Jurnal Enterpreneur

Tips Cerdas untuk Sukses Berbisnis Properti

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang akan selalu ada dari waktu ke waktu. Hal ini membuat bisnis properti menjadi salah satu pilihan bisnis yang memberikan jaminan kepastian nilai keuntungan kepada investor. Bisnis properti juga tidak akan mengalami penurunan nilai harga dan menawarkan margin serta keuntungan yang besar, karena dari tahun ke tahun harga tanah maupun perumahan akan selalu meningkat.

Jadi ketika Anda memutuskan untuk membeli atau memiliki bisnis properti saat ini, maka bisa dipastikan, kapan pun properti itu dijual, Anda akan memiliki keuntungan dari harga yang semakin tinggi.

Namun perlu diingat, meskipun bisnis properti ini memiliki margin dan keuntungan yang besar, modal yang diperlukan juga cukup besar. Untuk menyiasati hilangnya modal atau penggunaan modal yang terlalu besar, di bawah ini akan kita bahas tips sukses berbisnis properti.

Menjadi Broker Penjualan Rumah


Selain bisa mendapatkan keuntungan besar tanpa banyak mengeluarkan modal, menjadi broker juga bisa menambah wawasan tentang bisnis properti sebelum benar-benar memutuskan berinvestasi dan mengeluarkan banyak modal untuk memiliki dan menjual properti sendiri.

Sebagai gambaran, fee atau uang jasa perantara penjualan properti, secara umum biasanya sebesar 2,5% dari harga penjualan. Jadi jika Anda menjual rumah atau tanah seharga Rp500 juta maka Anda berhak atas komisi penjualan sebesar Rp12,5 juta. Cukup menarik bukan.

Menyewakan Homestay


Memiliki dua properti atau rumah pribadi, adalah sebuah keuntungan. Jika mengontrakkan rumah adalah sistem bisnis properti lama yang menjanjikan keuntungan setahun sekali, maka membuat homestay adalah sebuah solusi cerdas yang akan mendatangkan keuntungan setiap hari, terutama jika Anda tinggal di dekat tujuan wisata.

Sebagai gambaran, jika sebuah rumah dengan tipe 80 disewakan dengan harga 25juta/tahun, maka jika rumah tersebut dijadikan homestay, Anda bisa mendapatkan Rp700ribu/hari. Jika dalam satu bulan homestay tersebut disewa sebanyak 15 hari maka Anda bisa mendapatkan Rp10,5 juta/bulan atau Rp126 juta/tahun.

Memiliki Bisnis Properti Sendiri


Jika pengalaman dan modal yang dimiliki sudah cukup, maka sudah saatnya menjual properti sendiri. Mulailah untuk memilih lokasi yang menarik dan membangun properti sesuai permintaan pasar. Jika Anda masih memiliki minat dan bakat untuk memasarkan, Anda bisa sekaligus menerima jasa perantara bagi penjualan maupun rekonstruksi rumah untuk memperluas usaha.

Membuat Situs online untuk Promosi


Cobalah membuat situs online sebagai sarana berpromosi secara kekinian yang merupakan salah satu strategi dari zero marketing. Dengan membuat situs online, maka biaya yang dikeluarkan untuk berpromosi akan sangat berkurang namun memiliki efek yang luas, karena bisa dilihat dan diakses oleh siapa saja. Strategi ini juga cocok jika Anda ingin memulai bisnis rumahan.

Mengelola Keuangan & Mengembangkan Aset


Jika Anda sudah memiliki bisnis properti sendiri dan keuntungan yang didapat dari penjualan maupun penyewaan properti sudah semakin banyak, maka sudah saatnya Anda mulai memikirkan pengelolaan keuangan yang lebih baik dan melakukan pengembangan aset.

Jurnal, adalah aplikasi akuntansi untuk bisnis yang menyediakan layanan akuntansi untuk mengelola keuangan dengan lebih mudah tanpa perlu instalasi. Dengan beragam fitur-fitur Jurnal, Anda bisa mendapatkan semua kemudahan mulai dari laporan keuangan bisnis, perhitungan pajak, monitoring inventaris dan aset, hingga pengembangan aset yang sangat berguna untuk kepentingan bisnis Anda.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo