Jurnal Enterpreneur

Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi

Apakah Anda tahu tentang fungsi permintaan? Bagaimana dengan fungsi penawaran? Atau bahkan dalam Akuntansi, tahukan Anda mengenai fungsi permintaan dan penawaran? Semuanya akan dibahas secara detail di blog Jurnal By Mekari ini.

Fungsi permintaan adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara kuantitas barang atau jasa yang diminta oleh konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut.

Fungsinya juga menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mepengaruhinya.

Dalam Akuntansi, Apakah Fungsi Permintaan Dan Penawaran? Begini Penjelasannya!

Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya secara detail dan lengkap mengenai permintaan dan penawaran dalam Akuntansi dibawah ini.

Pengertian Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan adalah merupakan kajian matematis yang digunakan untuk menganalisa perilaku konsumen dan harga barang atau jasa tersebut.

Fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya

Yaitu apabila harga suatu barang naik, maka permintaan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat.

Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.

Faktor yang Memengaruhi Permintaan Juga Fungsi Permintaan

Apa Anda cari tahu tentang fungsi permintaan adalah? Fungsi penawaran adalah? Atau bahkan dalam Akuntansi, fungsi permintaan dan Penawaran adalah? Semuanya akan dibahas secara detail di blog Jurnal By Mekari ini.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan yaitu perilaku konsumen, ketersediaan barang, pendapatan konsumen, dan prediksi harga di masa depan.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat dengan Jurnal

Berikut masing-masing penjelasannya.

Perilaku Konsumen

Seperti sekarang ini, smartphone menjadi kebutuhan teknologi yang paling dicari.

Akan tetapi berapa tahun berikutnya belum tentu smartphone menjadi barang tren lagi dan bisa diganti dengan teknologi lain.

Ketersediaan & Harga Barang Sejenis Pengganti dan Pelengkap

Salah satu contohnya adalah jika roti tawar tidak ada atau mungkin harganya menjadi semakin mahal maka barang seperti meses, selai, dan margarin akan turun permintaannya.

Atau jika misalnya muncul barang pengganti juga akan mempengaruhi barang lainnya.

Karena itu, salah satu fungsi permintaan adalah untuk melihat trend ketersediaan harga barang.

Pendapatan atau Penghasilan Konsumen

Orang yang punya gaji dan tunjangan besar maka ia akan dapat membeli banyak barang yang diinginkannya.

Tetapi jika pendapatannya rendah maka ia akan menghemat semua pemakaian barang agar tidak terlalu sering membelinya.

Perkiraan Harga di Masa Depan

Jika ada barang yang diperkirakan akan naik harganya maka orang akan cenderung membeli dan menimbunnya pada saat harga barang itu masih rendah.

Contohnya, beras, BBM, dan beberapa barang lain yang diperlukan konsumen.

Karena itu biasanya salah satu fungsi permintaan adalah untuk memperkirakan harga suatu barang di masa depan.

Banyaknya atau Intensitas Kebutuhan Konsumen

Salah satu kasus adalah pada saat flu burung dan flu babi menjadi sorotan masyarakat, maka produk masker pelindung akan sangat laris.

Tanpa dilakukan strategi pemasaran pun, dalam kondisi seperti ini permintaan pasti tetap tinggi.

Pengertian Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran adalah suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang atau jasa yang ada di pasar dengan kuantitas penawaran yang ditawarkan oleh seorang produsen.

Fungsi penawaran adalah digunakan oleh produsen dengan tujuan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan banyaknya barang yang akan diproduksi.

Fungsi permintaan adalah mengikutin hukum permintaan, namun fungsi penawaran akan mengikuti hukum penawaran.

Bila harga barang naik, dengan asumsi cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap), maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik.

Lalu sebaliknya, apabila harga barang menurun jumlah barang yang ditawarkan juga menurun.

Jadi, dalam fungsi penawaran antara harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen memiliki hubungan positif, karenanya gradien (b) dari fungsi penawaran selalu positif.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi

Faktor -Faktor yang Memengaruhi Penawaran Juga Fungsi Penawaran

Ada beberapa faktor yang memengaruhi penawaran. Diantaranya adalah biaya produksi, tujuan perusahaan, pajak, ketersediaan barang, dan prediksi harga di masa depan.

Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

Biaya Produksi & Teknologi yang Digunakan

Jika biaya pembuatan/produksi sangat tinggi, maka produsen akan membuat produk lebih sedikit namun dengan harga jual yang lebih mahal.

Karena disini produsen tidak mampu bersaing dengan barang yang sejenis dan takut produknya tidak laku terjual.

Tujuan Perusahaan

Pada perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented), perusahaan tersebut akan menjual produknya dengan margin keuntungan yang besar sehingga harga jual menjadi tinggi.

Jika perusahaan ingin produknya laris dengan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah.

Dan dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

Pajak Yang Juga Mempengaruhi Fungsi Permintaan

Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual menjadi lebih tinggi sehingga perusahaan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

Pajak ini juga bisa mempengaruhi fungsi permintaan seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Ketersediaan & Harga Barang Pengganti/Pelengkap

Jika di pasar ada produk pesaing sejenis yang harganya lebih murah, maka konsumen akan beralih ke produk yang harganya lebih murah tersebut.

Sehingga disini akan terjadi penurunan permintaan dan akhirnya penawaran pun dikurangi.

Prediksi atau Perkiraan Harga di Masa Depan

Ketika harga jual naik di masa mendatang, perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi.

Dengan harapan bisa menawarkan atau menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

Mengelola Fungsi Permintaan Dan Penawaran Dalam Perusahaan

Fungsi permintaan dan penawaran dalam perusahaan harus dijalankan dengan baik untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Hal tersebut merupakan bagian dari perusahaan agar perusahaan tidakmengalami kerugian yang juga akan berdampak panjang pada kondisi perusahaan.

Untuk itu, Anda juga perlu menyiapkan laporan keuangan yang terperinci.

Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah menggunakan software akuntansi, seperti software akuntansi bisnis ritel.

Jurnal adalah software akuntansi online yang bisa Anda gunakan untuk menjalankannya dengan mudah, cepat, dan realtime melalui aplikasi accounting yang terpercaya.

Nah, tentunya sekarang Anda sudah bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut dibawah ini:

  • Apakah arti fungsi permintaan?
  • Apakah arti fungsi penawaran?
  • Dalam Akuntansi, apakah arti fungsi permintaan dan penawaran?

Kalau merasa informasi ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke teman atau kerabat Anda yang mungkin memerlukannya.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo