Pentingnya Customer Value dalam Bisnis dan Manfaatnya

Salah satu aspek kesuksesan bisnis yang penting adalah customer value. Dalam menjalankan bisnis, kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya diukur dengan melihat seberapa besar angka penjualan maupun angka keuntungan yang didapat. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah customer value.

Customer value adalah total manfaat yang diterima oleh customer baik tangible maupun intangible dikurangi dengan pengorbanan yang dikeluarkan (expense). Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat ditemukan customer satisfaction atau tingkat kepuasan pelanggan. Langkah ini akan sangat membantu untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Ada 4 tipe dari customer value yaitu functional value, monetary value, social value, dan psychological value. Functional value merupakan solusi apa yang ditawarkan oleh suatu produk kepada pelanggan. Monetary Value adalah tentang bagaimana uang yang dibayarkan sesuai dengan kualitas suatu produk. Social Value adalah bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa spesial seperti bisa merasa membantu satu sama lain misalnya. Psychological value merupakan bagaimana suatu produk bisa membuat pelanggan merasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

9 Ide Bisnis yang Dapat Dilakukan Mahasiswa

Customer value merupakan sebuah kombinasi antara functional benefit atau manfaat fungsional suatu barang dan emotional benefit atau manfaat dari sisi emosional suatu produk. Maksudnya adalah setiap produk memiliki 2 fungsi di mata pelanggan, yaitu fungsional dan emosional.

Contoh dari functional benefit atau manfaat fungsional adalah teknologi, kualitas, kemudahan, dan manfaat lain dari suatu produk secara fungsi. Sedangkan untuk emotional benefit atau manfaat emosional contohnya seperti merek, lifestyle, dan reputasi sebuah produk. Dua hal tersebut sangat berhubungan erat dalam suatu produk dan tentunya akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan atau customer value.

Functional benefit dan emotional benefit juga berpengaruh dalam penentuan harga untuk pemilik usaha. Misalnya saja Anda pemilik usaha sepatu. Secara manfaat fungsional, sepatu yang Anda buat merupakan sepatu yang nyaman digunakan untuk berjalan dalam jangka waktu yang lama, selain itu desainnya juga memudahkan untuk memakai dan melepas. 

Baca juga: Raih Konsumen dengan Customer Insight untuk Brand Anda

Keunggulan produk sepatu Anda seperti yang dijelaskan di atas tentunya bisa membantu Anda memasang harga yang lebih tinggi dibandingkan sepatu yang lainnya. Karena tidak semua sepatu memiliki manfaat fungsional seperti Anda. Ini menjadikan sepatu Anda lebih unggul secara fungsi dibandingkan sepatu lain.

Sedangkan manfaat emosional contohnya adalah ketika Anda memiliki merek yang kuat. Mungkin sepatu Anda memiliki fungsi yang sama dengan sepatu lain, tetapi jika Anda memiliki merek yang kuat, maka Anda bisa memasang harga pada sepatu Anda lebih tinggi dibandingkan dengan sepatu lainnya. 

Dengan memikirkan kedua manfaat suatu produk seperti di atas, tentunya akan membantu setiap pengusaha untuk menempatkan produk mereka dan meningkatkan customer value. Tentu saja ini akan berdampak kepada bisnis. Jika customer value yang didapat memiliki nilai yang tinggi, artinya banyak pelanggan yang puas dengan produk yang Anda buat. Sebaliknya, jika customer value yang didapat rendah, maka berarti pelanggan kurang puas dengan produk Anda.

Customer value memungkinkan Anda menyampaikan nilai produk Anda dengan menyesuaikan pandangan konsumen

Maka dari itu, memikirkan segi manfaat dari suatu produk sebelum membuat produk adalah hal yang sangat penting ketika memulai bisnis. Pastikan juga Anda mengetahui kompetisi yang ada untuk produk yang Anda rilis. Dengan mengetahui kompetisi atau produk dari lawan bisnis Anda, Anda akan semakin jelas untuk membuat produk yang memenuhi functional benefit maupun emotional benefit.

Hal ini dapat ditentukan ketika memulai Value Proposition Design saat merancang sebuah usaha. Sehingga Anda bisa mengetahui siapa saja kompetitor dari produk Anda dan apa saja keunggulan serta kekurangan dari produk kompetitor. Pahami dengan jelas sehingga Anda bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar Anda.

Customer Value menjadi salah satu bagian yang sangat penting karena saat ini kepuasan pelanggan sangat berpengaruh dalam kelancaran bisnis. Dengan banyaknya pelanggan yang puas, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan yang loyal sehingga memperluas bisnis Anda akan semakin mudah dilakukan dengan banyaknya pelanggan yang percaya kepada Anda.

Itulah penjelasan singkat bagaimana nilai konsumen menjadi penting bagi bisnis Anda terutama pada marketing. Sedangkan untuk urusan keuangan bisnis, Anda dapat menyerahkannya pada Jurnal. Sebagai software akuntansi  terbaik di Indonesia, Jurnal memiliki ragam fitur yang dapat membuat bisnis Anda semakin berkembang. Mulai dari pelaporan keuangan, manajemen keuangan dan stok barang, hingga rekonsiliasi bank. Dapatkan free trial Jurnal selama 14 hari untuk dapatkan pengalaman mudahnya kelola keuangan bisnis!


PUBLISHED22 May 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: