Jurnal Enterpreneur

Solusi Simple Mengatasi Pembukuan Berbasis Kas

Pembukuan berbasis kas adalah praktek yang hanya merekam pendapatan pada saat kas telah menerima dari pelanggan, dan biaya pencatatan hanya ketika kas telah membayarnya. Metode ini umum menggunakannya oleh individu dan usaha kecil (terutama mereka yang tidak memiliki persediaan/inventory).

Adopsi metode ini di kalangan usaha kecil dapat mengaitkan dengan kesederhanaan dan fokus utama pada saat kas masuk dan keluar rekening bank perusahaan.

Metode cash-basis secara luas memandangnya sebagai hal yang lebih mudah menggunakannya jika berbanding dengan metode akrual, akuntansi kas memiliki kelemahan ketika menghadirkan snapshot yang akurat dari anggaran perusahaan dan juga profitabilitas.

Dalam rangka mengembangkan usaha secara maksimal, Anda harus membuat laporan keuangan melalui catatan pembukuan. Dengan catatan ini, Anda dapat menganalisa bisnis Anda apakah mengalami keuntungan atau justru kerugian.

Jika mengalami keuntungan, berapa jumlah yang menghasilkannya, dan jika mengalami kerugian, berapa yang harus ditanggung perusahaan. Pembukuan membuat semua laporan keuangan menjadi lebih mudah memahaminya.

Keunggulan dan Kelemahan Akuntansi Berbasis Cash

Metode pencatatan pembukuan berbasis kas juga memiliki keunggulan dan kelemahan dalam prakteknya.  Inilah keuntungan menggunakan akuntansi berbasis kas di antaranya:

  • Perpajakan. Metode ini biasa dalam penggunaannya untuk merekam hasil keuangan untuk tujuan pajak, karena bisnis dapat mempercepat beberapa pembayaran untuk mengurangi laba kena pajak, sehingga mengurangi kewajiban pajaknya.
  • Kemudahan penggunaan. Seseorang dengan pengetahuan yang kurang dalam hal akuntansi dapat melakukan pembukuan catatan dengan basis cash.

Namun, motede basis akuntansi ini juga menderita dari hal-hal berikut:

  • Ketepatan. Performa akuntansi yang kurang akurat dibandingkan dengan basis akrual, karena waktu arus kas tidak mencerminkan waktu yang tepat dari perubahan kondisi keuangan bisnis. Sebagai contoh, jika kontrak dengan pelanggan tidak membolehkan bisnis untuk menerbitkan faktur sampai proyek berakhir, perusahaan tidak akan melaporkan pendapatan apapun sampai faktur telah mengeluarkan dan uang tunai telah menerimanya.
  • Pinjaman. Pemberi pinjaman tidak merasa bahwa basis kas menghasilkan laporan keuangan terlalu akurat, sehingga dapat menolak untuk meminjamkan uang kepada pelaporan bisnis di bawah basis kas.
  • Laporan keuangan yang telah diaudit. Auditor tidak akan menyetujui laporan keuangan yang menyusunnya dengan dasar kas akuntansi, sehingga bisnis akan perlu mengkonversi ke basis akrual jika ingin telah mengaudit laporan keuangan.

Melacak dan Merekap Pembukuan Berbasis Kas Secara Maksimal

Melacak uang, utang, dan catatan Anda dapat menjadi mimpi buruk. Cari tahu cara yang paling efisien untuk menyimpan semua uang dan catatan Anda agar sejalan dan mampu memperbarui secara cepat dan tepat.

Jika perusahaan Anda berskala kecil, Anda akan lebih banyak berurusan dengan berbagai jenis transaksi tunai. Mengumpulkan semua transaksi ini menjadi satu catatan mungkin menjadi cara yang terlihat paling mudah untuk melakukannya.

Tapi itu adalah pilihan yang buruk. Anda akan membagi-transaksi tunai Anda ke sejumlah tempat yang berbeda, seperti:

  • Penjualan dan Penerimaan Kas Jurnal: Untuk menyederhanakan pencatatan Anda, menyarankan untuk menggabungkan penjualan dan penerimaan kas dalam jurnal tunggal.
  • Lembar Kas Harian: Jika banyak kas bergerak masuk dan keluar setiap hari, Anda juga harus menyiapkan lembar kas harian untuk menyesuaikan kas yang menerima dan membayar untuk hari itu. Anda juga dapat melakukan rekonsiliasi penerimaan kas Anda dengan deposit harian Anda ke rekening bank.
  • Rekonsiliasi Bank: Pada akhir setiap bulan, melakukan verifikasi jumlah yang memliki rekening bank usaha Anda juga akan membantu menemukan kesalahan pembukuan dan bisa membantu mencegah penyimpangan seperti pencurian uang yang melakukannya oleh karyawan.
  • Jurnal Kas Pencairan: pengeluaran kas harian Anda harus mencatatnya di sini.
  • Dana Kas Kecil: Jika pelanggan Anda biasanya membayar dengan cek, Anda mungkin perlu menyiapkan dana ini sehingga Anda akan memiliki uang tunai di tangan untuk membayar biaya kecil lainnya. Dana kas kecil tidak memerlukan jika Anda menggunakan cash register dan selalu memiliki uang di tangan, selama Anda melacak pembelian kecil ini.

Bagaimana Jurnal Membantu Anda?

Dalam proses pembukuan, ada kalanya Anda harus berurusan dengan masalah yang membuat laporan keuangan menjadi tidak akurat. Kini menjalani proses bisnis seperti pembelian dan penjualan semakin mudah dengan sistem Jurnal yang terintegrasi secara rapi dan lengkap.

Mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, penagihan, dan pembayaran. Anda bisa kirim email dan cetak langsung faktur, surat jalan, dan kuitansi dari Jurnal dengan lebih dari 10 design berbeda.

Saldo kas Anda akan terupdate secara otomatis berikut pelunasan penjualan dan pembelian. Mengetahui perkiraan saldo kas yang akan anda pegang dalam 30 hari ke depan dari jumlah hutang/piutang.

Kegunaan lainnya ialah mengontrol setiap kategori pengeluaran sesuai limit anggaran yang sudah Anda tentukan, serta rekonsiliasi bank yang lebih mudah karena saldo kas tercatat akan selalu sama dengan rekening koran bank Anda.

Jurnal memudahkan penyusunan laporan keuangan Anda lebih cepat, hemat waktu, biaya makin efisien, akses kapan pun di mana saja. Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan beragam fitur yang anda beri, seperti:

  1. Invoice & PO, buat Faktur Penjualan, Pesanan Pembelian, dan Surat Jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan Cepat & Tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol Stok Persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi Real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online Live Chat Tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mudah mengatasi pembukuan berbasis kas. Dengan mengetahui beberapa penjelasan di atas dan juga solusinya, diharapkan Anda bisa lebih mudah mengelola pembukuan usaha dan menjalankan aktivitas bisnis.

Jadi, bagi Anda yang masih belum menggunakan software pembukuan usaha dari Jurnal, sekaranglah kesempatan Anda untuk daftar dan dapatkan kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja! Selain itu, Jurnal sebagai software laporan keuangan menyediakan banyak fitur menarik untuk menjaga performa bisnis Anda.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo