Jurnal Enterpreneur

Seputar Studi Kelayakan Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Pengertian studi kelayakan bisnis adalah riset yang dilakukan sebelum memulai bisnis dengan tujuan apakah usaha bisa menghasilkan profit atau tidak. Bagaimana cara melakukannya? Baca penjelasannya di artikel ini.

Apakah Anda sedang memiliki ide bagus untuk bisnis Anda? Misal seperti di bidang makanan, membuat sambal resep nenek moyang.

Mungkin, Anda menerima pujian sehingga Anda merasa sambal tersebut sebagai peluang bisnis, tetapi Anda tetap perlu melakukan riset untuk melihat apakah ide tersebut benar-benar menguntungkan.

Salah satunya dengan studi kelayakan pada ide bisnis Anda tersebut.

Kelola Usaha Mikro Kecil Secara Efektif dengan Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis 

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis 

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis adalah proses yang terkontrol untuk mengidentifikasi masalah, peluang usaha, menentukan tujuan, menggambarkan situasi, menentukan hasil yang sukses dan menilai berbagai biaya dan manfaat yang terkait dengan beberapa alternatif untuk memecahkan masalah.

Studi kelayakan bisnis digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berdasarkan kelangsungan usaha atau proyek yang sebenarnya.

Sebuah studi kelayakan mencakup enam bidang, mulai dengan deskripsi bisnis, pasar, teknologi yang Anda perlukan, detail finansial dan struktur organisasi bisnis, dan kesimpulan tentang bagaimana bisnis Anda akan maju.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Seberapa Penting Studi Kelayakan Bisnis?

Seberapa Penting Studi Kelayakan Bisnis?

Diperkirakan, hanya satu dari 50 ide bisnis yang sebenarnya layak secara komersial. Oleh karena itu manfaat studi kelayakan bisnis sangat banyak dan menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghindari kerugian yang besar atau sumber daya lebih lanjut (Gofton 1997; Bickerdyke et al. 2000).

Jika bisnis dipandang layak dari hasil studi, langkah berikutnya adalah melanjutkan rencana bisnis secara sepenuhnya.

Penelitian dan informasi yang ditemukan dalam studi kelayakan akan mendukung tahapan bisnis Anda.

Sebagai contoh, analisis pasar yang baik diperlukan untuk menentukan kelayakan konsep bisnis. (Poni 2000; Hoagland & Williamson 2000; Truitt 2002; Thompson 2003).

Baca juga : Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Terbaik untuk Jaga Performa Bisnis

Manfaat dan Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

5 Tips Work From Home Agar Pegawai Tetap Produktif

Manfaat yang didapatkan Anda bisa lebih memahami peluang, menguji konsep bisnis saat ini, menambah kepercayaan diri dalam menjalankan bisnis dan memantapkan aspek keuangan.

Berikut manfaat dan dan tujuan studi kelayakan bisnis atau usaha menurut Kasmif dan Jafar (2007).

Mengurangi Risiko Kerugian

Meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan. Hal ini karena segala hal yang akan datang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu untuk melakukan analisis studi kelayakan untuk memperkecil risiko.

Memudahkan Perencanaan Bisnis

Dengan adanya studi kelayakan bisnis, maka kedepannya mempermudah perencanaan bisnis.

Perencanaan yang meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan

Perencanaan yang disusun dapat mempermudah penerapannya, proses bisnis yang dilakukan secara tersusun membuat setiap orang dalam bisnis mempunyai pedoman dan tetap fokus pada tujuan, lalu rencana bisnis dapat tercapai sesuai dengan apa yang di rencanakan.

Memudahkan Pengawasan 

Dengan pelaksanaan yang sesuai dengan rencana yang telah disusun berdasarkan studi kelayakan bisnis, maka pengawasan dalam proses bisnis akan lebih mudah.

Pengawasan dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Memudahkan Pengendalian

Bila terjadi penyimpangan pada bisnis, Anda akan mudah untuk memperbaikinya dan dapat langsung untuk dikendalikan sehingga penyimpangan yang terjadi tidak terlalu jauh.

Baca juga : Panduan Lengkap Evaluasi & Perencanaan Bisnis

Tahapan dan Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Tahapan dan Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Ketika Anda akan melakukan studi kelayakan pada bisnis Anda, maka berikut tahapan yang dapat dilakukan :

1. Penemuan Ide

Agar dapat menghasilkan ide bisnis yang laku di pasaran dan menguntungkan, diperlukan penelitian yang terorganisasi dengan baik serta dukungan sumber daya yang memadai.

Seperti ide, pengambilan keputusan yang benar dan yakin bahwa ide Anda menghasilkan laba. Contoh, Anda memiliki ide menjual sambal dengan resep nenek moyang.

Kelola Marketplace dan Lacak Semua Transaksi dengan Lebih Mudah, dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

2. Penelitian

Setelah ide bisnis dipilih, Anda harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan hasil, menyimpulkan dan membuat laporan hasil atas bisnis sambal Anda.

Ide tersebut dikaji berdasarkan aspek keuangan, manajemen, dan aspek lainnya secara mendalam untuk mendapat masukan dan mengevaluasi bisnis tersebut.

3. Evaluasi

Selanjutnya, Anda membandingkan ide bisnis anda dengan satu atau lebih standar lainnya sesuai dengan studi kelayakan bisnis.

Contoh, Anda membandingkan seluruh ongkos yang akan ditimbulkan dengan benefit yang akan diperoleh.

Baca juga: Minuman dan Makanan Paling Laris Sebagai Ide Usaha

4. Pengurutan Usulan yang Layak

Jika terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis yang dianggap layak, perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang mempunyai skor tertinggi jika dibanding usulan lain berdasar kriteria penilaian yang telah ditentukan.

5. Rencana Pelaksanaan

Setelah rencana bisnis dipilih, perlu dibuat rencana kerja pelaksanaan pembangunan proyek. Mulai dari penentuan jenis pekerjaan, jumlah dan kualifikasi karyawan, ketersediaan dana dan sumber daya lain serta kesiapan manajemen.

Contohnya, setelah yang dipilih adalah rencana bisnis sambal A, maka pelaksanaan untuk membangun proyek bisnis sambal serta rencana operasional rutinnya perlu disiapkan.

6. Pelaksanaan

Selanjutnya setelah melakukan studi kelayakan dan melalui proses diatas, Anda melaksanakan operasional bisnis secara rutin.

Agar selalu bekerja secara efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan laba perusahaan, dalam operasional perlu juga mengevaluasi bisnis dari fungsi keuangan, pemasaran, produksi dan operasi.

Baca juga : Rahasia Strategi Bisnis Kreatif Infia di Tengah Krisis COVID-19

Aspek yang Disarankan dalam Melakukan Studi Kelayakan Bisnis

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Setelah Anda mengetahui pengertian, urgensi, manfaat, tujuan dan tahapan studi kelayakan, terdapat berbagai aspek yang harus Anda miliki selama proses studi kelayakan. Selain gambar diagram diatas, berikut aspek studi kelayakan bisnis secara singkat.

1. Ringkasan 

Merumuskan narasi yang menjelaskan perincian proyek, produk, layanan, rencana, atau bisnis.Contoh, penjualan sambal dengan resep nenek moyang terbaik.

2. Teknologi

Tanyakan pada diri Anda apa yang diperlukan. Apakah Anda memilikinya? Jika tidak, bisakah Anda mendapatkannya? Berapa biayanya?

Contohnya, seperti penggunaan software akuntansi keuangan  Jurnal untuk membantu Anda meninjau dan mengevaluasi ulang keuangan bisnis Anda secara real-time.

Beralih ke Jurnal, coba demo gratis Jurnal sekarang juga!

3. Pasar

Bagaimana pasar yang ada di Indonesia, perhatikan pasar-pasar lokal yang lebih luas lagi untuk penjualan sambal Anda.

4. Strategi Pemasaran

Jelaskan secara rinci bagaimana Anda memasarkan produk atau layanan Anda. Seperti cara menjual, target pasar apakah secara online atau tidak.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5. Karyawan

Apa kebutuhan sumber daya manusia untuk bisnis Anda?

6. Keuangan

Bagaimana keuangan bisnis Anda akan berjalan? Buat laporan keuangan, laba-rugi, neraca, anggaran bisnis hingga arus kas.

Bahkan, jika Anda menggunakan Jurnal, Anda dapat memperbarui ketersediaan barang di mana saja dan kapan saja.

Untuk mempermudah sebuah laporan keuangan yang profesional dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia, Anda bisa menggunakan Jurnal akuntansi online sebagai mitra usaha Anda.

Jurnal memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mempermudah pencatatan keuangan usaha UKM atau UMKM.

Semisal laporan stok barang di gudang, fitur biaya yang dapat menghitung semua jumlah pengeluaran usaha serta pembuatan invoice dengan 11 jenis desain pilihan yang pastinya akan membuat usaha Anda tampil semakin profesional.

Tentu saja Anda bisa mencoba gratis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan Aplikasi Jurnal By Mekari.

Klik saja banner atau tombol yang ada dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan mengenai pengertian studi kelayakan bisnis, tujuan, dan manfaatnya. Pastikan Anda melakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu karena hal ini adalah penting sebelum memulai usaha .

Ikuti media sosial Jurnal untuk informasi lainnya tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo