Bagi Anda pengguna excel atau iSpreadsheet, mungkin istilah akuntansi cloud atau cloud accounting masih terasa asing di telinga. Pada dasarnya, cloud accounting adalah program akuntansi berbasis online yang menyediakan layanan laporan keuangan. Artikel ini akan membahas pentingnya penggunaan cloud accounting bagi perkembangan bisnis Anda.

Mengapa akuntansi offline mulai ditinggalkan?

Pada umumnya, pembuatan laporan keuangan dengan sistem akuntansi offline seperti Ms. Excel atau iSpreadsheet membutuhkan usaha manual. Karena itu, penggunaan akuntansi offline biasanya memiliki beberapa kelemahan, yaitu:

  • Membutuhkan pengetahuan akuntansi yang luas untuk memasukkan formula.

  • Semakin banyaknya klien, baik dari pelanggan maupun supplier, maka sistem akan semakin kompeks karena kapasitas semakin besar.

  • Memiliki tingkat kesalahan yang tinggi.

  • Informasi antar divisi tidak sinkron dan terhubung karena masing-masing memiliki formatnya sendiri.

  • Memakan waktu relatif lama.

  • Membutuhkan lebih banyak tenaga.

  • Keamanan data kurang terjamin.

Mengapa Akuntansi Cloud?

Saat ini jutaan pebisnis muda, termasuk pemilik start up, telah beralih pada sistem akuntansi cloud atau cloud accounting. Hal ini dikarenakan secara kualitas dan kuantitas sistem akuntansi online memiliki beberapa keunggulan berikut:

1. Tingkat akurasi yang tinggi

Penggunaan sistem akuntansi online memperkecil risiko kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan. Jika sebelumnya Anda harus bersusah payah memasukkan formula untuk mendapatkan hasil dari data-data yang dimasukkan, maka sekarang Anda cukup memasukkan data-data tersebut dan Anda akan mendapatkan format laporan yang Anda inginkan. Formula-formula yang sudah diatur dalam aplikasi membuat data terkalkulasi secara otomatis. Hasilnya? Data yang tidak perlu diragukan keakuratannya.

2. Efisiensi waktu

Dengan adanya sistem akuntansi online, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer demi membuat sebuah laporan keuangan. Dengan banyaknya fitur-fitur yang tersedia, Anda dapat memproses data Anda menjadi beberapa laporan instan sekaligus dalam waktu yang singkat.

3. Akses yang tak terbatas

Sebagai pebisnis Anda perlu mengetahui kondisi keuangan perusahaan tanpa dibatasi tempat dan waktu. Siapapun dapat mengakses laporan perusahaan atas izin Anda. Selama masih tersedia jaringan internet, Anda dan pegawai dapat mengakses laporan keuangan yang tersimpan dalam akun Anda pada kondisi apapun.

Siapkah Anda untuk Perubahan?

Saatnya Anda membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi. Bisnis Anda harus mengikuti perkembangan zaman untuk tetap memiliki daya saing. Penelitian membuktikan bahwa pebisnis yang mengikuti perkembangan teknologi dan menggunakannya memiliki peningkatan pelanggan dan profit yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Hal ini dikarenakan mereka dapat bekerja lebih cepat dan lebih baik dengan hasil yang maksimal.

Beralih menggunakan hal baru tidaklah mudah bagi sebagian pebisnis. Namun dengan adanya sistem belajar streaming atau guideline penggunaan, Anda dapat dengan mudah mempelajarinya. Saat ini perusahaan akuntansi memiliki tim support yang akan melayani pertanyaan Anda selama 24 jam. Selain itu, Anda juga dapat mengundang tim untuk melakukan training penggunaan program pada pegawai Anda. Banyak cara untuk belajar selama Anda mau untuk berkembang.

Anda telah mengetahui manfaat dan keunggulan akuntansi cloud dibandingkan dengan akuntansi offline atau tradisional. Dengan adanya layanan akuntansi cloud, sekarang Anda dapat memantau aktivitas finansial perusahaan secara langsung. Waktu Anda pun tidak terbuang sia-sia.

Gambar:
pixabay.com

unsplash.com

Author