Meeting dengan klien merupakan satu kegiatan yang sering dilakukan di dunia bisnis. Sukses atau tidaknya sebuah meeting ditentukan dari diri sendiri, di mana Anda dapat menarik perhatian klien yang secara otomatis dapat memengaruhi perkembangan bisnis menjadi lebih baik. Berikut beberapa tips meeting dengan klien yang bisa Anda lakukan.

 

Datang Tepat Waktu

Datang ke meeting tepat waktu adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Dengan datang tepat waktu, Anda sudah menunjukkan seberapa besarnya Anda menghargai waktu. Hal ini tentu bisa membuat klien percaya bahwa Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek dengan tepat waktu.

 

Berikan Kesan yang Baik

Dalam meeting, pasti terkadang Anda merasa gugup dan cemas. Itu semua karena Anda kurang percaya diri. Untuk memberikan kesan yang baik, cobalah untuk lebih percaya diri dan tunjukan kemampuan Anda secara maksimal. Mulailah berpikir positif, kuasai materi presentasi, dan cobalah berpenampilan yang rapi dan sopan.

 

Buat Materi Presentasi dengan Baik

Sebelum meeting, biasanya Anda harus menyiapkan materi dalam bentuk powerpoint. Dalam membuat materi, cobalah masukkan data yang singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami oleh klien. Anda juga bisa menambahkan image atau ilustrasi yang memudahkan Anda dalam menjelasakan materi ke klien.

 

Tunjukan Kemampuan

Setelah menyiapkan materi, tunjukan kemampuan Anda dengan menguasai materi yang ingin Anda sampaikan. Pelajari semua materi yang ada untuk menjelaskan semua secara detail, sehingga Anda dapat menjawab semua pertanyaan dari klien. Dengan begitu, klien akan lebih percaya bahwa Anda bisa menjalankan suatu proyek dengan benar.

 

Berikan Kesempatan pada Klien

Meskipun tujuan meeting Anda untuk mempresentasikan suatu proyek, Anda juga harus memberikan kesempatan kepada klien untuk menanyakan sesuatu atau memberikan feedback untuk kepentingan proyek. Dengan mempersilakan klien untuk bertanya, mereka akan merasa lebih dihargai. Jadi, lakukan komunikasi dua arah saat Anda melakukan meeting dengan klien ataupun rekan kerja lainnya.

 

Tanyakan Kejelasan

Setelah meeting selesai, cobalah hubungi klien atau calon klien Anda untuk mengonfirmasi atau follow up akan kejelasan meeting tersebut. Cobalah ajak klien Anda makan siang di luar atau lakukan kegiatan rutin sebulan sekali untuk mempererat hubungan. Dengan begitu, klien akan bertahan lama dengan perusahaan Anda. Bukan hanya itu, dengan hubungan yang baik, calon klien pun akan datang menghampiri perusahaan Anda.

 

Itulah beberapa tips meeting yang harus Anda ikuti untuk menjaga klien dengan baik. Dengan adanya klien dalam bisnis, perusahaan Anda akan berjalan dengan baik dan terus berkembang. Selain tips berikut, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan untuk perusahaan dan bisnis yang lebih baik. Dengan laporan keuangan, Anda dapat mengetahui dengan jelas kondisi keuangan perusahaan. Jurnal, software akuntansi online yang didesain khusus untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis secara realtime. Info selanjutnya mengenai Jurnal, dapat Anda lihat di sini.

Author