa meningkat.

d. Dengan Internet, strategi marketing ini akan lebih mudah terjadi.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Kekurangan Buzz Marketing

Kelebihan Dan Kekurangan Strategi Buzz Marketing dalam Penjualan

a. Buzz marketing masih memiliki ketergantungan pada triggers atau pemicu agar bisa menjadi viral.

b. Sulit untuk melakukan kendali apakah iklan sesuai target ataukah tidak.

c. Perlu melakukan beberapa tes agar iklan bisa menjadi viral di masyarakat.

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik penjualan dengan strategi buzz marketing.

Tetapi perlu dicatat bahwa jika Anda menggunakan teknik buzz marketing untuk meledakan penjualan.

Maka Anda juga harus mengimbanginya dengan produk atau jasa yang dijual haruslah baik, jangan sampai sudah terlanjur menjadi viral kemudian produk atau jasa yang Anda jual buruk.

Maka berita tentang kejelekan produk Anda juga akan mudah menyebar, sehingga reputasi bisnis Anda menjadi jelek.

Selain itu, untuk menjalankan buzz marketing, Anda juga perlu melihat dan mengelola keuangan bisnis Anda.

Gunakan Aplikasi Mekari Jurnal Untuk Bantu Kelola Keuangan

Coba fitur laporan keuangan dan bisnis untuk kepurusan bisnis lebih cepat dan akurat

Baik, Saya Mau Coba Fitur Laporan Keuangan Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software aplikasi keuangan.

Jurnal adalah software akuntansi terbaik  yang juga memiliki fitur  aplikasi stock barang untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah, cepat dan aman.

Oleh karena itu manfaatkan segera aplikasi penjualan barang dari Jurnal untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru.

Kategori : BisnisMarketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo