8 Keuntungan Bisnis Franchise yang Harus Anda Ketahui

Saat berbicara tentang usaha retail, terdapat beragam jenis usaha yang menjanjikan dan dapat Anda pilih. Anda dapat membuka usaha sendiri baik itu toko retail online (e-commerce) maupun toko fisik dengan semua modal yang Anda miliki. Akan tetapi, terdapat pilihan lain seperti bisnis franchise yang memberikan berbagai keuntungan dan peluang bagi Anda.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, bisnis waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Dalam bisnis ini, terdapat 2 pihak yang terlibat yaitu franchisor (pewaralaba) sebagai pihak yang memiliki, menyewakan ataupun menjual merek dan sebuah sistem, serta franchise (terwaralaba) sebagai pihak yang membeli merek dan sebuah sistem bisnis dari pewaralaba dengan syarat yang telah disepakati bersama.

Memulai sebuah bisnis memang cukup sulit dan diperlukan niat yang kuat. Pemilik bisnis retail tidak harus menghasilkan ide dan rencana bisnis, mencari lokasi, pemasok produk, mempekerjakan karyawan dan melakukan strategi pemasaran. Jika Anda salah langkah dapat menyebabkan kegagalan dalam berbisnis, loh! Memulai bisnis franchise juga memiliki risiko  tetapi memiliki kesempatan sukses yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Jika Anda bandingkan dengan memulai bisnis perseorangan atau bisnis sendiri, membuka bisnis waralaba atau franchise memiliki berbagai aturan, sistem dan memerlukan keterampilan yang berbeda. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana franchise bekerja serta kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan jenis bisnis retail ini. Dengan membeli bisnis franchise ini, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Cepat Memulai Bisnis

Cepat Memulai Bisnis

Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing. Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba. Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba.

2. Memiliki Partner Profesional

Memiliki Partner Profesional - Keuntungan Bisnis Franchise

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini. Dengan memiliki partner yang profesional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan. Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda. 

Jika usaha waralaba yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan manajemen bisnis yang bagus, maka ini juga merupakan keuntungan bagi Anda karena ide binis, nama brand dan sistem manajemen bisnis tersebut pasti sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada bisnis Anda.

3. Tak Perlu Branding

Tak Perlu Branding

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas sehingga Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis. Hal paling penting dalam bisnis ini adalah saat Anda memilih bisnis  dan menentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama. Cobalah memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat.

4. Dukungan Penuh

Dukungan Penuh Bisnis Franchise

Anda tidak perlu khawatir, biasanya para pemiliki waralaba akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra mereka. Jika Anda memulai bisnis ini, Anda akan mendapatkan pelatihan seperti marketing strategi, pengelolaan keuangan maupun cara menjalankan usaha.

5. Media Promosi Gratis

Media Promosi Bisnis Franchise Gratis

Dengan memilih bisnis franchise, Anda tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mempromosikan bisnis ini.  Pihak pewaralaba pasti telah memikirkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya. Secara tidak langsung, Anda juga bisa mendapat media iklan secara gratis dari pihak pewaralaba.

Baca juga : 7 Cara Mudah Bergabung dengan Usaha Waralaba Modern Retail

6. Manajemen Finansial Mudah

Keuntungan Bisnis Franchise - Manajemen Finansial Mudah

Pihak yang akan menanam modal di bisnis Anda (investor) pasti akan lebih menyukai bisnis yang terbukti baik secara finansial dan jaringan pemasaran. Jika Anda bergabung dengan usaha waralaba tertentu, tentu saja tidak perlu pusing-pusing lagi mengenai sistem manajemen finansial seperti halnya bisnis yang benar-benar memulai sesuatu dari awal.

7. Menjalankan Bisnis dengan Mudah

Menjalankan Bisnis Franchise dengan Mudah

Bisnis franchise yang Anda jalani akan secara otomatis memengaruhi perkembangan bisnis pewaralaba. Dengan begitu, pihak pewaralaba sangat menginginkan Anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak. Untuk mendukung hal tersebut, mereka akan memberikan sistem manajemen yang sudah teruji sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

8. Tingkat Keberhasilan Tinggi

Tingkat Keberhasilan Bisnis Franchise Tinggi

Ketika Anda memulai bisnis, tentu saja selalu ada risiko tinggi atas bisnis Anda. Selalu ada potensi kerugian yang didapatkan. Terlebih lagi, jika Anda benar-benar belum paham bagaimana suatu bisnis dapat berjalan. Hal tersebut tentu saja jika terus menerus terjadi akan menjatuhkan bisnis Anda. Dengan bisnis waralaba, Anda tidak perlu takut untuk jatuh. Segala dukungan, manajemen dan brand yang sudah dikenal akan mengurangi risiko kerugian pada bisnis Anda.

Baca juga : Tips Jitu Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Dari delapan keuntungan di atas, apakah Anda sudah dapat memutuskan untuk membeli bisnis frannchise apa? Setelah Anda memutuskan, pastikan juga franchise Anda memiliki laporan keuangan yang jelas agar Anda mendapat keuntungan dari bisnis waralaba yang Anda lakukan. Dengan laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan, laba-rugi bisnis hingga arus kas masuk dan keluar.

Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan membantu menyiapkan laporan keuangan bisnis secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga tidak perlu repot meminta data ke bagian keuangan ataupun admin karena Jurnal dapat Anda akses di mana pun dan kapan pun secara realtime. Info selengkapnya mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.


PUBLISHED03 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami


Kategori : BisnisInspirasi