Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis kecil adalah hubungan kerja sama yang baik antara pemilik dan para karyawan. Hubungan kerja sama yang baik antara pemilik dan karyawan akan memberikan dampak positif terhadap produktivitas bisnis. Untuk membangun bisnis dengan baik, mari kita bahas 4 cara bagi pemilik bisnis kecil untuk membangun hubungan yang baik dengan karyawan.

Memimpin Lewat Contoh

Hampir tidak ada orang yang suka dengan atasan yang hanya memberi perintah. Seorang bawahan biasanya jauh lebih termotivasi untuk berkembang pada saat dipimpin oleh seorang atasan yang dapat memberikan teladan dan memberikan petunjuk yang sesuai pada saat dibutuhkan. Ada perbedaan jauh di mentalitas karyawan pada saat dipimpin oleh atasan yang dapat memberikan contoh dibandingkan dengan seorang atasan yang hanya mengawasi dan memberikan pekerjaan.

Dengarkan Bawahan Anda dan Hormati Mereka

Seorang atasan yang sembarangan mempergunakan wewenang dan menuntut semua bawahannya untuk hanya mendengarkannya akan menimbulkan konflik dan kehilangan rasa hormat dari para bawahan.

Oleh karena itu, untuk menjalin hubungan yang baik dengan para bawahan, Anda selaku seorang atasan harus menunjukkan rasa hormat dan mendengarkan keluhan bawahan Anda. Perhatikan kata-kata mereka, ingatlah perbedaan di cara kerja masing-masing bawahan, dan belajar untuk melihat hal-hal dari sudut pandang mereka. Tindakkan ini akan sangat membantu Anda dalam meminimalisasi konflik yang dapat terjadi di tempat kerja Anda.

Dengan menghormati bawahan Anda, Anda juga dapat belajar menghargai perbedaan yang diberikan oleh masing-masing bawahan Anda ke dalam bisnis Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengelola kekuatan dan kelemahan yang dari tiap bawahan Anda.

Konfrontasi Langsung Potensi Masalah

Tidak ada orang yang suka melakukan konfrontasi terhadap situasi sulit, namun sebagai seorang atasan, hal ini merupakan tanggung jawab Anda.

Apapun konflik yang ada, dapat memperburuk suasana di tempat kerja yang berakibat di menurunnya produktivitas kerja. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan konfrontasi sebelum konflik itu menyebar dan memburuk.

 

Minta Masukan yang Membangun, dan Terapkan

Orang pada umumnya suka tidak sadar pada kekurangannya sendiri. Namun, tentunya penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana perasaan rekan kerja dan para bawahan ketika bekerja bagi Anda. Oleh karena itu kita perlu terus menerus meminta masukan dan kemudian terus memperbaiki diri untuk menjamin kenyamanan rekan kerja dan para bawahan kerja bersama kita.

Perlu ditekankan bahwa sangat penting bagi kita untuk benar-benar melakukan sesuatu terhadap masukan yang telah diberikan. Jika kita hanya meminta masukan tanpa melakukan apa-apa akan membuat rekan kerja dan para bawahan kita merasa bahwa kita tidak menanggapi masukan mereka dengan serius dan memperburuk hubungan kerja yang telah ada.