Berbagai aplikasi akuntansi tersedia untuk bisa Anda gunakan, baik itu yang berbayar atau gratis. Sangat wajar jika pada akhirnya Anda merasa bingung untuk memilih aplikasi akuntansi yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengguna. Ada beberapa aplikasi akuntansi yang menawarkan keunggulan dalam mudahnya memahami bagaimana menggunakan aplikasi tersebut misalnya, atau menawarkan fitur berupa kemudahan Anda dalam menambah atau mengurangi kategori yang terdapat pada aplikasi tersebut.

Namun, semuanya berfokus pada satu tujuan yang sama yaitu membantu Anda sebagai pengguna untuk lebih mudah mengumpulkan semua transaksi dan memproses menjadi jurnal akuntansi serta menghasilkan laporan keuangan yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa aplikasi akuntansi gratis Bahasa Indonesia yang bisa anda dapatkan secara cuma-cuma alias gratis!

 

Jurnal

Bila Anda mencari aplikasi akuntansi berbahasa Indonesia, Anda dapat mengandalkan Jurnal untuk dapat memenuhi kebutuhan bisnis dan usaha Anda. Jurnal merupakan aplikasi akuntansi yang cukup mudah untuk digunakan karena Anda tidak perlu melakukan instalasi dalam penggunaannya. Selain itu, Anda juga tidak kehilangan data Anda karena Jurnal memiliki sistem untuk melakukan backup secara otomatis. 

Beberapa fitur yang dimiliki Jurnal adalah Faktur, pada fitur ini ada dimungkinkan untuk dapat mengirimkan faktur profesional secara lebih mudah karena sudah terdapat template yang bisa Anda gunakan dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu ada fitur Biaya, Stok Barang, Laporan, Cash Link dan Mobile yang sudah terintegrasi dan dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan yang valid dan lengkap.

Zahir Simply

Zahir simply adalah aplikasi akuntansi yang dibuat oleh PT Zahir Internasional yang bertujuan untuk usaha kecil dan mikro (UMKM) guna membantu UMKM tersebut mengelola keuangan dengan mudah, hal ini berdasar pada permasalahan pada pelaporan keuangan yang dihadapi UMKM yaitu kompleksitas. Sehingga produk ini dirancang agar semua pengelolaan keuangan menjadi sangat mudah dan datang dengan fitur-fitur yang memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari UMKM, salah satunya adalah penggunaan Bahasa Indonesia pada aplikasi akuntansi ini.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Zahir Simply adalah catatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan, mengelola pengeluaran harian, pembayaran piutang dan hutang dan terdapat dasbor yang memudahkan Anda untuk memonitor keuntungan secara realtime. Fitur-fitur tersebut tentu saja membuat Zahir Simply memiliki berbagai keunggulan yaitu dapat mengelola sales dan invoice, mencatat status pembelian, mengelola tagihan dan melakukan rekam pemasukan dan pengeluaran secara mudah.

 

Money Manager EX

Money Manager EX sangat cocok untuk Anda yang menggunakan aplikasi keuangan untuk pribadi atau pedagang tunggal. Seperti aplikasi akuntansi pada umumnya, Money Manager EX berfungsi untuk membantu mengatur keuangan Anda. Salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi akuntansi ini adalah fitur-fitur yang diberikan hampir mendekati aplikasi premium, meskipun aplikasi ini pada dasarnya gratis.

Money Manager EX sudah mendukung berbagai fitur seperti mendukung multi akun dan banyak mata uang, fungsi pencarian yang cukup lengkap dengan filter dan sorting untuk setiap jenis transaksi, fungsi kategorisasi yang membantu setiap transaksi lebih mendetail, mengelola data saham dan aset yang akan memudahkan Anda untuk menghitung nilai perkembangan atau penyusutannya, mengatur anggaran untuk satu tahun kedepan, dan aplikasi ini sudah mendukung berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Karena itulah, aplikasi akuntansi Money Manager EX bisa menjadi salah satu aplikasi akuntansi berbahasa Indonesia gratis yang bisa Anda andalkan.

 

Lamirko

Untuk Anda yang baru saja memulai suatu bisnis, salah satu kesulitan Anda mungkin adalah membuat laporan keuangan. Berangkat dari permasalah ini lah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan aplikasi Laporan Akuntansi Usaha Mikro (Lamirko) untuk Anda yang baru saja memulai suatu bisnis baru. Lamirko adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone yang memang ditujukan untuk para pemula pada bisnis ataupun perorangan.

Lamirko menawarkan fitur-fitur yang cukup untuk sebuah aplikasi akuntansi, seperti Entri Jurnal yang memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan transaksi akuntansi berdasarkan kronologi, Daftar Jurnal yang merupakan rincian dari semua transaksi keuangan dan akun-akun yang terkait dengan transaksi tersebut, Laba dan Rugi yang akan memberikan Anda laporan keuangan yang jelas pada suatu periode tertentu yang menjabarkan unsur pendapatan dan beban sehingga menghasilkan laba atau rugi bersih.

 

Baca juga: Aplikasi Akuntansi Sederhana Untuk UKM

 

Ketiga aplikasi akuntansi tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang baru memulai suatu bisnis atau Anda yang mau membuat pengaturan pemasukan dan pengeluaran pribadi atau rumah tangga menjadi lebih terstruktur, karena ketiga aplikasi tersebut tersedia dengan gratis dan dapat diatur menggunakan Bahasa Indonesia.

Author