Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
×
Mekari Jurnal
Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
Aplikasi manajemen apotek

Usaha lebih efektif dengan manajemen software apotek

Sistem yang dirancang untuk membantu Anda mengelola apotek dengan lebih efektif. Dengan fitur-fitur seperti pengelolaan stok, penjualan, dan laporan keuangan, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Mekari Jurnal
Daftar isi

Apa itu software apotek?

Software apotek adalah perangkat lunak untuk mengelola operasional apotek secara efisien, mulai dari manajemen stok obat, catatan arus kas, manajemen invoice dan laporan keuangan.

Manfaat software apotek

Software manajemen apotek dapat memberikan manfaat besar bagi usaha apotek, software ini dapat membantu Anda mengelola keluar masuk stok obat, beserta data lengkap terkait produksi seperti tanggal expired yang sangat penting di perhatikan.

software apotek

Selain itu, penempatan stok barang atau lokasi obat berada sangat penting untuk diketahui secara cepat. Sistem manajemen ini pada akhirnya akan membuat operasional bisnis menjadi lebih cepat, efisien dan mengoptimalkan usaha apotek yang menguntungkan.

Key Takeaways
  • Industri farmasi seperti bisnis apotek membutuhkan sistem manajemen digital yang efisien untuk menghindari kesalahan fatal terkait kesehatan makhluk hidup.
  • Software apotek dapat menjadi pilihan terbaik untuk efisiensi kebutuhan operasional apotek dan memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.
  • Software apotek terbaik membantu penyederhanaan manajemen stok, pelayanan pasien, hingga pemantauan arus keuangan.

Mekari Jurnal membantu manajemen stok barang secara efisien, dilengkapi dengan beragam fitur yang mempermudah pencatatan dan pembukuan laporan keuangan.

Coba gratis Mekari Jurnal

12 Rekomendasi software apotek

Beragam jenis software dapat digunakan untuk mengelola usaha, dan berikut beberapa contoh aplikasi software yang bisa membantu operasional usaha apotek.

1. Mekari Jurnal

Mekari merupakan penyedia sistem profesional untuk berbagai kebutuhan bisnis, termasuk bisnis mengelola apotek. Dengan berbagai fitur terbaik yang multifungsi, seperti untuk manajemen akuntansi, manajemen stok barang seperti untuk obat-obatan, manajemen invoice dan tagihan dan tentu saja untuk membuat laporan keuangan dan pembukuan apotek.

Mekari Jurnal menjadi solusi terbaik untuk efisiensi dalam industri farmasi dan apotek, karena dengan fitur yang ada, seperti operasional manajemen barang yang dapat menampung berbagai informasi penting seperti expired date, serta dilengkapi dengan kemampuan untuk manajemen keuangan apotek yang nantinya bisa dengan mudah mengelola catatan usaha.

Kelebihan
  • Fitur manajemen barang untuk mempermudah manajemen stok barang dan obat-obatan.
  • Dilengkapi dengan fitur lengkap untuk manajemen keuangan usaha.
  • Terintegrasi dengan sistem lain jika dibutuhkan.
Kekurangan
  • Bukan software khusus sektor kesehatan.
Fitur unggulan
  • Sebuah paket lengkap untuk mengelola operasional usaha apotek, dengan fitur yang ditawarkan, pemilik usaha tidak akan pusing dengan data-data obat-obatan hingga arus keuangan karena semua tercatat dengan lengkap dan detail.

Coba gratis Mekari Jurnal

2. Assist.id

Assist.id merupakan salah satu aplikasi apotek berbasis cloud yang dirancang untuk mengelola informasi profesional berbagai fasilitas kesehatan di Indonesia. Hingga kini, Assist.id telah dipercaya ratusan klinik utama dan pratama BPJS, kecantikan, hemodialisis, bidan, hingga rumah sakit.

Aplikasi ini memang dirancang khusus untuk manajemen usaha yang terkait dengan kesehatan, sistem yang di gunakan memang dirancang untuk mempermudah integrasi dengan BPJS dan SATU SEHAT.

Kelebihan
  • Terintegrasi dengan SATUSEHAT dan BPJS.
  • Fitur dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan klinik.
  • Dapat digunakan melalui website dan aplikasi.
Kekurangan
  • Harga berjenjang sesuai pilihan paket yang sesuai kebutuhan.
Fitur unggulan
  • Integrasi sistem kesehatan mulai dari rekam medis elektronik (RME), manajemen stok obat, pembuatan laporan, hingga booking konsultasi dengan keamanan terjamin.

3. Trustmedis

Sebagai aplikasi apotek yang fokus pada industri kesehatan, Trustmedis menyediakan sistem pengelolaan apotek yang terintegrasi secara online maupun offline melalui mobile app. Trustmedis menyediakan fitur lengkap mulai dari pengelolaan inventaris, penjualan, manajemen resep, hingga layanan klien.

Trustmedis dirancang untuk berbagai usaha medis termasuk untuk apotek, app ini bisa juga digunakan untuk klinik, puskesmas, laboratorium dan sejenisnya. 

Kelebihan
  • Sistem Informasi Manajemen untuk fasilitas kesehatan berbasis cloud.
  • Integrasi sistem BPJS, Kemenkes dan software digital lainnya.
  • Implementasi dan penggunaan yang mudah.
Kekurangan
  • Harga bukan yang termurah meski fitur beragam.
Fitur unggulan
  • Software apotek yang sangat lengkap bahkan dapat mengelola klinik besar. Jika Anda tidak mau susah dalam operasional apotek, dan tidak ada maslaah dengan harganya, Trustmedis bisa menjadi salah satu pilihan.

4. Apotek Digital

Apotek Digital hadir dengan visi utama mewujudkan transformasi bisnis apotek ke level yang lebih maju dengan teknologi digital sesuai kebutuhan apotek. Sistem multi-channel pada Apotek Digital memungkinkan layanan pelanggan secara offline, online marketplace, maupun web apotek mandiri.

Kelebihan
  • Software khusus untuk bisnis apotek mudah digunakan.
  • Aplikasi berbasis multi-platform memungkinkan cakupan klien yang lebih luas.
  • Layanan pengguna tak terbatas.
Kekurangan
  • Paket termurah tidak lengkap dalam fitur keuangan seperti buku kas.
Fitur unggulan
  • Integrasi seluruh informasi apotek, mulai dari penjualan, procurement, konsinyasi, pembayaran utang-piutang, retur penjualan dan pembelian stok dalam satu sistem andal.

5. Apoteker.net

Fokus pada manajemen klien dan karyawan untuk bisnis apotek, Apoteker.net merupakan program komputer berbasis web khusus untuk pengelolaan administrasi dan operasional apotek.

Kelebihan
  • Proses procurement dapat lebih mudah dengan manajemen vendor dan pembayaran.
  • Fitur manajemen karyawan internal memudahkan alur bisnis yang lebih praktis.
  • Pembayaran langganan hanya dilakukan sekali di muka.
Kekurangan
  • Hanya tersedia dalam basis website.
Fitur unggulan
  • Sistem manajemen farmasi dengan menu POS (point of sale) yang memudahkan apoteker melayani pasien dalam pembelian produk.

6. Vmedis

Vmedis merupakan salah satu aplikasi apotek terkemuka di Indonesia yang dirancang khusus untuk pengelolaan apotek, mulai dari proses procurement, penjualan, manajemen stok dan data pasien, hingga pengelolaan keuangan secara efisien.

Kelebihan
  • Manajemen resep lebih efisien dengan fitur yang canggih.
  • Terintegrasi dengan mesin EDC (electronic data capture) membuat proses pembayaran dan retur lebih mudah.
  • Fitur manajemen penjualan membantu pengelolaan transaksi dan laporan SPT secara praktis.
Kekurangan
  • Sistem canggih yang mungkin kompleks untuk pengguna baru.
Fitur unggulan
  • Pengelolaan inventaris akurat dan efisien dengan penyajian data real-time secara otomatis.

7. MyKlinik

Software apotek juga bisa di sandang oleh MyKlinik yang dirancang untuk implementasi RME otomatis. Selain itu, software ini juga memberikan fitur lengkap mulai dari pendaftaran pasien, kebutuhan farmasi, laboratorium, kasir dan keuangan, serta rawat jalan dan inap.

Kelebihan
  • Harga terjangkau dibanding kompetitor.
  • Akses berbasis website tidak membutuhkan instalasi aplikasi tertentu.
  • Interface mudah digunakan oleh pasien dan pelaku bisnis apotek.
Kekurangan
  • Jumlah pengguna terbatas.
Fitur unggulan
  • Pengarsipan data digital memungkinkan otomatisasi analisis data kesehatan pasien secara komprehensif.

8. TitanSystem Pharmacy

TitanSystem Pharmacy hadir sebagai solusi ideal untuk pelaku bisnis apotek yang memerlukan sistem manajemen terintegrasi penuh, baik untuk inventaris obat, akuntansi dan keuangan, hingga karyawan.

Kelebihan
  • Lisensi langganan tanpa batas sejak pembelian pertama.
  • Interface mudah digunakan.
  • Dasbor analisis real-time menyajikan data terbaru yang memudahkan proses kasir.
Kekurangan
  • Rujukan regulasi sistem tidak diperbarui secara cepat.
Fitur unggulan
  • Manajemen akuntansi apotek merujuk basis akuntansi umum dan terintegrasi langsung dengan fitur lain di dalamnya.

9. Apotek Klinik Pintar

Klinik Pintar merupakan software apotek dengan teknologi terkini yang fokus menghadirkan layanan dengan pendekatan inovatif. Digunakan lebih dari 3.000 fasilitas kesehatan, Klinik Pintar memudahkan bisnis dengan fitur lengkap mulai dari pendaftaran, pembayaran, inventori, laporan, hingga integrasi informasi.

Kelebihan
  • Terintegrasi SATUSEHAT, Mobile JKN, dan PCare BPJS.
  • Harga terjangkau untuk bisnis apotek skala kecil hingga menengah.
  • Integrasi data dapat diakses secara real-time.
Kekurangan
  • Mungkin tidak mudah integrasi dengan sistem eksternal
Fitur unggulan
  • Rekam medis berstandar internasional menyesuaikan data Kemenkes dan FHIR (HL7) dengan ICD 10 dan ICD 9 CM.

10. Farmacare.id

Menjadi salah satu software apotek terbaik, Farmacare menyediakan fitur otomatis yang khusus dirancang untuk berbagai kebutuhan apotek. Farmacare telah memenuhi standar industri yang tinggi dengan fitur-fitur berorientasi pelanggan.

Kelebihan
  • Harga yang sangat terjangkau untuk bisnis skala kecil dan menengah.
  • Terintegrasi dengan marketplace Tokopedia dan Shopee memungkinkan pasien melakukan transaksi dengan lebih mudah.
  • Fitur analisis data yang canggih mampu menghasilkan laporan yang komprehensif.
Kekurangan
  • Tidak ada info paket di bayran bulanan, minimum tiga bulan.
Fitur unggulan
  • Pembayaran ratusan faktur secara otomatis dalam sistem.

11. GPOS

Dengan slogan aplikasi apotek terbaik, aplikasi apotek GPOS Lite hadir untuk mengurus berbagai keperluan operasional usaha apotek. GPOS dapat membantu dalam manajemen stok obat, transaksi penjualan, dan laporan keuangan secara mudah dan efisien. Sistem dirancang untuk mengoptimalkan bisnis apotek dan farmasi yang modern.

Kelebihan
  • Dapat tebus resep secara online.
  • Mendukung pencatatan transaksi.
  • Tersedia manajemen untuk pengelolaan stok persediaan.
Kekurangan
  • Harga bukan yang termurah.
Fitur unggulan
  • GPOS Go-Online terintegrasi dengan beragam sistem luar seperti GoApotik, Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli dan lebih dari 5.000 apotek yang memudahkan transaksi usaha.

12. Program Apotek dan Klinik 4.0

Software ini adalah sebuah sistem komputer yang dirancang untuk mengelola obat dan barang yanbg dijual dan dibeli di apotek.  Selain itu, software ini dilengkapi dengan solusi klinik dimana terdapat pencatatan pasien oleh dokter dan pembayaran.

Kelebihan
  • Dapat tebus resep secara online.
  • Mendukung pencatatan transaksi.
  • Tersedia manajemen untuk pengelolaan stok persediaan.
Kekurangan
  • Harga bukan yang termurah.
Fitur unggulan
  • GPOS Go-Online terintegrasi dengan beragam sistem luar seperti GoApotik, Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli dan lebih dari 5.000 apotek yang memudahkan transaksi usaha.

Efisiensi Industri Farmasi

Sudah sangat jelas bahwa keperluan obat sangat penting bagi semua kalangan di Indonesia, bahkan BPOM juga setuju bahwa masyarakat harus punya akses cepat terhadap obat-obatan yang memang di butuhkan.

Bagi pemilik usaha apotek, sebuah sistem aplikasi maupun software apotek akan sangat membantu mempercepat usaha dan pergerakan apotek dalam melayani masyarakat. Untuk beberapa aplikasi yang sudah bersifat online dan mudah terintegrasi dengan sistem luar, kemampuan tersebut akan dengan cepat aliran pergerakan obat-obatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Software yang tepat guna

Ada tiga tipe software jika dibandingkan dari fitur dan kemampuannya. Pertama adalah software apotek yang sangat lengkap dari manajemen produksi dan penjualan serta akuntansi. Tapi jumlahnya sangat sedikit. Kedua adalah software aplikasi untuk sehari-hari seperti pencatatan transaksi dan kelola obat.

Kemenkes sangat berupaya dalam mempercepat pemenuhan produksi obat dalam negeri, dan untuk itu ada jenis software yang ketiga.

Yang ketiga adalah yang fokus ke usaha secara lebih umum, seperti Mekari Jurnal yang dapat mengelola mulai dari pengadaan barang seperti bahan bahan farmasi dan obat, manajemen proses produksi, manajemen gudang obat, dan mengelola seluruh transaksi juga laporan keuangan.

Apakah Anda sudah menggunakan sistem yang mempermudah usaha apotek yang Anda kelola?

Coba gratis Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami