Perbedaan Sistem Akuntansi Pembelian dan Penjualan Pembelian dan penjualan adalah kegiatan utama bisnis dengan sistem akuntansi yang berbeda. Karena menjadi kegiatan utama, biasanya perusahaan akan memiliki staf bagian khusus dalam menangani tugas transaksi pembelian maupun penjualan. Kotler (2009) mendefinisikan penjualan dan pembelian sebagai proses transaksi antara penjual yang menawarkan produk atau jasa dengan cara membimbing calon pembeli agar mendapatkan produk atau jasa sesuai kebutuhan mereka. Maka dari itu, proses transaksi ini sangat penting untuk meningkatkan skala bisnis. Jika bisnis masih terbilang kecil, perusahaan biasanya akan menjadikan salah satu stafnya memegang 2 tugas sekaligus, yaitu menangani kegiatan pembelian dan penjualan. Sedangkan, jika bisnis tersebut telah terbilang besar atau menengah, tugas bagian pembelian akan dibedakan dengan tugas bagian penjualan. Tahukah Anda kalau software akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Bedanya Tugas Akuntansi Bagian Pembelian & Penjualan Berikut adalah perbedaaan antara staff yang menangani tugas akuntansi bagian sistem penjualan dan pembelian: Tugas Bagian Sistem Pembelian Melakukan pembelian atas seluruh kebutuhan perusahaan untuk membantu dan memenuhi kegiatan operasional. Mencari dan menganalisa calon supplier sesuai dengan material barang yang dibutuhkan. Melakukan negosiasi harga sesuai standar kualitas. Memastikan pengiriman material sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Melakukan koordinasi kepada supplier mengenai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Memastikan material atau barang yang dibeli sesuai dengan standar kualitas yang berlaku. Berkoordinasi dengan PPIC (Production Planning Inventory Control) dan gudang tentang jadwal dan jumlah barang yang akan dipesan. Membuat laporan pembelian dan pengeluaran barang. Melakukan pengelolaan pengadaan barang melalui perencanaan yang sistematis dan terkontrol. Memilih dan menyeleksi supplier sesuai kriteria perusahaan. Bekerja sama dengan departemen terkait untuk memastikan kegiatan operasional berjalan dengan lancar Memastikan kesediaan barang melalui mekanisme audit, stok kontrol, dan lain sebagainya. Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Tugas Bagian Sistem Penjualan Melakukan penjualan dengan mencari klien atau pelanggan dengan aktif untuk mendapatkan pendapatan perusahaan. Melakukan analisa pelanggan untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan mereka. Menjalin komunikasi kepada pelanggan untuk menjaga hubungan baik. Mengatur dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan administrasi penjualan seperti membuat faktur atau invoice, delivery order, dan pekerjaan administrasi lainnya di bidang pemesanan. Menyusun laporan penjualan dan membuat statistik penjualan berdasarkan angka-angka yang diperoleh. Mengumpulkan dokumen dan catatan yang diperlukan bagian penjualan. Memberikan informasi tentang ketersedian stok, rencana pengiriman. Mengawasi pelaksanaan pemesanan ke pusat sesuai dengan rencana pemesanan yang telah disetujui. Melacak pesanan sampai dengan realisasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Membuat dan menyerahkan laporan pemesanan dan penjualan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kendali penuh stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan aplikasi inventory barang terbaik dari Mekari Jurnal Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Fungsi Sistem Akuntansi Pembelian & Penjualan Berikut adalah fungsi dari sistem akuntansi pembelian dan penjualan: Fungsi Akuntansi Sistem Pembelian Fungsi Gudang: Bertanggung jawab untuk mengajukan permintaan pembelian sesuai dengan persediaan yang ada pada gudang. Lihat aplikasi gudang membantu akuntansi bisnis disini. Fungsi Pembelian: Bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga, menentukan supplier yang dipilih, dan mengeluarkan faktur pembelian. Fungsi Penerimaan: Bertanggung jawab untuk memeriksa jenis, mutu, dan kualitas barang yang diterima dari supplier, serta bertanggung jawab menerima barang dari transaksi retur penjualan. Fungsi Akuntansi: Bertanggung jawab untuk melakukan pencatatan harga pokok persediaan yang dibeli ke dalam kartu persediaan. Serta, bertanggung jawab menyimpan bukti kas keluar yang berfungsi sebagai catatan utang. Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Fungsi Akuntansi Sistem Penjualan Fungsi Kas: Bertanggung jawab sebagai penerima kas dari pembeli atau pelanggan. Fungsi Gudang: Bertanggung jawab dalam menyediakan barang yang diperlukan pelanggan sesuai dengan yang tercantum dalam tembusan faktur penjualan yang diterima. Fungsi Pengiriman: Bertanggung jawab menyerahkan barang dengan kualitas, mutu, dan spesifikasi sesuai dengan yang tercantum pada faktur (invoice) penjualan. Fungsi Akuntansi: Bertanggung jawab dalam pencatatan transaksi penjualan dan penerimaan kas, serta pembuatan laporan penjualan. Baca juga : Apa Itu Purchase Order? Yuk, Cari Tahu Fungsinya! Mengatur Fungsi Pembelian dan Penjualan dengan Sistem Akuntansi Mekari Jurnal Dengan menggunakan Mekari Jurnal sebagai software akuntansi online, Anda dapat memisahkan tugas dari masing-masing bagian penjualan dan pembelian. Pada roles penjualan dan pembelian, Mekari Jurnal membaginya ke dalam 3 bagian yaitu: Penagihan & Retur Jika Anda diberikan akses untuk penagihan dan retur saja, Anda dapat melakukan beberapa fungsi akuntansi dalam Mekari Jurnal seperti: Melihat daftar faktur, pengiriman (E), pemesanan (E) dan penawaran (E) penjualan/pembelian. Membuat penagihan dari pemesanan dan penawaran penjualan. Membuat penagihan dari pemesanan dan penawaran pembelian. Membuat penagihan penjualan baru dan penagihan pembelian baru. Membuat retur penjualan, dan retur pembelian. Baca juga : Apa yang Dimaksud Harga Pokok Penjualan (HPP) Baca juga : Purchase Order (PO): Pengertian, Fungsi, dan Contohnya Pemesanan & Penawaran Jika Anda diberikan akses untuk pemesanan dan penawaran, Anda dapat melakukan beberapa fungsi akuntansi dalam Mekari Jurnal seperti: Membuat pemesanan dan penawaran penjualan baru dan pembelian baru. Membuat pemesanan dari penawaran penjualan dan penawaran pembelian. Baca juga: Fungsi & Tugas Personalia dalam Kegiatan Operasional Bisnis Pembayaran Jika Anda diberikan akses untuk pembayaran, Anda dapat melakukan beberapa fungsi akuntansi dalam Mekari Jurnal seperti: Melakukan pelunasan faktur penjualan dan pembelian. Melakukan pelunasan pemesanan penjualan dan pembelian. Membuat dan mengembalikan credit memo dari pelanggan/supplier. Menggunakan credit memo untuk melunasi penjualan/pembelian. Pengelolaan sistem akuntansi pembelian dan penjualan tentu sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Kini Anda dapat melakukan ini dengan mudah dengan menggunakan proses otomatisasi. Mekari Jurnal software akuntansi, sebagai salah satu platform penyedia layanan akuntansi online yang dapat memenuhi hal tersebut. Pelajari juga bagaimana enterprise software dapat membantu pekerjaan Anda. Dengan memilih menggunakan aplikasi pengelola keuangan Mekari Jurnal sebagai dukungan dalam mengelola pencatatan keuangan usaha, maka secara tidak langsung pengelolaan pembukuan perusahaan Anda akan tertata dengan rapi dan kredibel yang dapat digunakan dengan efektif. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Referensi: Philip Kotler, (2009), Marketing Management.