Ingin bisnis Anda dilirik investor? Caranya mudah. Cukup tunjukkan seberapa menjanjikannya bisnis Anda melalui laporan laba rugi perusahaan. Laporan laba rugi berfungsi untuk mengukur performa finansial perusahaan dalam periode waktu tertentu. Laporan laba rugi inilah yang akan mempengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi atau tidak.

Perhatikan 3 Hal ini!

Dalam bukunya ‘Accounting Workbook for Dummies’, Profesor bidang akuntansi John A. Tracy, CPA menyatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan informasi yang harus dimasukkan dalam laporan laba rugi, yaitu:

• Kerahasiaan (Confidentiality)

Informasi finansial yang bersifat personal atau privat seringkali diperdebatkan kerahasiaannya. Contohnya, sebagian besar pelaku bisnis menolak untuk mengungkapkan kompensasi atau ganti rugi pegawai dalam laporan laba rugi karena dianggap isu personal.

• Relevansi (Materiality)

Banyak perusahaan memilih untuk memasukkan informasi yang relevan dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pemimpin serta perkembangan perusahaan. Contoh pengeluaran yang tidak relevan dan merugikan perusahaan adalah pengeluaran untuk kebutuhan pribadi atau membeli barang-barang murah yang tidak berkualitas.

• Kepraktisan (Practicality)

Saat ini perusahaan membatasi isi dari laporan laba rugi hanya 1 halaman dengan tujuan meningkatkan produktivitas. Biasanya perusahaan meletakkan informasi pelengkap mengenai pengeluaran di bagian footnotes untuk menambah kelengkapan laporan. Namun banyak orang yang tidak menyetujui pembuatan laporan yang terlalu lengkap dan detail karena para pebisnis tidak akan punya banyak waktu untuk membaca laporan tersebut.

Sulitkah membuat laporan laba rugi?

Meskipun membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi, membuat laporan laba rugi tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut ini merupakan 4 langkah membuat laporan laba rugi menurut Rochelle Bailis, seorang peneliti dan penulis di bidang bisnis.

1. Pilih waktu / periode yang tepat

Anda harus menentukan waktu yang tepat untuk membuat laporan laba rugi. Baik itu setiap minggu, bulan, atau tahun. Tujuannya untuk menentukan profit bisnis pada level makro maupun mikro. Ingat untuk melakukannya secara konsisten agar Anda dapat melihat pola finansial perusahaan.

2. Hitung Pendapatan Anda

Angka pertama yang harus Anda masukan dalam laporan laba rugi adalah total penjualan atau pendapatan kotor Anda. Jika pengelolaan keuangan bisnis Anda berdasarakan kas, maka Anda akan menghitung pendapat perusahaan berdasarkan kas yang masuk atau yang telah dibayar. Namun jika pengelolaan keuangan Anda berbasis akrual, maka perhitungan pendapatan harus berdasarkan jumlah barang yang terjual, meskipun belum dibayar.

3. Kalkulasi pengeluaran Anda

Setelah pendapatan terkalkulasi, saatnya bagi Anda untuk menghitung pengeluaran perusahaan. Pengeluaran perusahaan adalah total biaya yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan pendapatan. Hal ini meliputi harga pokok pembayaran, biaya layanan, pengeluaran umum dan administrasi, kompensasi pegawai, serta biaya marketing dan advertising.

4. Tentukan Profit Anda

Anda dapat menghitung profit atau keuntungan Anda dari hasil pendapatan serta pengeluaran yang telah ditentukan. Dalam laporan keuangan terdapat beberapa jenis profit yang harus dihitung, yaitu:

Keuntungan Kotor (Gross Profit) = Pendapatan Penjualan – Harga Produk

Keuntungan Operasional (Operating Profit) = Keuntungan Kotor – Biaya sisa (biaya marketing, administrasi, upah, dll)

Pendapatan Bersih (Net Income) = Keuntungan operasional – Pajak periode tertentu

Saatnya akuntansi cloud!

Melakukan langkah-langkah di atas tidaklah sulit. Bahkan, Anda dapat melakukannya dengan singkat melalui akuntansi cloud. Akuntansi cloud memudahkan Anda untuk memproses seluruh hasil penjualan serta pengeluaran perusahaan menjadi laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi, dalam waktu singkat. Rumus-rumus yang telah terprogram dalam software akan memproses data secara otomatis menjadi laporan yang lengkap. Selain itu, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat template karena template laporan telah dirancang sesuai laporan yang Anda inginkan. Selama ada jaringan internet, Anda dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Anda tidak perlu lagi takut data tertinggal atau hilang.

Salah satu penyedia jasa akuntansi cloud adalah jurnal.id, software akuntansi online. Dengan jurnal.id, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk memasukkan rumus atau menggunakan kalkulator karena laporan akan diproses dengan sendirinya dan terjamin keakuratan.

Membuat laporan laba rugi tidak pernah semudah ini! Sekarang Anda telah mengetahui laporan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan laporan serta langkah-langkah pembuatannya. Masih ingin memiliki bisnis berprospek tinggi? Rapikan laporan finansial Anda sekarang juga

Ref:

Bailis, R. (2014, Juni 25). Bookkeeping. Retrieved November 30, 2015.

John A. Tracy, C. (2006). ACCOUNTING WORKBOOK FOR DUMMIES. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Author