Jurnal Enterpreneur

Credit Note: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Bagi suatu bisnis, penting untuk memiliki dokumen tertulis sebagai bukti dari transaksi bisnis yang dibuat. Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan pelacakan transaksi bisnis. Nota kredit (credit note) atau memo kredit adalah salah satu dokumen yang memiliki pengertian dan fungsi dalam retur atau pengembalian barang.

Dengan ini bisnis dapat menghindari kesalahan-kesalahan teknis dalam kegiatan operasi bisnis dan transaksi penjualan.

Jenis- jenis dokumen tersebut adalah faktur, nota promes, dan atau nota kredit (credit note).

Dalam artikel ini, Anda akan melihat definisi, manfaat, tujuan, dan contoh nota kredit dalam suatu transaksi bisnis.

Pastikan Anda Sudah Menggunakan Jurnal, Software Akuntansi Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Itu Nota Kredit (Credit Note)?

Pengertian nota kredit atau memo kredit adalah berkas atau dokumen yang membuktikan terjadi pengurangan piutang usaha karena adanya pengembalian barang dagangan dikarenakan penurunan harga.

Hal ini disebabkan karena kerusakan kualitas barang yang dikirim dengan yang dipesan atau karena pengembalian barang dagangan.

Memo kredit ini dibuat dan ditandatangani oleh penjual serta memiliki fungsi bagi penjual untuk mengurangi piutang usaha yang akan ditagihkan kepada pembeli.

Sama seperti halnya nota debit, nota kredit umumnya terdiri dari dua rangkap. Lembar pertama (dokumen asli) diberikan kepada pembeli, sementara lembar lainnya akan disimpan penjual.

Nota kredit atau memo kredit adalah dokumen yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli untuk mengkredit barang yang telah dikembalikan oleh pembeli.

Baca juga: Contoh Nota Kosong, Download Di Sini Yuk!

Sebagian besar catatan kredit dalam format PDF digunakan ketika terdapat kerusakan pada barang yang dikirim ke pelanggan.

Kasus lainnya mungkin karena kesalahan dalam jumlah atau jenis barang yang tidak sesuai dengan Purchase Order (PO) dari pembeli.

Anda dapat mengeluarkan nota kredit kepada pelanggan Anda karena:

  • Pelanggan mengembalikan barang atau menolak layanan karena sejumlah alasan
  • Terdapat kelebihan pembayaran pada faktur asli
  • Terjadi kesalahan harga pada faktur asli
  • Barang mengalama kerusakan selama transit

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Format Nota Kredit (Credit Note) Secara Umum Adalah

pengertian memo atau nota kredit atau credit note adalah

Sejatinya, setiap perusahaan atau bisnis bisa membuat template atau format credit note secara bebas sesuai kebutuhan mereka.

Namun, berikut adalah bentuk format yang biasa digunakan untuk membuat nota kredit (credit note) secara umum:

  • Terdapat kolom informasi produk, jumlah, harga yang dikembalikan dan disepakati oleh kedua pihak dan dinyatakan dengan jelas.
  • Nota kredit setidaknya harus memiliki Nomor Pesanan untuk tujuan pelacakan (tracking).
  • Tanggal, faktur tagihan, dan alamat pengiriman juga harus ada dalam Nota Kredit.
  • Dan juga penting untuk membubuhkan ketentuan pembayaran yang dinyatakan secara jelas untuk menghindari permasalahan lebih lanjut.

Baca juga: Gunakan Letter of Credit untuk Transaksi Perdagangan

Tujuan dan Manfaat Pembuatan Credit Note Adalah

Dalam dunia bisnis, penting untuk mencatat dokumentasi dari semua transaksi bisnis yang telah dilakukan.

Tidak seperti faktur atau kartu ucapan terima kasih, memo kredit dibuat untuk mengoreksi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi dari proses penjualan.

Seperti kelebihan atau kekurangan dari pengiriman barang kepada pembeli dan kerusakan barang ketika barang sampai di tangan pembeli.

Nota kredit menginformasikan secara formal dan tertib atas kesalahan yang dilakukan penjual. Dengan memanfaatkan kegunaan

Nota kredit, diharapkan catatan akuntansi bisnis bersih dari segala kesalahan dan laporan keuangan bisa terbuat secara reliabel.

Baca juga: 6 Aplikasi Nota Online Jadikan Bisnis Lebih Mudah!

Dengan menggunakan nota kredit juga menunjukkan kepada pembeli bahwa bisnis Anda bertanggung jawab secara penuh atas kesalahan yang dilakukan.

Dengan menggunakan nota kredit akan membantu bisnis dalam melacak kesalahan penjualan yang terjadi.

Tetapi apa manfaat lain yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan nota kredit? Penggunaan memo kredit dapat menguntungkan bisnis dalam banyak aspek.

Berikut adalah manfaat-manfaat dari penggunaan nota kredit:

  • Bisnis dapat mempertahankan hubungan yang baik dengan klien atau pelanggan mereka.
  • Meningkatkan kinerja operasional bisnis secara menyeluruh dengan memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.
  • Menyelamatkan bisnis dari kemungkinan konflik atau masalah teknis yang berpotensi timbul.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Contoh Nota Kredit (Credit Note)

Secara umum, berikut adalah contoh nota kredit yang biasa digunakan dalam dunia bisnis:

Membuat Kredit Memo Melalui Software Akuntansi Jurnal

Bisnis atau perusahaan yang memanfaatkan credit note bisa dipastikan mempunyai sistem perdagangan dan akuntansi yang baik.

Dengan dibantu Software Akuntansi, sistem pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis Anda akan semakin optimal. Anda bisa mencoba menggunakan Software Akuntansi Online Jurnal by Mekari.

Cara membuat kredit memo menggunakan Jurnal adalah: 

Misalkan, pada tanggal 27 April 2017, pelanggan Anda bernama PT Holastica menitipkan sejumlah uang atau deposit kepada Anda sebesar Rp 500.000 via transfer Bank BCA. Uang ini nantinya akan digunakan sebagai pelunasan terhadap pembelian PT Holastica untuk sparepart.

Maka, Anda dapat mencatat deposit ini dengan cara:

1. Masuk ke menu Kontak;

2. Klik nama pelanggan ‘PT Holastica’;

3. Pada kanan atas halaman detil pelanggan, klik “Buat Transaksi” > “Kredit Memo”;

4. Pilih tanggal transaksi ’27/08/2018′;

5. Pada kolom Setor Ke, pilih akun ‘Bank BCA’;

6. Isikan nominal kredit memo sebesar ‘Rp 500.000’;

7. Klik “Buat Credit Memo” untuk menyimpan;

cara membuat nota kredit jurnal

8. Setelah disimpan, bila Anda klik tombol “Tindakan”, ada 2 pilihan, yaitu “Pengembalian Kredit Memo” dan “Gunakan Kredit Memo”;

pengertian memo atau nota kredit atau credit note adalah

  • Pengembalian Kredit Memo adalah pelunasan terhadap faktur penjualan dari PT Holastica (jika faktur penjualan sudah dibuat di Jurnal).
  • Gunakan Kredit Memo adalah pengembalian uang deposit yang telah dititipkan oleh pelanggan.

Dengan Jurnal, pencatatan faktur-faktur termasuk nota kredit untuk retur penjualan Anda bisa diproses dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, seluruh proses transaksi diproses secara realtime.

Sehingga data transaksi bisnis Anda terolah dengan baik, cepat, dan aman.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah pengertian tentang nota kredit (credit note) beserta manfaat dan contoh. Sekali lagi nota kredit adalah salah satu bukti dokumen yang penting dalam transaksi bisnis, terutama ketika terjadi retur atau pengembalian barang.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ikuti media sosial Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo