Menurut Van Horne dan Wachowicz (2005:193), laporan laba rugi adalah ringkasan pendapatan serta biaya pada suatu perusahaan selama periode tertentu, diakhiri dengan laba serta kerugian bersih pada periode tersebut. Pada masing-masing perusahaan, struktur dari laporan laba rugi berbeda-beda karena menyesuaikan dengan bentuk perusahaannya.

 

Pada perusahaan dagang, laporan laba rugi secara garis besar terdiri dari pendapatan, harga pokok penjualan (perhitungan pembelian bersih dalam penentuan HPP), serta biaya dan beban yang terjadi pada periode tersebut.

Komponen Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Pada laporan laba rugi perusahaan dagang tentu memiliki beberapa komponen yang dapat dibedakan seperti berikut:

1. Pendapatan (income), bisa diartikan sebagai bentuk arus masuk atau peningkatan aset dan penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas/modal.

2. Beban (expenses), Beban diakui sebagai penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode pelaporan dalam bentuk penurunan aset atau arus keluar, atau terjadinya liabilitas yang mengakibatkan penurunan ekuitas.

3. Pendapatan komprehensif lain (Other Comprehensive Income – OCI), adalah total penghasilan dikurangi beban.

4. Harga pokok penjualan (HPP), diakui sebagai biaya yang timbul akibat memproduksi suatu barang dan dijual dalam kegiatan bisnis meliputi, biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. HPP secara sederhana adalah biaya penjualan.

 

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Pada saat membuat laporan laba rugi, jika pendapatan dari perusahaan dagang lebih besar dari pada beban, maka perusahaan akan memperoleh laba. Sebaliknya, jika pendapatan perusahaan dagang lebih kecil dari pada beban, maka perusahaan akan mengalami kerugian. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang.

 

 

Dengan laporan laba-rugi, Anda dapat lebih mudah mengetahui berapa keuntungan maupun kerugian perusahaan. Dengan mengetahui angka pasti laba atau rugi perusahaan, Anda dapat lebih mudah menentukan strategi yang akan Anda gunakan dalam mengembangkan bisnis.

 

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan laba-rugi perusahaan. Hanya dengan memasukkan seluruh transaksi bisnis ke dalam Jurnal, Anda akan dapat melihat secara realtime berapa untung dan rugi perusahaan Anda.

 

Dengan Jurnal, Anda juga dapat membuat semua jenis laporan keuangan secara lengkap, mulai dari laporan arus kas, neraca, laporan pembelian, laporan penjualan, laporan stok barang, laporan aset, dan laon sebagainya. Jurnal juga menyediakan aplikasi tambahan, Jurnal Pay yang memudahkan Anda dalam melakukan penagihan pembayaran hingga mempercepat pembayaran dari pelanggan. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal di sini dan daftarkan bisnis Anda sekarang juga untuk nikmati free trial hingga 14 hari.

Author