Jurnal Enterpreneur

3 Jenis Metode Riset Pemasaran untuk Membuat Produk Laku Dipasaran

Untuk memasarkan sebuah produk, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu target pasar dari produk. Anda dapat mengetahui suatu produk diterima atau tidak di pasar dengan melakukan riset pemasaran. Apa saja jenis metode penelitian atau riset pemasaran untuk mengetahui kondisi pasar? Simak artikel ini.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu Metode Riset Pemasaran?

Riset pemasaran merupakan salah satu jenis metode atau cara untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh permintaan pasar oleh konsumen dan calon konsumen.

Secara definisi, riset pemasaran atau dalam bahasa asing disebut research marketing merupakan suatu kegiatan penelitian sistematis yang dimulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, dan informasi, pengolahan data dan kemudian interpretasi hasil penelitian.

Riset pemasaran ini biasanya dilakukan oleh divisi/bagian marketing.

Tujuan riset pemasaran yakni untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan oleh masyarakat, pasar ataupun pesaing.

Karenanya, setelah melakukan riset pemasaran Anda dapat mengetahui produk/jasa apa yang dibutuhkan, kualitas produk dan Anda juga dapat membuat proyeksi dan potensi permintaan akan produk/jasa dari bisnis Anda.

Kelola Bisnis Trading dan Distribusi Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3 Metode Riset Pemasaran Paling Umum Dilakukan

Terdapat beberapa macam metode riset pemasaran yang disarankan dalam manajemen pemasaran.

Namun, kali ini hanya akan dibahas 3 jenis metode penelitian atau riset pemasaran yang populer dan dapat membantu Anda mengurangi resiko produk Anda tidak laku di pasar.
jenis metode penelitian atau riset pemasaran untuk mengetahui kondisi pasar

Kuesioner

Kuesioner merupakan metode riset pemasaran dengan cara memberikan daftar pertanyaan tentang data yang kita inginkan dan perlukan untuk jenis bisinis yang dipilih.

Sebelum melakukan riset, Anda perlu menyiapkan calon responden. Cobalah untuk memilih pelanggan atau calon pelanggan potensial sebagai responden yang membantu Anda menjawab pertanyaan kuesioner.

Pastikan responden yang Anda pilih mau bekerja sama untuk mengisi kuisioner dengan benar dan jujur. Jika perlu Anda dapat memberikan hadiah, insentif, atau kenang-kenangan sebagai imbalan dan ucapan terimakasih.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Focus Group Discussion atau FGD

Metode riset pemasaran yang kedua ini adalah dengan membuat grup diskusi. Anda dapat membuat sebuah grup atau kelompok yang terdiri dari 15 orang atau lebih.

Grup tersebut berisi 1 moderator, 3 orang peneliti, dan peserta responden. Moderator bertugas untuk mengarahkan jalannya diskusi, peneliti bertugas merekam dan mencatat pengamatan mereka atas respon, reaksi, dan komentar pelanggan.

Forum group discussion atau FGD bisa dilakukan dengan mengambil kelompok yang berbeda maupun kelompok yang memiliki minat yang sama.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Ketika Melalukan Riset Pasar

Survei

Metode riset pemasaran yang ketiga adalah survei. Metode ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana tentang produk/jasa yang akan Anda riset.

Pemilihan responden biasanya dilakukan secara acak dan berdasarkan kesukarelaan. Survei ini berbeda dengan kuesioner, survei cenderung lebih singkat dari kuesioner.

Sekarang, survei sangat mudah dilakukan secara online. Survei secara online mendapatkan respon yang lebih cepat. Jadi jika

Anda menggunakan metode ini dalam riset pemasaran maka Anda akan mendapatkan hal yang positif.

Anda dapat melakukan survei dengan menggunakan web perusahaan, masukkan beberapa pertanyaan untuk memperoleh komentar dan saran dari pengunjung situs web Anda.

Kelola Bisnis Online Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kesimpulan Metode Riset Pemasaran

Riset pemasaran sangat disarankan untuk Anda yang ingin atau baru membuka dan menjalankan bisnis.

Selain itu, jika Anda akan mengeluarkan produk baru juga sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Beberapa biaya mungkin akan Anda keluarkan pada saat riset, tetapi jika berhasil maka keuntungan akan lebih banyak didapat nantinya.

Dengan melakukan riset terhadap pasar, Anda akan lebih tahu apakah produk atau jasa perusahaan Anda cocok dengan market yang Anda pilih.

Baca juga: Tips untuk Menghadapi Persaingan di Bisnis Online

Selain itu, jika Anda sudah memiliki produk sebelumnya, dengan menggunakan metode riset pasar seperti yang disebutkan di atas, Anda mampu membuat produk yang lebih sesuai dan cocok untuk market yang Anda pilih.

Dengan begitu, pelanggan akan lebih menyukai produk yang perusahaan Anda buat. Ini membantu perusahaan menunjang penjualan produk Anda.

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan biaya, sehingga Anda dapat melakukan riset pemasaran dengan baik.

Jurnal juga dapat membantu Anda untuk melakukan pengelolaan keuangan dan membuat laporan keuangan terkini secara realtime melalui fitur laporan keuangan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Anda bisa mencoba Jurnal secara gratis melalui free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Telah dijelaskan oleh blog Jurnal By Mekari mengenai jenis metode penelitian atau riset pemasaran untuk mengetahui kondisi pasar.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya. Jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kategori : BisnisMarketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo