Jurnal Enterpreneur

Keuntungan Menggunakan Software Pembukuan untuk Bisnis Apotek

Usaha apotek merupakan bisnis yang memerlukan ketelitian dalam pengelolaan stoknya. Karenakan, banyaknya jenis obat yang beredar di pasaran.

Menerima barang dari supplier dan menyimpan stok barang hingga habis bukanlah pekerjaan yang mudah. Pengelolaan manajemen yang baik akan meningkatkan keuntungan yang anda dapat oleh apotek Anda.

Karena itu memerlukan teknologi untuk memudahkan pengaturan pembukuan dan stok barang pada bisnis apotek yang sedang Anda jalani. Keuntungan yang mendapatkan ketika menggunakan aplikasi Akuntansi pada bisnis apotik Anda.

1. Terpenuhinya Ketersediaan Barang

Dengan terpenuhinya ketersediaan barang, maka usaha Anda tidak akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan. Saat permintaan konsumen tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena memiliki persediaan yang memadai sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen. Dengan demikian konsumen akan semakin loyal pada usaha Anda.

Cek stok obat harus rutin melakukan update. Karena obat-obatan merupakan hal yang perlu menjaga agar tidak rusak kandungan di dalamnya. Dengan begitu, apotek dengan stok yang paling lengkap dan terbaru biasanya lebih sering mencari pelanggan.

2. Memantau Kedaluwarsa Obat

Dengan software akuntansi, Anda juga bisa dengan mudah memantau kedaluwarsa obat dengan mudah menggunakan fitur stok barang. Dengan software ini, Anda bisa mengelola persediaan dengan metode FIFO atau (First in First Out) sehingga seluruh persediaan yang awal masuk dapat Anda keluarkan pertama kali.

Memantau tanggal kedaluwarsa obat secara manual bisa sangat beresiko karena human error akan lebih tinggi. Dengan menggunakan software akuntansi, stok obat akan lebih ter-oganisir dengan mudah.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

3. Dapat memantau tren pasar

Dengan menyesuaikan prediksi permintaan atau tren pasar, maka akan mempermudah perputaran barang sehingga barang tidak menumpuk.

Pengelolaan jumlah stok barang ini juga akan menekan besarnya modal yang mengeluarkan serta memperkecil risiko kerugian akibat kerusakan barang karena terlalu lama menyimpan. Jika terlalu banyak barang rusak karena terlalu lama menyimpan, maka bisa merugikan usaha Anda.

4. Menjaga kestabilan operasional usaha

Kebutuhan konsumen terpenuhi dan menjaga fluktuatif harga pasar. Laporan stok barang yang tidak akurat dapat mencegah pemilik bisnis dari peluang yang seharusnya menyadari. Dengan kemudahan yang menawarkan oleh aplikasi pembukuan tersebut, menjadikan bisnis apotek yang sedang anda jalani akan stabil dan berkembang.

5. Membuat Laporan Keuangan

Siapa bilang bisnis apotek tidak membutuhkan laporan keuangan? Nah, dengan sofware laporan keuangan inilah Anda tidak perlu memikirkan masalah pembukuan dan laporan keuangan. Hanya bermodalkan pencatatan transaksi, seluruh laporan keungan dapat tersaji secara otomatis, kapan dan di mana saja.

Salah satu software akuntansi yang menawarkan berbagai kemudahan adalah Jurnal yang tersedia dengan spesifikasi dan beragam fitur yang tersedia. Terdapat informasi tentang inventory yang dapat diisi dan dimonitor oleh perusahaan guna mendapat informasi stok produknya secara tepat.

Dengan menggunakan beberapa fitur tersebut Anda tidak hanya bisa mengelola stok barang saja, namun juga bisa mengatur pembukuan apotek Anda dengan cepat dan akurat.

Segera daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial hingga 14 hari. Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat mengelola pembukuan untuk bisnis apotek lebih mudah dengan software pembukuan, dari Jurnal.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo