Jurnal Enterpreneur

Pengertian Customer Focus & Strateginya

Mengembangkan sebuah bisnis dari nol perlu memiliki banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Menjalankan bisnis tidak hanya sekedar tentang mengelola produk dan berhasil menjual, tetapi ada faktor lain yang juga harus dipertimbangkan agar bisnis tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah memahami customer focus.

Pengertian Customer Focus dan Tujuannya

4 Alasan Kenapa Bisnis Butuh Perencana Keuangan

Customer focus adalah orientasi dari rangkaian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Customer focus merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis. Customer focus membuat pemilik bisnis lebih menyadari kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Sehingga bisa diketahui bagian mana yang perlu difokuskan agar bisnis lebih berkembang.

Tujuan utama dari customer focus adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Customer focus juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis. Setiap pelanggan dan bisnis memiliki jenis dan strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain. Masing-masing keadaan tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain.

Note: Perusahaan dapat menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelian terakhir, frekuensi dan nilai moneter seperti Recency,MonetaryValue, dan Frequency serta hanya mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang memiliki nilai transaksi tertinggi. 

Strategi Membangun Customer Focus yang Efektif

Memahami customer penting dilakukan agar bisa menerapkan nilai dan tujuan suatu perusahaan. Jadi pelanggan akan lebih tersentralisasi dan target pasar selalu berada di area yang tepat. Untuk membangun customer focus yang efektif, berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan:

1. Mempererat kolaborasi

Ketika orientasi perusahaan berada pada pelanggan, maka kolaborasi akan terjadi dengan mudah. Pelanggan yang paham akan kebutuhannya dan opininya didengar oleh perusahaan, akan membantu perusahaan untuk membuat produk yang lebih sesuai dengan target pasar dan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan.

Dengan begini, kolaborasi antar tim penjualan dan produksi akan terjalin dan bisa membuat produk yang sesuai dengan harapan pasar. Penjualan juga semakin meningkat ketika produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Buat Pelanggan Merasa Didengar

Customer focus membuat perusahaan lebih fokus terhadap pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan adalah prioritas yang penting. Penanganan pelanggan yang baik dan professional akan memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan.

Dengan pelanggan yang merasa didengar dan dipedulikan, mereka akan lebih percaya kepada perusahaan dan produk-produk Anda.

CTA Jurnal

3. Menggunakan Kritik dan Saran dari Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin paling tahu tentang apa produk Anda dan bagaimana cara kerjanya. Tetapi pelanggan Anda yang paling paham apakah produk Anda benar-benar bisa bermanfaat saat digunakan atau tidak.

Inilah yang membuat pentingnya mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan. Karena mereka adalah pengguna produk Anda sehingga mereka tahu betul apakah produk Anda benar-benar sukses digunakan.

4. Menggunakan Data dan Empati

Customer focus akan membuat Anda memiliki banyak data dari pelanggan. Entah itu berupa kritik dan saran, maupun hanya sekedar komplain dari pelanggan. Seluruh data ini dapat diolah dengan baik dan membantu Anda untuk meningkatkan produksi Anda selanjutnya.

Menggabungkan data tersebut dengan empati akan membuat Anda lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan. Jadi Anda akan membuat suatu produk yang lebih tepat sasaran pada target pasar. Hal ini lebih baik dibanding mengirim ratusan email pemasaran yang mengganggu.

5. Gunakan Banyak Channel

Permudah cara pelanggan Anda untuk menghubungi Anda. saat ini ada banyak teknologi yang tersedia untuk komunikasi. Jangan hanya berikan email dan nomor telepon, Anda juga bisa menambahkan akun sosial media atau bahkan nomor whatsapp agar mempermudah pelanggan menghubungi Anda.

Ini merupakan salah satu bukti bahwa Anda peduli terhadap pelanggan. Mengingat teknologi sudah semakin canggih dan hampir semua orang paham penggunaan sosial media.

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda, Customer focus juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal. Jurnal sebagai software akuntansi online dengan fitur biayanya siap menjadi mitra yang handal.

Penanganan pelanggan saat ini bisa menggunakan software aplikasi seperti Jurnal yang menyimpan data pelanggan sehingga customer focus perusahaan bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Jurnal dapat melihat kemampuan perusahaan dalam melakukan pembiayaan melalui laporan keuangan maupun beban biaya yang telah ditanggung dari periode sebelumnya.

Jurnal juga dapat memberi dukungan analisis keuangan dan konsultasi ahli dari beberapa konsultan keuangan yang menjadi dimiliki Jurnal. Dapatkan semua informasi penting Jurnal atau segera coba gratis Jurnal selama 14 hari.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo