Biaya Peluang: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Kasus

Peluang secara umum diartikan sebagai kesempatan. Istilah peluang muncul dari berbagai bidang ilmu salah satunya adalah ekonomi dan juga matematika. Dalam ilmu matematika peluang adalah metode untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Sedangkan dalam ilmu ekonomi, ada istilah biaya peluang untuk mengidentifikasikan kemungkinan yang terjadi.

Sebagai seorang akuntan atau ahli keuangan, Anda perlu memahami apa dan bagaimana biaya peluang bisa terjadi. Artikel ini akan membahas lengkap terkait biaya yang biasa disebut sebagai biaya alternatif atau alternative cost.

Apa itu Biaya Peluang?

Secara sederhana, biaya peluang (opportunity cost)  atau biaya alternatif adalah biaya yang timbul karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain.  Selain itu biaya alternatif ini berfungsi sebagai tolak ukur dari biaya ekonomi yang harus dikeluarkan dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan. Misalnya, jika lebih banyak sumber daya digunakan untuk memproduksi makanan, akan lebih sedikit sumber daya yang digunakan untuk memproduksi minuman. Biaya peluang muncul, karena adanya pilihan yang dilakukan individu-individu, perusahaan, dan masyarakat atas kelangkaan yang dihadapi. Bila digambarkan dalam semua skema terlihat seperti ini.

Biaya peluang muncul karena adanya pilihan-pilihan akibat dari kelangkaan

Seperti diketahui, sumber-sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas, sehingga memaksa manusia untuk melakukan pilihan dalam kehidupannya. Pilihan yang dibuat akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain, dan opportunity cost ini yang akan mejadi alat ukur untuk menetukan berapa biaya produksi yang akan dikeluarkan.

Menurut Paul A Samuelson, ahli ekonom Amerika Serikat menyatakan bahwa biaya alternatif sangat erat kaitannya dengan perilaku trade-off atau tarik ulur. Trade-off sendiri adalah meningkatkan suatu nilai produk dengan mengurangi kualitas lainnya.

Penerapan biaya alternatif sebenarnya sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika Anda saat ini mengalami masalah finansial dan biasanya Anda mengonsumsi daging dan makanan lengkap, karena situasi tersebut Anda harus lebih menghemat biaya yang dikeluarkan dan membuat biaya alternatif untuk membuat makanan alternatif pula. Hal itu dilakukan agar Anda tetap bisa makan di situasi apapun.

Baca juga: Cara Melacak dan Menghitung Biaya Overhead

Ciri Ciri Biaya Peluang

Terdapat beberapa karakteristik dari biaya alternatif. Berikut ciri ciri biaya peluang:

  • Cara menghitung opportinity cost tidak selalu dikaitkan dengan uang. Namun dapat dihubungkan dengan kebahagiaan, waktu, benefit yang diperoleh di masa mendatang, dan lainnya.
  • Mempunyai banyak possibility terkait dengan kegunaannya.
  • Penetapan pilihan opportunity cost tergantung maksud dan kondisi setiap individu/perusahaan.
  • Biaya peluang pada umumnya merupakan kebutuhan sekunder maupun tersier.

Manfaat Perhitungan Biaya Peluang

a. Membuka Kesempatan Usaha & Meminimalkan Risiko

Dengan memanfaatkan biaya peluang, Anda akan memiliki sejumlah perbandingan dalam menentukan keputusan yang dirasa cocok dan tidak membawa faktor risiko yang cukup besar jika terjadi sesuatu di luar dari dugaan. Selalu ada risiko dalam menjalankan usaha, namun dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka Anda sudah meminimalkan peluang terjadinya risiko, karena sangat tidak mungkin menghilangkannya secara keseluruhan.

b. Membantu Perhitungan  Modal

Modal juga merupakan salah satu dasar faktor yang mendukung bisnis Anda. Di zaman sekarang sudah banyak pihak-pihak yang ingin meminjamkan modal dengan syarat dan ketentuan berlaku. Modal untuk membangun sebuah bisnis memang tidak sedikit butuh biaya yang banyak di samping biaya tambahan jika ada pengeluaran yang harus dikeluarkan dengan mendadak. Biaya peluang membantu Anda untuk memprediksi berapa kisaran modal yang harus Anda miliki sebelum membangun sebuah bisnis dengan rencana dan keseriusan.

c. Mempermudah Menentukan Prioritas

Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda memiliki banyak ide tentang peluang bisnis yang ingin dijalani. Tetapi menjalankan semua bisnis yang membutuhkan banyak biaya dan energi dalam waktu yang bersamaan kadang akan terkesan rumit dan membutuhkan banyak biaya.  Agar Anda bisa menjalankan bisnis yang paling penting, ekonomis, dan berpotensi mendatangkan keuntungan banyak lebih dulu, maka biaya peluang akan membantu Anda untuk memiliki prioritas atau sesuatu yang harus Anda pilih lebih dahulu dibanding yang lain.

d. Menghemat Pengeluaran Usaha

Karena dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka perusahaan akan memiliki prioritas. Ini berarti, sama halnya perusahaan tidak membutuhkan dana tambahan untuk pembiayaan yang tidak perlu dan berfokus pada pembiayaan pokok menyangkut prioritas usahanya, sehingga menimbulkan dampak penghematan pengeluaran secara tidak langsung.

Cara Menghitung Opportunity Cost

Apa yang Anda lakukan jika menghadapi situasi kelangkaan dan disuguhkan banyak pilihan-pilihan sehingga timbul untuk menentukan biaya alternatif? Terdapat dua hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghitung biaya alternatif, yaitu:

  1. Jika ada dua pilihan, maka akan dihitung nilai peluang yang dikorbankan alias yang tidak dipilih.
  2. Jika ada lebih dari dua pilihan, maka akan dihitung nilai peluang terbaik yang dikorbankan.

Pada dasarnya biaya peluang harus selalu memberi keuntungan. Jika dilihat dari segi biaya, maka pilihan biaya atau beban terendah menjadi biaya alternatif. Sedangkan jika dilihat dari segi produksi maka dipilih sektor apa yang dapat menghasilkan lebih banyak produk.

Baca juga: Kenali Business Continuity Plan (BCP): Strategi Hadapi Krisis Bisnis

Contoh Permasalahan Biaya Peluang Disewakan VS Digunakan

Perusahaan “Lestari” memiliki sumber daya bangunan yang merupakan aset perusahaan. Terdapat dua pilihan terkait bangunan tersebut. Pertama, bangunan tersebut disewakan atau memakai bangunan untuk kegiatan operasional perusahaan. Menurut perhitungan biaya sewa bangunan sekitar Rp 200.000.000/tahun.

Jika perusahaan memilih untuk menyewakan bangunan, maka perusahaan akan mendapatkan benefit dari nilai sewa. Akan tetapi perusahaan kehilangan peluang untuk memakai bangunan untuk kegiatan operasional (biaya peluang).

Dengan adanya pemahaman  tentang biaya peluang di atas, diharapkan sebagai pemilik usaha Anda dapat lebih bijaksana dalam beberapa hal seperti:

  • Menentukan permasalahan yang sedang terjadi.
  • Mengenali dengan seksama berbagai kemungkinan atau alternatif-alternatif yang ada.
  • Menetapkan data dan biaya yang relevan dengan keputusan yang akan diambil.
  • Mengevaluasi data, dengan metode yang berkaitan pada berbagai alternatif atau evaluasi yang seharusnya dibuat.
  • Mempertimbangkan faktor-faktor kualitatif.
  • Keputusan dan alasan diambilnya keputusan tersebut.

 Jurnal software akuntansi online yang akan membantu Anda memiliki perhitungan terkait data, evaluasi data, angka, dan nominal keuangan perusahaan yang akan digunakan untuk menghitung biaya peluang yang akan muncul dengan adanya pilihan yang harus didahulukan. Jurnal juga memiliki pengelolaan aset yang akan menangani aset Anda agar bernilai lebih besar dan memiliki nilai ekonomis lebih lama sehingga peluang biaya yang dimiliki usaha Anda akan lebih menguntungkan. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini


PUBLISHED01 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: