Bagi suatu bisnis, penting untuk memiliki dokumen tertulis sebagai bukti dari transaksi bisnis yang dibuat. Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan pelacakan transaksi bisnis. Dan dengan ini bisnis dapat menghindari kesalahan-kesalahan teknis dalam kegiatan operasi bisnis dan transaksi penjualan. Jenis- jenis dokumen tersebut adalah faktur, nota promes, dan atau nota kredit (credit note). Dalam artikel ini, Anda akan melihat definisi, manfaat, tujuan, dan contoh Nota Kredit dalam suatu transaksi bisnis.

Apa itu Nota Kredit (Credit Note) ?

Nota Kredit atau Memo Kredit adalah dokumen yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli untuk mengkredit barang yang telah dikembalikan oleh pembeli.  Sebagian besar catatan kredit dalam format PDF digunakan ketika terdapat kerusakan pada barang yang dikirim ke pelanggan. Kasus lainnya mungkin karena kesalahan dalam jumlah atau jenis barang yang tidak sesuai dengan Purchase Order (PO) dari pembeli.

Format Nota Kredit Secara Umum

Sejatinya, setiap perusahaan atau bisnis bisa membuat template atau format Nota Kredit secara bebas sesuai kebutuhan mereka. Namun, berikut bentuk format yang biasa digunakan untuk membuat Nota Kredit secara umum:

  • Terdapat kolom informasi produk, jumlah, harga yang dikembalikan dan disepakati oleh kedua pihak dan dinyatakan dengan jelas.
  • Nota kredit setidaknya harus memiliki Nomor Pesanan untuk tujuan pelacakan (tracking).
  • Tanggal, faktur tagihan, dan alamat pengiriman juga harus ada dalam Nota Kredit.
  • Dan juga penting untuk membubuhkan ketentuan pembayaran yang dinyatakan secara jelas untuk menghindari permasalahan lebih lanjut.

Tujuan Pembuatan Nota Kredit

Dalam dunia bisnis, penting untuk mencatat dokumentasi dari semua transaksi bisnis yang telah dilakukan. Tidak seperti faktur atau kartu ucapan terima kasih, Nota Kredit dibuat untuk mengoreksi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi dari proses penjualan. Seperti kelebihan atau kekurangan dari pengiriman barang kepada pembeli dan kerusakan barang ketika barang sampai di tangan pembeli. Nota Kredit menginformasikan secara formal dan tertib atas kesalahan yang dilakukan penjual. Dengan memanfaatkan kegunaan Nota Kredit, diharapkan catatan akuntansi bisnis bersih dari segala kesalahan dan Laporan Keuangan bisa terbuat secara reliabel. Dengan menggunakan Nota Kredit juga menunjukkan kepada pembeli bahwa bisnis Anda bertanggung jawab secara penuh atas kesalahan yang dilakukan.

Manfaat Nota Kredit

Dengan menggunakan Nota Kredit akan membantu bisnis dalam melacak kesalahan penjualan yang terjadi. Tetapi apa manfaat lain yang dapat diperoleh bisnis dari penggunaan Nota Kredit? Penggunaan Nota Kredit dapat menguntungkan bisnis dalam banyak aspek. Berikut manfaat-manfaat dari penggunaan Nota Kredit:

  • Bisnis dapat mempertahankan hubungan yang baik dengan klien atau pelanggan mereka.
  • Meningkatkan kinerja operasional bisnis secara menyeluruh dengan memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.
  • Menyelamatkan bisnis dari kemungkinan konflik atau masalah teknis yang berpotensi timbul.

Contoh Nota Kredit

Secara umum, berikut contoh Nota Kredit yang biasa digunakan dalam dunia bisnis:

Bisnis atau perusahaan yang memanfaatkan Nota Kredit bisa dipastikan mempunyai sistem perdagangan dan akuntansi yang baik. Dengan dibantu Software Akuntansi, sistem pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis Anda akan semakin optimal. Anda bisa mencoba menggunakan Software Akuntansi Online Jurnal. Dengan Jurnal, pencatatan faktur-faktur termasuk Nota Kredit untuk Retur Penjualan Anda bisa diproses dengan mudah dan cepat. Tidak hanya itu, seluruh proses transaksi diproses secara realtime. Sehingga data transaksi bisnis Anda terolah dengan baik, cepat, dan aman. Informasi manfaat lain dari produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.