Pengertian Customer Support dan Dampaknya untuk Bisnis

Mengelola bisnis merupakan hal yang memerlukan banyak energi. Tidak hanya di awal membangun bisnis tetapi juga selama bisnis berjalan. Setiap detail informasi dan layanan serta produk yang dihasilkan dari bisnis, harus berorientasi kepada kebutuhan pasar karena pasar yang menentukan apakah suatu produk bisa diterima atau tidak. Customer Support merupakan salah satu dari banyak cara untuk menjaga agar produk tetap bisa diterima oleh pasar. 

Customer Support pada dasarnya adalah rangkaian aktivitas layanan pelanggan untuk membantu pelanggan mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan produk ataupun jasa dari perusahaan. Yang termasuk ke dalam customer support adalah instalasi produk, perakitan produk, pelatihan, pelayanan komplain, perawatan, penambahan kelas, pemecahan masalah, dll. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam urusan customer support. Tetapi paling tidak sebagian besar poin dari customer support tetap sama.

Pelayanan pelanggan atau customer support adalah bagian yang penting dalam bisnis. Dengan adanya customer support, pelanggan merasa lebih akrab dengan perusahaan dan tentunya hal tersebut membuat pelanggan lebih percaya terhadap perusahaan.

Customer support yang baik akan menimbulkan hubungan timbal balik yang positif antara pelanggan dan perusahaan.

Berikut adalah dampak customer support  (CS) untuk bisnis:

1. Meningkatkan Penjualan

Salah satu yang termasuk kedalam customer support adalah penjelasan terhadap produk. Ketika CS yang baik menjelaskan fungsi dan cara kerja produk dengan tepat, maka kemungkinan besar penjualan akan terjadi. Selain itu, CS yang menangani komplain atau instalasi dengan baik juga bisa memberikan kesan profesionalisme dari perusahaan sehingga pelanggan merasa senang dengan pelayanan perusahaan. Ini membuat pelanggan tetap setia dan bisa menambah penjualan.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan adanya CS, pelanggan bisa mendapatkan pelayanan secara maksimal. Meskipun hanya menangani komplain, ini menandakan bahwa perusahaan serius menangani pelanggan dan tidak meremehkan mereka. Kesan ini akan membangun keyakinan dari pelanggan untuk tetap loyal terhadap produk dari perusahaan Anda. Pelanggan yang loyal bisa saja merekomendasikan bisnis Anda kepada tetangga, keluarga, bahkan kolega sehingga bisnis Anda akan lebih dikenal.

Baca juga: Pentingnya Customer Value dalam Bisnis dan Manfaatnya

3. Memberikan Pencitraan Positif

Pelayanan pelanggan bisa menjadi pencitraan positif suatu perusahaan. Ini akan membantu perusahaan untuk membangun merk dan menjadikan perusahaan lebih unggul dari kompetitor. Banyaknya pelanggan yang merasa senang dengan bisnis Anda akan membuat orang lain percaya kepada bisnis Anda. Ini juga membantu memberikan pencitraan baik untuk bisnis Anda sehingga orang tidak akan ragu menggunakan produk Anda.

4. Area Kerja yang Positif

Ini merupakan dampak tidak langsung yang diterima oleh para pekerja atau karyawan bisnis Anda. Dengan banyaknya pelanggan yang percaya terhadap bisnis Anda, maka penjualan juga akan semakin meningkat. Kemudian pencitraan baik atas perusahaan Anda juga semakin bertambah. Hal ini membawa area kerja yang positif di lingkungan bisnis Anda. Bayangkan jika banyak sekali pelanggan yang tidak puas dengan produk Anda sehingga membuat penjualan menurun dan banyak orang yang komplain. Ini tentunya membawa area kerja Anda ke dalam lingkungan yang negatif. Sehingga pekerjaan menjadi tidak terselesaikan karena karyawan sudah putus asa dengan perusahaan.

Manfaat-manfaat yang tertulis di atas merupakan bagian yang penting tentang mengapa customer support adalah hal yang baik untuk perusahaan. CS adalah bagian yang sangat penting dalam hal meningkatkan penjualan dan menjaga agar para pelanggan tetap setia terhadap bisnis Anda. CS yang baik akan membawa perusahaan lebih sukses dari sebelumnya.

Penanganan pelanggan saat ini bisa menggunakan software aplikasi seperti Jurnal yang menyimpan data pelanggan sehingga CS perusahaan bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Database Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba  gratis Jurnal secara langsung.

 


PUBLISHED22 May 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: