Fungsi & Tugas Personalia dalam Kegiatan Operasional Bisnis

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, fungsi manajemen personalia sangat dibutuhkan untuk membantu pengeloaan perusahaan dengan baik. Di mana, dengan pengelolaan yang baik, perusahaan akan lebih mudah berkembang. Personalia dalam sebuah institusi atau perusahaan adalah hal penting karena mengurus keanggotaan atau karyawan yang ada di dalamnya. Lalu, apa itu personalia? Apa yang membedakan dengan Pengelola Sumber Daya Manusia atau HRD?

Apa itu Personalia?

Hampir semua orang masih kesulitan membedakan personalia dengan HRD. Sebenarnya tidak ada perbedaan di antara keduanya, sama-sama ngurusin pegawai, hal yang membedakan adalah tugas pokok. Jika seorang HRD bersentuhan langsung dengan karyawan, maka personalia lebih berfokus pada hal-hal administratif.

Personalia adalah departemen yang bertugas melaksanakan serangkaian kegiatan pengelolaan SDM pada hal-hal yang terkait administratif guna mengatur hubungan kerja antara perusahaan dan karyawannya, misalnya penggajian, dokumen pendukung karyawan seperti paklaring, surat pengunduran diri, pemecatan, dan juga data absensi.

Baca juga: Pantau Keuangan Bisnis dari Rumah Dengan Software Akuntansi

Fungsi Personalia

Manajemen personalia memiliki fungsi dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya. fungsi-fungsi tersebut menggambarkan tugas-tugas seorang personalia. Berikut fungsi-fungsinya;

Pengadaan

Fungsi pertama manajemen personalia adalah menyediakan karyawan atau sumber daya manusia dalam jumlah tertentu dengan berbagai keahlian yang dibutuhkan sesuai kebutuhan perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Tujuan tersebut menyangkut suatu masalah pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi serta juga penempatan kerja.

Pengembangan

Manajemen personalia juga dapat membantu meningkatkan keahlian serta keterampilan tenaga kerja melalui tahap pendidikan serta pelatihan. Biasanya hal tersebut dilakukan pada saat terdapat tenaga kerja yang baru, sebab kebanyakan dari mereka merupakan tenaga kerja yang masih belum siap pakai.

Pemberian Kompensasi

Manajemen personalia dapat memberi penghargaan yang adil dan layak bagi karyawan sesuai dengan peran dan pencapaian karyawan dalam perusahaan. Pemberian kompensasi terhadap karyawan ini bisa bersifat finansial seperti kenaikan gaji maupun non finansial berupa tunjangan-tunjangan seperti tunjangan kesehatan.

Pengintegrasian

Yang dimaksud dengan integrasi pada fungsi ini yaitu penyesuaian antara perbedaan kepentingan perusahaan dengan pegawai secara individu agar dapat bekerja sama secara harmonis dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pemeliharaan

Pemeliharaan karyawan berhubungan dengan usaha-usaha demi mempertahankan keberlangsungan dari kondisi kerja yang telah efektif melalui kelima fungsi manajemen personalia. Umumnya terdapat dua hal yang harus dipertahankan yaitu sikap positif pegawai terhadap tugas yang diberikan serta melalui proses komunikasi yang baik pada organisasi, Selain itu juga dengan mempertahankan kondisi fisik para pegawai melalui program kesehatan dan keamanan.

Baca juga: Ketahui Komponen Gaji Karyawan dan Cara Menghitungnya

Tugas Personalia

Fungsi-fungsi personalia kemudian dirumuskan menjadi tugas-tugas pokok seorang personalia. KOleh karena bagian personalia berhubungan secara langsung dengan semua hal yang menyangkut karyawan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, maka tugas bagian manajemen personalia meliputi;

  1. Menyusun anggaran tenaga kerja yang diperlukan;
  2. Membuat job analysis, job description, dan job spesification;
  3. Menentukan dan memberikan sumber-sumber tenaga kerja;
  4. Mengurus dan mengembangkan karyawan;
  5. Mengurus dan melaksanakan rekrutmen dan seleksi tenaga kerja;
  6. Mengurus soal-soal pemberhentian (pensiun, PHK, resign);
  7. Mengurus soal-soal kesejahteraan.

Dikarenakan adanya kewajiban atau tugas dari bagian personalia untuk menangani masalah kesejahteraan dan menentukan anggaran yang terkait dengan karyawan, maka ada baiknya sebuah perusahaan memiliki sistem akuntansi yang terhubung secara langsung dengan berbagai pihak sehingga memudahkan pemilik usaha dan bagian personalia untuk mengambil keputusan menyangkut anggaran keuangan bagi karyawan.

Software akuntansi online, Jurnal merupakan sistem akuntansi yang dapat membantu Anda terintegrasi dengan berbagai macam laporan sehingga dapat lebih mudah dalam melihat kondisi keuangan perusahaan. Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara lengkap dari laporan stok barang, pencatatan biaya yang juga dapat membantu manajemen personalia untuk menentukan ketersediaan dana bagi pembayaran kesejahteraan karyawan maupun kenaikan gaji. Jurnal memudahkan segala keperluan akuntansi usaha Anda. Untuk mendapatkan free trial selama 14 hari dan informasi lebih lengkap, bisa Anda dapatkan di sini.


PUBLISHED09 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami


Kategori : Bisnis