Apa itu Software Akuntansi?

Banyak pelaku bisnis atau praktisi usaha yang belum memahami lebih dalam apa itu software akuntansi? Menjawab pertanyaan ini, software adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan fungsinya masing-masing, salah satunya adalah software akuntansi.

Pengertian Software Akuntansi

Pengertian software akuntansi adalah program komputer yang berfungsi untuk mempermudah pencatatan transaksi dan aktivitas akuntansi lain.

Bentuk dari aktivitas akuntansi adalah berbagai pencatatan terkait keuangan, seperti utang-piutang, modal, aset, biaya, dan sebagainya.

Pencatatan itu juga tak terlepas dari aktivitas membuat faktur (invoice), menyusun laporan keuangan, manajemen aset, manajemen stok barang, dan rekonsiliasi bank. Melalui program komputer akuntansi, semua kegiatan tersebut dapat diselesaikan secara mudah.

Tanpa adanya program akuntansi, pemilik bisnis maupun manajer keuangan akan menghabiskan banyak waktu untuk membuat laporan keuangan dan sejenisnya. 

Sebelum ada software keuangan, semua tugas yang berhubungan dengan keuangan dan akuntansi dikerjakan secara manual. Mencatat transaksi penjualan, mengirimkan invoice, hingga perhitungan dan pembuatan laporan keuangan. Bagian keuangan perusahaan harus memasukkan data secara teliti satu per satu untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah ada terbaru untuk memudahkan aktivitas akuntansi dengan memanfaatkan program komputer dan koneksi internet. Dikenal dengan nama software akuntansi yang artinya adalah sebuah perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menyederhanakan operasional keuangan.

Software ini sudah mulai banyak digunakan oleh bisnis berskala besar, menengah, maupun kecil. Secara sederhana, perangkat lunak akuntansi merupakan entry data tunggal yang digunakan untuk menyimpan data individu. Sementara yang lebih canggih dapat digunakan untuk mengelola utang-piutang hingga membuat laporan keuangan yang lengkap.

Fitur Software Akuntansi Ini Harus Menjadi Pertimbangan, Apa Saja?

Manfaat Software Akuntansi

Dengan menerapkan software akuntansi pada bisnis Anda, beberapa manfaat yang dapat didapatkan adalah:

  1. Pengerjaan laporan keuangan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Perlu diingat bahwa laporan keuangan adalah aspek yang sangat krusial bagi perusahaan. 

 

  1. Kesalahan dalam pengerjaan laporan keuangan akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan. Melalui program akuntansi yang sistemnya berjalan otomatis, kesalahan yang diakibatkan human error dapat diminimalisir. 

 

  1. Jika terjadi kesalahan, Anda hanya diminta untuk memperbaiki data yang telah diinput saja. Anda tidak perlu mengulang seluruh proses perhitungan dari awal. Secara waktu dan tenaga tentu saja hal ini lebih efektif. 

 

  1. Ketika semua pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi berjalan secara otomatis maka akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Artinya, karyawan Anda tidak perlu lagi mengerjakan pekerjaan yang sifatnya administratif sehingga lebih fokus pada pekerjaan strategis. 

 

  1. Software accounting mampu mendukung keputusan yang akan diambil perusahaan. Hal ini karena seluruh data yang tersimpan dalam sistem komputer dapat digunakan sebagai data pendukung. 

 

  1. Pemantauan kesehatan pasar global dapat dipantau melalui sistem komputer. 

3. Memilih Software Akuntansi Terbaik

Setelah memahami pengertian dan manfaatnya bagi perusahaan, kini saatnya Anda memilih software terbaik. Bagaimana caranya?

  1. Perhatikan sistem keamanan data yang digunakan
  2. Memiliki kemudahan akses
  3. Didukung oleh layanan customer support
  4. Memastikan tidak ada biaya tambahan
  5. Memiliki fitur yang bisa customized sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan
  6. Menawarkan uji coba gratis di awal untuk melihat kesesuaian fitur dengan kebutuhan perusahaan. 

 

Jika Anda sedang mencari software akuntansi online terbaik yang memiliki fitur customized dan dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan , Jurnal by Mekari merupakan salah satu jawabannya.

Jurnal hadir untuk membantu Anda mengelola keuangan perusahaan dan aktivitas akuntansi lainnya secara mudah.

Khusus Agustus 2020 ini, bagi yang berlangganan Jurnal selama 2 tahun, Anda akan mendapat gratis berlangganan 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ini di website Jurnal atau coba demo gratis software Jurnal selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

CTA promo agustus 2020

 


PUBLISHED06 Aug 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: