Banyak bisnis yang mengalami kegagalan di tahun pertamanya. Hal ini biasanya dikarenakan banyaknya masalah bisnis yang harus dihadapi sendiri terutama masalah keuangan. Untuk mengatasi hal ini, seorang pengusaha membutuhkan jasa akuntan agar bisa lebih fokus mengembangkan bisnisnya. Namun, banyak pengusaha yang merasa terbebani untuk mempekerjakan atau menyewa jasa akuntan. Padahal, dengan jasa seorang akuntan, pengusaha dapat lebih mudah mengelola keuangannya dan dapat lebih fokus pada bisnisnya. Di bawah ini adalah 8 alasan kenapa Anda harus mempercayakan keuangan perusahaan pada akuntan.

 

Mendapatkan Perspektif Baru

Seorang  akuntan yang berasal dari luar bisnis biasanya akan memberikan perspektif yang berbeda. Bertemu dengan seorang akuntan bisa membawa sebuah perspektif baru tentang pengembangan bisnis dari sisi laporan keuangan perusahaan. Dengan melihat dari sisi laporan keuangan, Anda dapat membuat dan menghasilkan ide dan gagasan besar untuk memberikan inovasi terbaru kepada pelanggan Anda. Inovasi ini sangat dibutuhkan, mengingat bisnis merupakan suatu kesatuan yang kompleks dan memiliki banyak kemungkinan di dalamnya.

 

Fokus pada Bisnis Anda.

Sebuah  bisnis akan selalu membutuhkan inovasi untuk berkembang. Untuk menciptakan sebuah inovasi, seorang pengusaha harus fokus mencari ide-ide baru untuk mengembangkan bisnisnya. Seorang pengusaha yang mengerjakan banyak hal secara bersamaan pasti kurang fokus, jadi cobalah untuk berbagi tugas dan mulai menyerahkan sebagian tugas kepada ahlinya. Dengan keberadaan seorang akuntan, Anda dapat lebih mudah fokus mengembangkan bisnis. Bukan hanya itu, dengan melihat laporan keuangan yang disajikan oleh akuntan, Anda juga dapat lebih mudah membuat inovasi yang sesuai dengan kondsi keuangan perusahaan, sehingga inovasi itu bisa dijadikan kenyataan bukan hanya sebuah ide semata.

 

Memiliki Rencana Bisnis

Salah satu alasan ribuan bisnis gagal setiap tahunnya adalah karena mereka tidak memiliki rencana. Ketika ditanya mengapa, mereka berkata, "Saya tidak tahu harus mulai dari mana”, disinilah seorang akuntan berperan. Seorang akuntan yang baik akan bermitra dengan bisnis untuk melihat semua data dan membantu membangun asumsi untuk membuat rencana berikutnya. Menyewa sebuah jasa akuntan ibarat membawa seorang profesional di kapal untuk membantu mengendalikan nahkoda perusahaan agar terus berlayar menuju kesuksesan.

 

Memiliki Analisis Data yang Tepat

Jika semua data hanya disimpan pada database tanpa menganalisis atau menggunakannya untuk membantu pengambilan keputusan bisnis, Anda akan kehilangan kesempatan besar. Mintalah jasa akuntan untuk  membantu menyelam diantara angka-angka nominal yang sudah dihasilkan perusahaan dan gunakan untuk mendorong pertumbuhan bisnis serta profitabilitas yang lebih besar di masa depan.

 

Memiliki Reputasi Profesional

Seorang akuntan yang baik akan mewakili Anda dan perusahaan dengan cara terbaik. Hal ini sangat penting karena dalam dunia bisnis, Anda harus berusaha untuk membangun hubungan yang baik untuk segala aspek kebutuhan bisnis. Misalnya, jika Anda membutuhkan pinjaman modal dari Bank. Keberadaan akuntan akan mempermudah semua laporan keuangan beserta aset yang bisa dibukukan, hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meyakinkan pihak Bank, karena Bank akan benar-benar menilai kelayakan pinjaman dari laporan keuangan yang Anda miliki.

 

Mendapatkan Pencapaian Bisnis

Jangan meremehkan betapa berharganya masukan dari seseorang atau badan usaha akuntan, karena mereka memiliki wawasan dan pengetahuan di ratusan bisnis atau industri. Akuntan tidak hanya melihat informasi keuangan dari banyak bisnis, tapi juga memiliki visibilitas terhadap praktik terbaik yang bekerja untuk bisnis lain dan juga kesalahan yang telah dilakukan orang lain, sehingga menyebabkan kegagalan. Dengan begitu, mereka akan memberikan Anda informasi tentang apa yang telah atau belum berhasil bagi orang lain, sehingga bisa menjadi pembelajaran bagi bisnis Anda untuk mendapatkan pencapaian bisnis.

 

Menentukan Pajak dengan Tepat

Beberapa pengusaha mungkin sangat ahli di bidang bisnis, namun memiliki kesulitan untuk melakukan perhitungan untuk menentukan besaran pajak. Menurut survey Badan Keuangan dan Perpajakan Indonesia, 87% pengusaha kecil sering mengalami kesulitan untuk menentukan dan menghitung pajak. Dengan adanya akuntan, Anda tak perlu repot lagi menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan.

 

Menemukan Keseimbangan Kehidupan

Terlepas dari apakah Anda seorang pengusaha baru atau lama, seorang pengusaha di bidang apapun biasanya berjuang untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Menjaga keseimbangan adalah tantangan utama bagi pengusaha. Untuk mendapatkan keseimbangan antara bisnis dan kehidupan, disinilah Anda membutuhkan peran seorang akuntan. Dengan memilki seorang akuntan, Anda dapat menyerahkan sebagian tugas, terutama tentang pengelolaan keuangan. Hal ini tentu dapat memberikan banyak waktu untuk menyeimbangkan antara kerja dan kehidupan pribadi Anda.

 

Itulah 8 alasan kenapa pengusaha harus mempercayakan keuangan bisnisnya kepada akuntan. Untuk memudahkan Anda dan akuntan bekerja secara cepat dan tepat, Anda dapat melakukan kolaborasi secara online melalui software akuntansi. Dengan software akuntansi online, pihak akuntan memiliki visibilitas data keuangan secara realtime. Dengan laporan secara realtime, Anda maupun akuntan dapat mengetahui laporan keuangan dan dapat segera membuat asumsi untuk menentukan rencana bisnis ke depan.

Jurnal adalah software akuntansi online yang juga memberikan kemudahan dalam proses akuntansi untuk menjadi sebuah laporan keuangan. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan aman. Bukan hanya itu, untuk Anda yang tidak mau repot mengelola keuangan bisnis sendiri, Jurnal juga menyediakan jasa akuntan untuk membantu mengelola bisnis. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang Jurnal ataupun konsultan Jurnal, Anda bisa lihat informasi lengkapnya di sini.  

Author