Begini Cara Pembuatan Faktur Pembelian Kredit Bukti transaksi merupakan dasar dari sebuah pencatatan keuangan. Salah satu bukti transaksi yang sering digunakan oleh perusahaan adalah faktur pembelian kredit. Walaupun sering menggunakannya dalam dunia bisnis, masih banyak orang yang mengalami kebingungan memahami apa itu faktur pembelian. Secara sederhana pengertian dari faktur pembelian adalah bukti transaksi pembelian yang diterima oleh seorang pembeli. Dengan kata lain, bukti transaksi itu merupakan faktur penjualan yang dibuat oleh pihak penjual. Intinya, bergantung pada sudut pandang saja. Faktur pembelian dapat digunakan sebagai bukti fisik jika pembeli melakukan komplain atas barang yang sudah dibeli. Oleh karena itu, biasanya penjual membuat faktur ini walaupun tidak diminta oleh pembeli. Contoh dari faktur pembelian adalah Purchase Order (PO), Surat Jalan, dan Surat Penawaran. Baca juga bagaimana software invoice online membantu pengelolaan faktur bisnis Definisi Faktur Pembelian Kredit Jika barang dibeli secara kredit, maka bukti transaksi yang keluar adalah faktur pembelian kredit. Tujuan dari faktur ini adalah bukti tagihan dari supplier. Intinya, sebagai catatan pengakuan utang atas pembelian barang dagang secara kredit kepada supplier. Dalam transaksi secara mencicil, faktur pembelian kredit berguna bagi penjual sebagai bukti penagihan utang yang harus segera dibayar oleh pembeli sesuai termin yang disepakati. Fungsi Faktur Pembelian Kredit Banyak pebisnis belum mengetahui lebih rinci terkait fungsi dari faktur pembelian terhadap proses bisnis yang dijalankan. Berikut beberapa fungsi faktur pembelian kredit yang dirangkum oleh Jurnal: Sebagai Bukti Transaksi Kredit Fungsi utama dari faktur ini adalah sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi pembelian dari pihak perusahaan atau aktivitas penjualan dari sudut pandang supplier secara kredit. Faktur ini memuat informasi detail tentang produk beserta dengan harga yang sangat berguna bagi penjual maupun pembeli. Informasi Nilai Tagihan Di dalam faktur pembelian terdapat informasi tentang besarnya nilai tagihan terhadap pembelian barang. Informasi inilah yang digunakan untuk acuan besaran uang yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada penjual. Dokumen Pendukung Catatan Keuangan Faktur pembelian adalah bukti transaksi yang sah secara ilmu akuntansi. Dokumen ini merupakan bukti sah untuk pencatatan keuangan perusahaan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Bukti Fisik Klaim Karena bermanfaat sebagai bukti transaksi, maka faktur pembelian dapat digunakan sebagai alat klaim bagi konsumen saat melakukan transaksi. Konsumen bisa melakukan klaim atau retur jika barang yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan. Baca juga: Kenali Jenis dan Contoh Invoice yang Penting untuk Bisnis Cara Membuat Faktur Pembelian Kredit Pada dasarnya, cara pembuatan faktur pembelian kredit dapat dilakukan melalui berbagai cara, baik secara manual maupun memanfaatkan bantuan software akuntansi. Jika menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal by Mekari, proses pembuatan faktur pembelian sangat mudah, yakni seperti berikut ini: Langkah 1: Mengelompokkan Jenis Transaksi Pertama, Anda harus mengelompokkan transaksi yang terjadi dengan mengisi beberapa data, seperti nama supplier, tanggal transaksi, nomor pengiriman, dan biaya kirim. Selain itu, disertakan pula alamat pengiriman, alamat penagihan, dan metode pembayaran yang digunakan. Jangan lupa untuk memasukkan nomor transaksi yang berguna untuk pengecekan transaksi. Langkah 2: Mengisi Informasi Produk Selanjutnya, Anda harus mengisi detail produk seperti nama produk, harga (termasuk Pajak Pertambahan Nilai/PPN), dan deskripsi produk secara lengkap. Jika barang dibeli dalam jumlah banyak, harap sertakan harga per unit. Jika terdapat diskon, Anda juga harus memasukkan informasinya di sini. Tambahkan juga informasi jika pembeli telah membayarkan sejumlah uang muka. Baca juga: Contoh Faktur Penjualan dan Komponen Penting di Dalamnya Langkah 3: Menyimpan Informasi yang Sudah Diisi Di sinilah kemudahan ketika Anda menggunakan software akuntansi dalam membuat faktur pembelian. Langkah terakhir adalah dengan klik “Buat Faktur”, selanjutnya secara otomatis semua informasi yang Anda isi akan tersimpan dalam pencatatan. Faktur pembelian sudah siap untuk dikirimkan kepada pembeli. Anda bisa mencetaknya atau mengirimkannya secara digital melalui email. Salah satu program akuntansi yang bisa digunakan untuk membantu Anda membuat faktur pembelian kredit adalah Mekari Jurnal. Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran. Dengan menggunakan aplikasi accounting online Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal. Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang! Itulah penjelasan singkat tentang faktur pembelian kredit. Semoga bermanfaat!