Jurnal Enterpreneur

Mengenal Fungsi dan Peran Akuntansi Dalam Dunia Bisnis

Sebuah bisnis, baik besar maupun kecil, publik maupun swasta, untuk  mencari keuntungan atau tidak mengutamakan keuntungan (nirlaba), akan selalu didorong oleh angka nominal yang tercatat dalam proses akuntansi mereka.

Seorang manajer yang cerdas tahu bahwa angka tersebut akan berguna untuk melacak penjualan, mengelola persediaan, atau membuat perencanaan perhitungan gaji karyawan.

Sebuah perusahaan yang mengetahui fungsi dan peran akuntansi secara pasti akan mempertimbangkan beberapa aspek akuntansi di luar laporan keuangan sederhana dari sisi transaksi debit dan kredit saja.

Mengenal Fungsi dan Peran Akuntansi Dalam Dunia Bisnis

Untuk memperdalam wawasan kita tentang fungsi dan peran akuntansi, di bawah ini akan kita bahas pentingnya pemahaman tentang akuntansi untuk bisnis.

Apa Tujuan dari Fungsi Akuntansi?

Tujuan utama dari setiap fungsi akuntansi adalah pencatatan keuangan yang berkelanjutan.

Informasi keuangan dari semua jenis biaya dari biaya operasional, gaji, sumbangan, pengeluaran barang modal, investasi, arus kas, dan juga utilitas, harus diteliti minimal setiap bulan sekali.

Hasil penelitian dan pelaporan keuangan tersebut akan menjadi sebuah catatan keuangan bisnis yang pada akhirnya dapat digunakan dalam berbagai cara dan memberi gambaran kepada seorang manajer tentang kondisi dan kesejahteraan finansial perusahaan pada waktu tertentu.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Pentingnya Memahami Peran Akuntansi Keuangan Di Dalam Bisnis

Bentuk Utama Akuntansi

Tiap data yang terkumpul dalam pencatatan keuangan hanya bermakna jika telah digunakan.

Untuk menggunakan data dengan benar, seorang manajer keuangan akan memecah fungsi akuntansi menjadi dua bentuk utama yaitu akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Kedua bentuk akuntansi ini mengandalkan arus data keuangan yang sama, sedangkan perbedaan utama mereka terletak pada fokus dan orientasi waktunya.

Manajemen akuntansi, fokusnya bersifat internal dan melihat ke depan, namun akuntansi keuangan, fokusnya bersifat eksternal dan melihat ke belakang.

Baca Juga : Fungsi, Aktivitas, dan Berbagai Jenis Akuntansi

Akuntansi Manajemen

Akuntansi digunakan secara internal untuk merencanakan dan mengambil langkah maju secara finansial.

Dengan fungsi ini, akuntan melihat riwayat catatan arus data keuangan serta ekonomi saat ini. Serta membuat asumsi tentang tren dan apa arti tren bagi masa depan perusahaan.

Akuntan manajerial akan melihat perlunya membuat kemajuan yang harus memberi dampak baik menurut departemen.

Menurut wilayah atau lini produk, dan membuat perkiraan  mengenai harapan penjualan, kinerja, harga, biaya, dan kebutuhan tenaga kerja.

Dengan peran akuntansi manajemen, seorang manajer keuangan akan mencoba memprediksi masa depan keuangan perusahaan.

Dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan harapan tersebut.

Baca Juga : 6 Peran Akuntansi Manajemen Sektor Publik dalam Organisasi

Akuntansi Keuangan

Peran akuntansi keuangan, penekanannya adalah saat melihat data masa lalu dengan tujuan untuk menentukan nilai sebuah perusahaan secara keseluruhan.

Karena akuntansi keuangan ini disajikan lebih banyak untuk pihak eksternal perusahaan, maka penghitungannya harus tepat dan benar.

Akuntansi keuangan yang dicatat harus sesuai  dengan prinsip akuntansi yang berlaku untuk umum agar terhindar dari masalah hukum.

Laporan akuntansi keuangan ini akan turut memengaruhi para pemegang saham dan investor untuk memutuskan apakah perusahaan publik bernilai undervalued (murah).

Sehingga layak diinvestasikan atau dinilai terlalu tinggi dan harus dihindari.

Kreditur akan menggunakan informasi yang sama untuk memutuskan.

Apakah organisasi nirlaba memiliki catatan risiko yang rendah, sebelum memberi pinjaman uang kepada mereka.

Sedangkan, pada instansi pemerintah akan menggunakan informasi  ini untuk menentukan nilai pajak pada sebuah perusahaan.

Baca Juga : Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam Perusahaan

Dari penjelasan di atas, sekilas kita akan memahami fungsi dan peran akuntansi bagi sebuah bisnis.

Jika Anda masih mengalami kesulitan terkait dengan akuntansi perusahaan yang sedang Anda kelola, Anda bisa mendapatkan kemudahan dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Jurnal.

Jurnal adalah aplikasi akuntansi perusahaan berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam proses akuntansi seperti membuat laporan keuangan.

Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman dalam mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Daftarkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang!

Kategori : BisnisKeuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo