Mengenal Software Akuntansi yang Sesuai dengan Sistem Akuntansi di Indonesia

Software akuntansi di Indonesia sudah menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah bisnis. Tidak hanya untuk mengatur keuangan tetapi juga membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan tepat. Saat ini, sudah banyak perusahaan di Nusantara yang menggunakan software akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan mereka.

Hal yang membuat banyak perusahaan percaya dengan software akuntansi adalah sistem dari software akuntansi tersebut yang sudah sesuai dengan sistem akuntansi di Indonesia. Jadi pemilik usaha tidak perlu lagi dipusingkan dengan peraturan. Mereka hanya tinggal menggunakan software akuntansi saja.

Sistem Akuntansi yang Berlaku di Indonesia

Ekuitas Pemegang Saham, Klasifikasi dan Komponennya

Meskipun ada banyak sekali software akuntansi yang beredar di pasaran, tidak semua software akuntansi tersebut memenuhi standar sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia. Jika tidak menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan standar tersebut, maka perusahaan akan kesulitan mencocokkan dengan peraturan yang berlaku.

Beberapa standar akuntansi di Indonesia yang harus ada dalam software akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. PSAK – IFRS

    Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan adalah sebuah standar praktik akuntansi yang digunakan di Indonesia. Standar ini merupakan aturan baku yang mengatur pencatatan, penyusunan, perlakuan, dan penyajian laporan keuangan.

    Standar PSAK diberlakukan untuk suatu entitas atau perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik.

  2. SAK – ETAP

    Merupakan Standar Akuntansi Perusahaan untuk entitas atau perusahaan yang tidak memiliki akuntabilitas publik. Misalnya seperti untuk pemilik yang tidak terlibat langsung dalam pengelolaan usaha, kreditur serta lembaga pemegang kredit.

    Tujuan dari SAK-ETAP adalah untuk menciptakan fleksibilitas untuk proses akuntansi dan juga untuk memberikan kemudahan akses ETAP untuk pendanaan dan perbankan.

    Note: Kenali, cermati, dan pahami bagaimana Pentingnya Memahami Aplikasi Akuntansi untuk Pengusaha

  3. Standar Akuntansi Syariah (SAS)

    Standar Akuntansi Syariah atau SAS merupakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Syariah. Pernyataan ini ditujukan untuk entitas yang melakukan transaksi syariah. Baik itu entitas syariah maupun non syariah.

    Pengembangan SAS mengacu kepada fatwa MUI. yang termasuk kedalam SAS adalah kerangka konseptual, laporan keuangan syariah, akuntansi murabahah, mudharabah, musyarakah, salam, istishna.

  4. SAK EMKM

    SAK EMKM bisa juga disebut dengan ED SAK EMKM merupakan Exposure Draft Standar Akuntabilitas Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Standar ini disusun untuk memenuhi kebutuhan usaha kecil, mikro, dan menengah.

    Acuan dari standar ini adalah Undang-Undang No 20 tahun 2008 yang membahas tentang Usaha mikro, kecil, menengah.

Banner Blog

Hal yang Harus ada di Software Akuntansi  Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan para pemilik usaha di Indonesia, software akuntansi perlu memenuhi standar yang telah ditetapkan. Standar tersebut tidak hanya mempermudah proses akuntansi, tetapi juga membantu perusahaan untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku di Indonesia.

Misalnya saja untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang transaksi syariah. Standar yang ditetapkan berbeda dengan sistem akuntansi yang lain. Jadi untuk bisa mengelola akuntansi perusahaan dengan transaksi syariah diperlukan software akuntansi yang memenuhi sistem akuntansi Indonesia.

Salah satu software akuntansi yang memenuhi standar sistem akuntansi Indonesia adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi terpercaya yang berasal dari Indonesia dan di dalamnya terdapat fitur-fitur yang sesuai dengan sistem akuntansi Indonesia. Tentunya berdasarkan aturan yang jelas juga.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang berkembang di Indonesia, hal yang tidak bisa diabaikan adalah pelaporan keuangan atau sistem akuntansi perusahaan. Jurnal memiliki sistem akuntansi yang bisa disesuaikan dengan sistem yang berlaku di Indonesia. Baik itu syariah, PSAK, bahkan untuk UKM.

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda, laporan keuangan juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal. Dengan fitur yang jurnal lengkap, maka laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis. Segera gunakan Jurnal, gratis untuk bisnis Anda selama 14 hari.

 


PUBLISHED24 Jul 2020
Desy
Desy


Kategori : Bisnis