Perbedaan Akun Bisnis Whatsapp VS. Akun WA Biasa

Sejak bulan September lalu, WhatsApp telah menguji aplikasi sekaligus layanan baru yang ditujukan untuk pengguna bisnis, mulai dari UKM hingga perusahaan besar, yang ingin memakai aplikasi pesan instan untuk berkomunikasi dengan konsumennya.

Whatsapp Marketing: Strategi Meningkatkan Penjualan

Aplikasi ini bernama WhatsApp Bisnis (Business) dan ia menjadi aplikasi mandiri yang berbeda dengan aplikasi WhatsApp orisinal.

Logo kedua aplikasi ini masih mirip, hanya saja pada bagian tengahnya, WhatsApp Business memajang huruf B kapital, dan ini adalah pembeda utamanya dengan WhatsApp orisinal yang sampai sekarang setia memasang ikon telepon.

Tak lama setelah diumumkan, WhatsApp mulai mempersilakan sejumlah pengguna untuk mengunduh dan menjajal aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store.

Kamu tentu penasaran perbedaan apa saja yang ada di antara kedua aplikasi WhatsApp ini, berikut ini penjelasan dari kami agar kamu tidak lagi bingung dengan aplikasi baru dari perusahaan milik Facebook tersebut.

Nama Akun WhatsApp Business

Ini yang paling penting kamu ketahui sejak awal dari akun WhatsApp Business.

Setelah kamu mengunduh aplikasi di Play Store atau App Store, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon, lalu memasukkan kode unik yang dikirim via SMS sebagai bagian dari verifikasi data.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nama akun bisnis di WhatsApp Business. Di kamu akan menemukan peringatan awal bahwa nama akun bisnis itu tidak bisa diubah, jadi harus mantap betul soal penamaan akun WhatsApp Business tersebut.

Kami sendiri telah mencoba untuk mengubah nama akun bisnis di WhatsApp Business, dan memang kami tidak bisa mengubahnya.

Ada Profil Bisnis

Namanya juga untuk bisnis, pengguna jelas diharuskan mengisi profil usahanya secara detail. Pengguna wajib mengisi deskripsi keterangan bisnisnya, situs perusahaan, alamat, nomor teleponnya, dan lain sebagainnya.

Itu semua dibutuhkan agar WhatsApp kelak bisa memberikan simbol centang hijau sebagai akun bisnis yang telah terverifikasi. Fitur ini jelas tidak ada di WhatsApp biasa, yang penggunanya hanya bisa mengisi nama dan statusnya.

Bisa Pakai Nomor Telepon Perusahaan

Fitur menarik yang dimiliki WhatsApp Business adalah pengguna dimungkinkan memakai nomor telepon perusahaan, selain nomor seluler, untuk membuat akun bisnisnya. Sebuah hak istimewa yang tidak ada di WhatsApp orisinal.

Dengan demikian pemilik bisnis bisa memisahkan akun bisnis mereka dari nomor selulernya yang dipakai untuk akun pribadi, sehingga percakapan privat tidak tercampur dengan profesional.

Migrasi Percakapan Antar Ponsel dan Akun

Layanan lain yang ditawarkan WhatsApp Business adalah migrasi percakapan, yang memungkinkan pengguna bisa transfer chat mereka dari satu perangkat ke perangkat lain atau satu akun ke akun bisnis.

Migrasi percakapan ini penting untuk pemilik usaha yang menggunakan satu-satunya nomor seluler untuk akun WhatsApp.

Punya Fitur Auto Response

Pelanggan adalah raja. Sebagai pemilik usaha, kamu harus bisa melayani pelanggan sepenuh hati setiap saat, walau hanya sekadar menjawab pertanyaan mereka yang terkadang datang di luar jam kerja.

WhatsApp mengerti akan kondisi itu. Untuk meringankan beban pebisnis, WhatsApp Business hadir dengan fitur Auto Response. Pebisnis bisa menciptakan pesan balasan apapun dan mengirimnya secara otomatis ketika kamu tidak ada waktu untuk membalas pesan pelanggan.

Pesan balasan ini akan langsung terkirim ketika ada konsumen mengontak kamu secara personal. Sementara di grup, pesan itu bakal dikirim ketika ada pelanggan me-mention kamu.

Ada Analisis Data Interaksi Pelanggan

Data statistik penting untuk bisnis kamu. Itu sebabnya mereka bakal menyediakan informasi detail terkait interaksi pelanggan dengan basis analisis, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan dibaca.

Untuk bisa membaca analisis pengguna WhatsApp Business, cukup tekan opsi yang ada di kanan atas percakapan, kemudian masuk pengaturan dan pilih statistik.

Sejatinya percakapan antara WhatsApp Business dan WhatsApp orisinal atau sebaliknya tidak jauh berbeda. Semua pesan percakapan juga terenkripsi secara end-to-end.

Hanya saja bagi pengguna WhatsApp standar, kamu akan menerima notifikasi pop-up yang memberi tahu kamu tengah berbincang dengan akun bisnis ketika baru pertama kali berkomunikasi.

Lalu kapan WhatsApp Business mulai dikomersialkan?

Saat ini aplikasi masih dalam tahap pengembangan alias beta sehingga belum resmi dirilis. Kamu masih bisa mencobanya dengan mendaftar sebagai tester dengan mengisi serangkaian survei dari WhatsApp.

Jika permintaan kamu dikabulkan, WhatsApp bakal mengirim sebuah tautan unduh aplikasi WhatsApp Business di Google Play Store atau Apple App Store, tergantung kamu memakai ponsel Android atau iPhone.

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Business

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Business. Perlu pertimbangan matang jika Anda ingin menggunakan aplikasi whatsapp business. Seperti diketahui, WhatsApp Business adalah aplikasi gratis yang bisa kamu unduh pada ponsel Android dan iPhone.

Aplikasi WhatsApp Business khusus diciptakan untuk para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan. Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat Profil bisnis untuk mencantumkan informasi penting mengenai bisnis kamu seperti alamat, email, dan situs web. Serta Label yang berguna untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah.

WhatsApp Business didesain untuk para pelaku usaha, sehingga aplikasi pesan singkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang beragam untuk meningkatkan efisiensi suatu usaha yang kamu jalankan.

Kelebihan whatsapp business:

  1. Fitur Pesan Otomatis

Hal paling menarik menggunakan WhatsApp Business adalah tersedianya tiga fitur pesan otomatis yaitu:

  • Away Message: Dengan fitur Away Message kamu bisa membalas pesan dari konsumen secara otomatis sehingga meskipun kamu sedang sibuk kamu tetap bisa menjawab konsumen.
  • Greeting Message: Greeting Message bisa kamu gunakan untuk menyapa dan menyambut konsumen baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan kamu untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.
  • Quick Replies: Menggunakan fitur Quick Replies kamu bisa membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama. Cara nya mudah yaitu kamu cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis kamu. Jadi saat ada pesan masuk, kamu cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah kamu buat, sehingga kamu bisa menghemat waktu untuk menjawab pertanyaan.
  1. Kelompok Pesan

Kelebihan lainnya dari WhatsApp Business adalah menyediakan fitur yang memudahkan kamu dalam mengelompokkan pesan. Pengelompokan pesan tersebut di antaranya prospek, pesan baru, menunggu bayaran, terbayar dan pesan selesai.

  1. Keamanan Terjamin

Dengan menggunakan aplikasi whatsapp business membuat usaha kamu terlihat lebih terpercaya. Dilengkapi dengan adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada WhatsApp business menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun konsumen.

Hal ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan. Dan memberikan keuntungan bagi penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi. Sehingga kamu bisa terhindar dari segala hal kriminal saat berbisnis.

  1. Analisis Data Interaksi Pelanggan

WhatsApp Business menyediakan informasi detail terkait dengan interaksi konsumen untuk bisnis kamu, seperti jumlah pesan yang dikirim, diterima, terkirim, dan juga dibaca.

Sehingga statistik data tersebut bisa berguna agar kamu mengetahui seberapa pesan kamu bisa tersampaikan kepada konsumen kamu.

  1. Verifikasi Akun

WhatsApp Business melakukan verifikasi pada akun bisnis kamu melalui nomor telepon yang didaftarkan. WhatsApp Business akan memberikan centang hijau pada akun kamu jika sudah terverifikasi.

Itulah kelebihan whatsapp business yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usaha kamu. Namun selain memiliki kelebihan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangan Whatsapp Business berikut ini :

  1. Nomor Berbeda dengan WhatsApp Messenger

Menggunakan WhatsApp Business bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Messenger biasa. Kamu tetap bisa menggunakan aplikasi keduanya dalam satu ponsel. Namun, kamu harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya.

Selain itu, WhatsApp Business menyarankan untuk tidak mengganti nomor telepon, sehingga kamu harus menggunakan nomor telepon yang permanen.

  1. Tidak bisa mengganti nama bisnis

Aplikasi Whatsapp business ini tidak bisa untuk mengubah nama akun bisnis kamu. Jadi setelah kamu mengunduh aplikasi whatsapp business di Play Store atau App Store pada HP kamu, kamu akan mendapat peringatan bahwa nama akun bisnis tidak bisa diubah.

Jadi, kamu harus pastikan kalau kamu sudah memilih nama akun bisnis yang tepat dan tidak akan diganti.

Tidak lengkap berbisnis tanpa mengenal Jurnal by Mekari, Jurnal.id merupakan aplikasi akuntansi yang mencakupfitur aplikasi perkantoran untuk menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo