Anggaran adalah suatu rencana perusahaan yang disusun secara tertata dan dijelaskan dalam satuan unit moneter pada periode waktu yang sudah ditentukan. Anggaran dalam perusahaan biasanya digunakan untuk mengendalikan, mengawasi, dan mengestimasi keuangan perusahaan. Anggaran biasanya disusun pada awal periode atau sebelumnya untuk jangka waktu satu tahun atau lebih.

Suatu bisnis atau perusahaan wajib memiliki perencanaan anggaran, baik perusahaan jasa, manufaktur, dagang, atau jenis perusahaan lainnya. Umumnya, jenis anggaran yang dibuat sama. Namun, ada beberapa jenis anggaran yang dibuat berbeda. Misalnya, pada perusahaan dagang tidak ada anggaran untuk bahan baku, sementara pada perusahaan manufaktur ada anggaran untuk bahan baku. Perbedaan ini dibuat berdasarkan kegiatan utama dari suatu perusahaan atau industri. Lalu apa saja jenis-jenis anggaran yang ada atau harus dibuat oleh perusahaan jasa? Berikut ini merupakan jenis anggaran yang ada pada perusahaan jasa.

Anggaran Penjualan

Secara definisi, anggaran penjualan adalah suatu anggaran berisi informasi secara detail tentang penjualan perusahaan untuk masa yang akan datang. Didalamnya terdapat informasi seperti jenis barang, jumlah, harga, waktu, dan tempat penjualan. Anggaran penjualan merupakan anggaran yang sangat penting karena merupakan dasar untuk menyusun jenis anggaran lainnya.

Anggaran Tenaga Kerja Langsung

Anggaran ini berisi informasi mengenai taksiran biaya tenaga kerja langsung selama satu periode anggaran. Anggaran tenaga kerja langsung juga merupakan dasar untuk menyusun anggaran kas dan anggaran laba rugi. Untuk menyusun anggaran ini, biasanya menggunakan dua perhitungan dasar yaitu upah per jam dan upah unit per produk.

Anggaran Biaya Overhead Pabrik

Seperti halnya anggaran tenaga kerja langsung, anggaran biaya overhead pabrik juga menjadi dasar untuk menyusun anggaran kas dan anggaran laba rugi. Anggaran overhead pabrik menjelaskan taksiran atau perkiraan biaya overhead pabrik selama satu periode kedepan.

Anggaran Pengeluaran Modal

Anggaran pengeluaran modal adalah anggaran berupa informasi rencana perubahan aktiva tetap perusahaan selama periode anggaran. Anggaran ini dibuat berdasarkan anggaran penjualan. Anggaran pengeluaran modal biasanya dijadikan dasar untuk membuat anggaran kas, anggaran overhead pabrik, dan anggaran biaya non produksi.

Anggaran Kas

Anggaran kas merupakan perkiraan sumber penerimaan dan penggunaan kas selama satu periode. Anggaran kas dapat dibuat menggunakan informasi dari anggaran operasi dan anggaran pengeluaran modal. Karena kas merupakan salah satu aset penting untuk perusahaan, maka menyusun atau membuat anggaran kas adalah hal yang penting. Dengan membuat anggaran kas maka artinya perusahaan menjaga likuiditasnya.

Anggaran Laba Rugi

Anggaran laba rugi berisi informasi mengenai jumlah laba yang ingin dicapai oleh perusahaan atau rugi yang ditanggung perusahaan selama satu periode anggaran. Untuk membuat anggaran laba rugi, Anda dapat menggunakan dasar informasi dari anggaran operasi, penjualan, biaya operasional, biaya overhead.

Anggaran Neraca

Anggaran neraca menjelaskan rencana posisi keuangan seperti aktiva, utang, dan modal perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran. Untuk membuat anggaran neraca, Anda membutuhkan informasi dari anggaran kas dan anggaran laba rugi. Selanjutnya, anggaran neraca nantinya akan digunakan untuk menyusun anggaran posisi keuangan perusahaan.

Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Seperti namanya, anggaran perubahan posisi keuangan menjelaskan tentang rencana perubahan aktiva, modal, utang selama periode anggaran. Anggaran perubahan posisi keuangan berbeda dengan anggaran neraca, di mana anggaran ini menekankan informasi mengenai perubahannya.

Itulah beberapa jenis anggaran yang ada pada perusahaan jasa. Sebuah anggaran akan mudah dibuat jika didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik. Sehingga hasil dari kegiatan penganggaran akan akurat dan mendekati dengan realitas. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Jurnal juga dilengkapi dengan fitur Manajemen Anggaran yang mempermudah Anda membuat anggaran keuangan bisnis, serta membandingkannya dengan transaksi rill yang dapat Anda lihat dalam Laporan Anggaran Laba-Rugi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.