Akuntansi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

 

Sayangnya, sebagian orang masih merasa kesulitan dalam menguasai akuntansi karena banyak hal dan poin-poin tentang akuntansi yang harus dihafal dan diterapkan seolah akuntansi adalah ilmu yang memusingkan. Padahal, jika sudah mengetahui kuncinya, dijamin akuntansi bukan lagi ilmu yang sulit. Oleh karena itu, kali ini kita akan temukan kunci dan cara mudah dalam memahami akuntansi dasar bagi pemula.

 

Memahami Apa Itu Akuntansi

Untuk bisa mempelajari suatu ilmu, tentu saja kita harus memahami pengertian dan maksud dari ilmu tersebut. Termasuk juga dalam ilmu akuntansi. Sangat penting diketahui dan dipahami apa itu akuntansi. Secara umum, akuntansi berarti suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang berkepentingan dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Jika pengertian tersebut telah benar-benar dipahami dengan baik, maka akan mudah mempelajari poin-poin selanjutnya dari akuntansi

 

Nama dan Nomor Akun Beserta Saldo Normalnya

Akuntansi terdiri dari banyak nama akun. Di mana, masing-masing nama akun memiliki nomor akun beserta saldo normalnya. Fungsi akun adalah untuk memudahkan dalam menyusun laporan keuangan secara sistematis. Sedang saldo normal adalah saldo yang menempatkan sebuah akun berada di posisi debit atau kredit. Akun-akun yang wajib dihapal adalah sebagai berikut.

 

Nama Akun

Nomor Awalan Akun

Saldo Normal

Aset

1

Debit

Utang

2

Kredit

Modal

3

Kredit

Pendapatan

4

Kredit

Biaya atau Beban

5

Debit

 

Nomor-nomor akun di atas akan berkembang menyesuaikan dengan jenis transaksi dan kebutuhan perusahaan. Misalnya akun ‘Kas’ yang merupakan bagian dari aset, perusahaan A memberi nomor akun ‘101’, atau akun ‘Pendapatan Sewa’, perusahaan B menetapkan ‘405’ sebagai nomor akun pendapatan tersebut. Pada umumnya nomor akun tersebut dibagi seperti berikut:

– Akun Aset umumnya bernomor akun 100 hingga 199.

– Akun Utang umumnya bernomor akun 200 hingga 299.

– Akun Modal umumnya bernomor akun 300 hingga 399.

– Akun Pendapatan umumnya bernomor akun 400 hingga 499.

– Akun Biaya atau Beban umumnya bernomor akun 500 hingga 599.

 

Memahami Dasar Akuntansi

Poin-poin penting akuntansi terangkum dalam dasar-dasar akuntansi, dan hal ini harus benar-benar dipahami di luar kepala agar bisa menjadi akuntan yang handal. Dasar-dasar akuntansi meliputi konsep debit-kredit, penjurnalan, pemostingan jurnal ke buku besar, membuat neraca saldo atau neraca percobaan, dan menyajikan laporan-laporan keuangan. Selain itu, Anda juga perlu memahami persamaan dasar akuntansi. Pengertian persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara harta, utang, dan modal yang dimiliki perusahaan. Tujuan persamaan dasar akuntansi adalah sebagai dasar pencatatan pada sistem akuntansi yang artinya setiap kali terjadi transkasi harus dicatat dalam dua aspek yaitu sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva).

 

Persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara sisi aktiva dan dengan sisi pasiva. Jika perubahan muncul akibat kejadian transaksi keuangan, maka keseimbangannya juga harus selalu dipertahankan. Hal ini merupakan dasar untuk bisa mengerjakan akuntansi seperti mencatat jurnal hingga penyajian laporan keuangan.

 

Memahami Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk bisa menghasilkan informasi akuntansi berupa laporan keuangan yang benar dan sistematis. Siklus akuntansi memiliki pengertian sebagai proses penyusunan laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan dan dapat diterima. Siklus akuntansi ini mencakup 3 kelompok tahapan yaitu,

– Pencatatan dan Penggolongan

– Pembuatan Ikhtisar Laporan Keuangan

– Pembuatan dan Penyajian Laporan Keuangan

Sebenarnya, memahami akuntansi dasar bagi pemula tidaklah sulit seperti yang selama ini dibayangkan. Apalagi, saat ini banyak sekali software akuntansi yang tersedia untuk memudahkan dalam menjalankan proses akuntansi. Salah satunya yaitu Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam menjalankan proses akuntansi dengan mudah, cepat, akurat, dan nyaman. Anda dapat membuat pembukuan, jurnal, hingga laporan keuangan di mana pun dan kapan pun dengan Jurnal. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya, dapat Anda lihat di sini.

Author