Siapa bilang menjadi seorang pengusaha itu mudah dan menyenangkan? Setiap pengusaha pasti pernah mengalami masalah, atau mereka lebih senang menyebutnya tantangan. Tantangan yang dialami setiap pengusaha pun bermacam-macam, seperti tantangan saat ingin membuat inovasi. Untuk membuat inovasi pengusaha harus lebih fokus untuk mencari inspirasi, namun inspirasi tidak bisa datang begitu saja. Menonton film adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menemukan inspirasi bisnis. Tidak semua film bisa memberikan inspirasi bagi pengusaha, lalu apa saja bisnis yang dapat memberikan inspirasi? Inilah 5 film yang dapat memberikan inspirasi bisnis.

 

The Social Network

Siapa yang tidak kenal dengan Mark Zuckerberg? Co-founder dari Facebook ini memiliki kisah inspirasi yang diceritakan melalui film The Social Network pada tahun 2010. Film ini menceritakan tentang perjuangan Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard yang berhasil meluncurkan jaringan media sosial terpopuler di dunia. Dengan menonton film ini, Anda akan dapat pemahaman baru mengenai bisnis startup, sangat cocok untuk Anda yang sedang membangun atau ingin mencoba bisnis startup.

 

Tampan Tailor

Film ini menceritakan tentang perjuangan hidup Topan, seorang penjahit yang harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan putra tunggalnya Bintang. Dengan menonton film ini, Anda dapat lebih memahami arti sebuah perjuangan dalam hidup. Topan yang awalnya sempat kehilangan usaha jahitnya telah mencoba berbagai pekerjaan, mulai dari calo tiket, pemeran pengganti, hingga menjadi penjahit di salah satu pabrik. Melalui kerja keras dan tekadnya, akhirnya topan berhasil dan sukses membuat toko jahitnya sendiri.

 

Mimpi Sejuta Dolar

Film yang diangkat dari novel karangan Merry Riana ini menceritakan tentang kisah perjuangan Merry di Singapura. Ia diungsikan oleh orang tuanya ketika kondisi di Indonesia tidak stabil. Merry pergi ke Singapura hanya berbekal uang yang cukup untuk lima kali makan, hal itu mengharuskan Merry bekerja untuk bertahan hidup. Untuk mencukupi kebutuhannya, Merry bekerja sebagai penyebar brosur, bisnis online, hingga bermain saham yang berisiko tinggi. Kondisi ekonomi Merry mengalami pasang surut, namun ia tetap semangat dan berusaha hingga akhirnya kesuksesan dan kebahagiaan datang menghampirinya. Dengan menonton film ini, Anda akan lebih tahu arti dari perjuangan dan bagaimana tetap bersemangat meski kegagalan sering datang.

 

The Intern

Film ber-genre drama ini menceritakan tentang kisah Ben seorang kakek 70 tahun yang telah pensiun. Meski di masa pensiunnya ia telah sukses namun ia tetap merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Hingga suatu hari ada sebuah situs fashion online yang membutuhkan seorang senior intern, Ben memutuskan untuk magang di tempat tersebut. Siapa sangka, kakek berusia 70 tahun ini harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan bergabung dengan rekan kerjanya yang usianya jauh lebih muda. Film ini akan mengajarkan Anda bahwa masa pensiun tidak selalu menjadi akhir untuk berkarya dan belajar.

 

Jerry Maguire

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang agen atlet yang sukses, pandai bernegosiasi, menguasai bisnis, memiliki banyak teman, dan menjadi dambaan para wanita. Jerry Maguire memiliki karir yang cemerlang di tempat kerjanya hingga suatu hari ia dipecat secara mendadak dari perusahaan tempatnya bekerja. Karena tidak ingin menjadi seorang pengangguran, Jerry memutuskan untuk membangun perusahaan mulai dari nol. Kegagalan sering dihadapi Jerry, tak hanya itu, ia juga mendapat cacian dan penolakan dari keluarga dan teman-temannya. Namun, dengan kerja kerasnya Jerry berhasil membuktikan bahwa ia mampu mencapai sebuah kesuksesan lewat bisnis.

Itulah lima film yang dapat memberikan inspirasi dalam bisnis. Dengan adanya inspirasi, Anda akan lebih mudah dalam membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis. Selain inspirasi, Anda juga membutuhkan laporan keuangan yang memudahkan dalam melihat posisi keuangan bisnis Anda sehingga dapat lebih mudah memuat rencana dalam mengembangkan bisnis. Jurnal software akuntansi online dapat memberikan laporan keuangan secara instan dan real-time. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.

Author