Jurnal Enterpreneur

Solusi Simple Mengatasi Pembukuan Inventory Bisnis Anda!

Mengapa Manajemen Stok Harus Terintegrasi Dengan Software Akuntansi dalam Mengatasi Pembukuan

Manajemen persediaan atau stok (Inventory Management) seringkali menganggap sebagai salah satu hal yang membosankan dalam berbisnis dalam mengatasi pembukuan.

Terutama jika pebisnis seperti Anda harus terus-menerus sibuk dengan lembar kerja yang harus memperbarui datanya setiap minggu (double entry) yang tentunya memakan waktu lama dan merepotkan. Karena itu solusi yang simple untuk pembukuan sangat dibutuhkan demi efisiensi pengelolaan bisnis.

Manajemen persediaan adalah cara mengetahui di mana dan berapa banyak item yang Anda miliki di gudang. Tujuannya sangat masuk akal, untuk memastikan nilai aset inventaris pada laporan keuangan sesuai dengan persediaan fisik yang ada di dalam gudang.

Pelajari fitur aplikasi inventory barang disini.

Faktanya, manajemen persediaan adalah hal yang sangat umum. Tetapi jika Anda berniat untuk meningkatkan bisnis, penting bagi Anda untuk memilih alat manajemen persediaan yang tepat dari awal.

Manajemen persediaan yang efektif sangat penting karena tidak hanya merupakan salah satu aset yang paling berharga dalam bisnis.

Namun karena adanya korelasi langsung antara tingkat persediaan dan keuntungan perusahaan. Persediaan merupakan investasi yang mengikat/menahan sampai barang tersebut menjual, atau menggunakan dalam produksi barang lain yang menjualnya.

Kelemahan dari Pelacakan Stok Manual

Anda boleh tidak setuju, tapi beberapa pebisnis melakukan manajemen persediaan dengan menggunakan cara lama berbasis kertas (spreadsheets for tasks). Namun cara lama itu kurang efektif karena:

  • Inventaris dapat dengan cepat menjadi lebih besar dan sulit dikelola,
  • Kemungkinan error saat entry (wrong entry data) sangat besar,
  • Biasanya menyimpan di server lokal, jadi data dapat hilang ataupun rusak,
  • Sangat sulit untuk menyesuaikan/mengintegrasikan dengan sistem lain,
    Data yang tersimpan tidak update secara real-time.

Itulah mengapa membangun sistem inventaris yang fleksibel dan cerdas sangatlah masuk akal dalam mengelola kebutuhan bisnis Anda, untuk sekarang maupun masa yang akan datang. Ditambah, Anda dapat menggunakan kontrol persediaan yang terintegrasi dengan sistem lain.

Keuntungan Memakai Sistem Manajemen Stok

  1. Inventory Balance (Kontrol Persediaan)
    Manajemen persediaan yang baik adalah manajemen yang dapat membantu Anda mencari tahu berapa persediaan yang Anda butuhkan dalam waktu tertentu. Hal ini akan meminimalisir kekurangan atau kelebihan produk, sistem manajemen persediaan ini juga akan sangat membantu Anda untuk tetap dalam puncak performa bisnis.
  2. Inventory Turnover (Perputaran Stok yang Sehat)
    Pernah khawatir tentang persediaan Anda menjadi usang/rusak sehingga tidak dapat menjualnya? Perputaran persediaan bisnis sangat penting dalam mencapai hasil maksimal dari modal kerja yang Anda miliki.
  3. Repeat Customers (Pelanggan Tetap)
    Pelanggan tetap (repeat customers) memiliki peranan penting untuk pertumbuhan dan keberlangsungan usaha. Kemampuan untuk selalu memiliki apa yang pelanggan Anda butuhkan adalah penting untuk setiap bisnis.
  4. Inventory Orders (Pesanan Stok)
    Pelacakan yang lebih baik terkait berapa jumlah inventaris yang memiliki dalam waktu tertentu, akan memberikan Anda kebebasan untuk mengetahui kapan dan berapa untuk memesannya.
  5. Time Saving (Hemat Waktu)
    Membandingkan dengan teknik manual yang rentan karena kesalahan pengguna, pelacakan stok dengan sistem akan lebih menghemat waktu Anda sehingga menjadi lebih efektif.

Bagaimana Integrasi dengan Sistem Akuntansi Membuat Bisnis Lebih Baik dalam Mengatasi Pembukuan

Secara garis besar, sistem software persediaan harus dapat memantau persediaan dengan lebih baik dan memberikan akses data kepada orang-orang yang berkepentingan, serta pembukuan inventaris yang rinci untuk tiap kegiatan bisnis.

Hal ini juga beguna untuk memberikan rekap histori yang akurat dari pergerakan persediaan dan penjualan dalam bisnis Anda.

Untuk efektivitas maksimum, solusi terpadu yang real-time, fleksibel, dan transparan sangat membutuhkan. Pengguna tidak punya waktu untuk berpikir tentang integrasi, mereka hanya ingin bekerja!

Hal ini dapat menjadi masalah ketika sistem persediaan dan sistem akuntansi mengintegrasikan. Hal ini akan sangat membebani database (pelanggan, vendor, rekening, persediaan, riwayat transaksi, dll ).

Umumnya pebisnis hanya ingin kerja, kerja, dan kerja, sehingga kadang melupakan hal penting lain yang dapat membantu pekerjaan jadi lebih cepat dan tepat, yaitu integrasi sistem.

Hal ini akan menjadi masalah ketika sistem persediaan dan sistem akuntansi yang diintegrasikan tidak memiliki pondasi sistem yang baik, untuk itu diperlukan solusi terpadu secara real-time, fleksibel dan transparan.

Jurnal adalah software akuntansi online yang memiliki sistem untuk memonitor arus keluar masuk produk secara akurat, pengelolaan persediaan barang, hingga pembukuan inventaris yang modern dan mudah digunakan. Anda dapat mengawasi atau mengeluarkan laporan produk kapanpun dan dimanapun dengan aplikasi pembukuan usaha dari Jurnal.

Laporan inilah yang akan memberikan pertimbangan (decision) kapan Anda harus membuat pemesanan baru. Sehingga kendali bisnis berada di tangan Anda sepenuhnya, dari hulu ke hilir, dari A sampai Z, Anda dapat segera mengetahui problem dan memberikan solusi bisnis dengan tepat.

 

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo