Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

8 Keuntungan Bisnis Franchise yang Harus Anda Ketahui

Tayang 19 Aug 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Apakah Anda berniat untuk mencoba bisnis baru? Tidak ada salahnya untuk memulai bisnis waralaba atau franchise yang banyak mendatangkan keuntungan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis franchise.

Saat berbicara tentang usaha retail, terdapat beragam jenis usaha yang menjanjikan dan dapat Anda pilih.

Anda dapat membuka usaha sendiri baik itu toko retail online (e-commerce) maupun toko fisik dengan semua modal yang Anda miliki.

Akan tetapi, terdapat pilihan lain seperti bisnis franchise yang memberikan berbagai keuntungan dan peluang bagi Anda.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, bisnis waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor (pewaralaba) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Dalam bisnis ini, terdapat 2 pihak yang terlibat yaitu franchisor (pewaralaba) sebagai pihak yang memiliki, menyewakan ataupun menjual merek dan sebuah sistem, serta franchise (terwaralaba) sebagai pihak yang membeli merek dan sebuah sistem bisnis dari pewaralaba dengan syarat yang telah disepakati bersama.

Memulai sebuah bisnis memang cukup sulit dan diperlukan niat yang kuat.

Pemilik bisnis retail tidak harus menghasilkan ide dan rencana bisnis, mencari lokasi, pemasok produk, mempekerjakan karyawan dan melakukan strategi pemasaran.

Jika Anda salah langkah dapat menyebabkan kegagalan dalam berbisnis, loh!

Memulai bisnis franchise juga memiliki risiko  tetapi memiliki kesempatan sukses yang lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Kelebihan / Keuntungan dalam Menjalankan Bisnis Franchise

Jika Anda bandingkan dengan memulai bisnis perseorangan atau bisnis sendiri, membuka bisnis waralaba atau franchise memiliki berbagai aturan, sistem dan memerlukan keterampilan yang berbeda.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana franchise bekerja serta kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan jenis bisnis retail ini.

Dengan membeli bisnis franchise ini, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Cepat Memulai Bisnis

Cepat Memulai Bisnis
Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing.

Dari segi perencanaan, bisnis waralaba ini relatif singkat, Anda hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba.

Biasanya, Anda hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba.

Franchisors atau pemegang lisensi franchise biasanya akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra yang akan bergabung sebelum beroperasi.

Pelatihan yang dilakukan biasanya mengenai keuangan, marketing, hingga operasional bisnis.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir, karena franchisor akan memberi tahu kiat-kiat agar Anda sukses dalam menjalankan bisnis.

2. Memiliki Partner Profesional

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menjalankan bisnis franchise yaitu manajemen bisnis sudah terbentuk dan berjalan dengan baik.

Tidak perlu lagi repot-repot untuk memikirkan ide bisnis, brand, dan sistem bisnis, karena hal tersebut sudah teruji dan Anda bisa langsung mengimplementasikannya nanti di lokasi baru.

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini.

Dengan memiliki partner yang profesional, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis Anda dan memberikan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan.

Hal ini tentu demi perkembangan bisnis Anda maupun partner (pewaralaba) Anda.

Jika usaha waralaba yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan manajemen bisnis yang bagus, maka ini juga merupakan keuntungan bagi Anda karena ide binis, nama brand dan sistem manajemen bisnis tersebut pasti sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada bisnis Anda.

3. Tak Perlu Branding

Tak Perlu Branding

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan, biasanya brand sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk menjual produk yang dijual karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang begitu besar, karena akan lebih mudah bagi Anda untuk menjangkau konsumen baru.

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas sehingga Anda tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis.

Hal paling penting dalam bisnis ini adalah saat Anda memilih bisnis  dan menentukan dengan siapa Anda akan bekerja sama.

Cobalah memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat.

Jika dibandingkan dengan membangun bisnis dari awal, hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda.

Belum lagi jika brand sudah cukup terkenal, konsumen akan datang dengan sendirinya.

Baca juga: Tips Negosiasi dengan Supplier untuk Perkembangan Bisnis

4. Dukungan Penuh

Dukungan Penuh Bisnis Franchise

Anda tidak perlu khawatir, biasanya para pemiliki waralaba akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra mereka.

Jika Anda memulai bisnis ini, Anda akan mendapatkan pelatihan seperti marketing strategi, pengelolaan keuangan maupun cara menjalankan usaha.

5. Media Promosi Gratis

Dengan memilih bisnis franchise, Anda tak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mempromosikan bisnis ini.

Pihak pewaralaba pasti telah memikirkan strategi yang tepat untuk mempromosikan bisnisnya.

Secara tidak langsung, Anda juga bisa mendapat media iklan secara gratis dari pihak pewaralaba.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk Bisnis Franchise

6. Manajemen Finansial Mudah

Sebagai mitra, Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan.

Karena dengan sistem bisnis yang sudah teruji, Anda tidak perlu repot dari sisi manajemen keuangan.

Biasanya, bisnis franchise yang cukup besar sudah memiliki sistem yang digunakan di tiap lokasi, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan.

Pihak yang akan menanam modal di bisnis Anda (investor) pasti akan lebih menyukai bisnis yang terbukti baik secara finansial dan jaringan pemasaran.

Jika Anda bergabung dengan usaha waralaba tertentu, tentu saja tidak perlu pusing-pusing lagi mengenai sistem manajemen finansial seperti halnya bisnis yang benar-benar memulai sesuatu dari awal.

7. Menjalankan Bisnis dengan Mudah

Bisnis franchise yang Anda jalani akan secara otomatis memengaruhi perkembangan bisnis pewaralaba.

Dengan begitu, pihak pewaralaba sangat menginginkan Anda berhasil dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Untuk mendukung hal tersebut, mereka akan memberikan sistem manajemen yang sudah teruji sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

8. Tingkat Keberhasilan Tinggi

Ketika Anda memulai bisnis, tentu saja selalu ada risiko tinggi atas bisnis Anda. Selalu ada potensi kerugian yang didapatkan.

Terlebih lagi, jika Anda benar-benar belum paham bagaimana suatu bisnis dapat berjalan.

Hal tersebut tentu saja jika terus menerus terjadi akan menjatuhkan bisnis Anda. Dengan bisnis waralaba, Anda tidak perlu takut untuk jatuh.

Segala dukungan, manajemen dan brand yang sudah dikenal akan mengurangi risiko kerugian pada bisnis Anda.

Baca juga : Tips Jitu Memilih Bisnis Franchise Makanan dan Minuman

Kekurangan Bisnis Franchise

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise
Dalam menjalankan sebuah bisnis, pasti ada plus dan minusnya. Kekurangan dari menjalankan bisnis tentu dapat menjadi tantangan yang harus Anda hadapi dengan baik.

Begitu pula dengan bisnis franchise, tak sedikit orang yang tidak jadi menjalankan bisnis ini karena berbagai macam hal.

Simak beberapa kekurangan yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut.

a. Kendali Penuh Oleh Franchisor

Pemilik brand atau franchisor tentu memiliki kendali penuh terhadap bisnis yang ia miliki, begitu juga terhadap franchise.

Jika suatu saat Anda ingin melakukan sebuah inovasi atau perubahan terhadap produk, kecil kemungkinannya hal ini bisa terjadi.

Biasanya pemilik brand memiliki ketentuan tersendiri terhadap produk yang tidak bisa diubah.

Karena itu, jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis franchise, Anda tidak bisa mengekspresikan kreativitas Anda.

b. Supplier Tunggal Bahan Baku Produk

Saat Anda menjalankan bisnis, pasti Anda akan mencari supplier bahan baku dengan harga terjangkau dan kualitas yang baik.

Namun, jika Anda menjalankan bisnis franchise, Anda tidak bisa mencari supplier sendiri karena perusahaan telah menentukan supplier saat perjanjian kontrak usaha.

Sehingga, jika Anda menemukan supplier lain dengan harga bahan baku yang lebih terjangkau, Anda tidak bisa beralih.

c. Reputasi Bisnis Mudah Terpengaruh

Reputasi bisnis tentunya merupakan hal yang sangat penting saat menjalankan bisnis.

Dalam bisnis franchise, karena banyaknya mitra, jika ada satu hal buruk yang mengenai reputasi mitra franchise lain, hal tersebut akan berimbas ke bisnis Anda.

Karena brand yang digunakan sama, hal ini berpengaruh cukup besar. Selain itu, hal ini juga bisa saja menurunkan omzet bisnis.

d. Fee Franchisor

Pemilik brand umumnya akan menerapkan sistem fee kepada mitra usahanya.

Biasanya mitra yang berminat untuk membuka franchise harus membayar biaya kemitraan awal kepada pemilik brand.

Lalu, akan ada biaya lain yang harus dibayarkan untuk digunakan sebagai pelatihan, atau dukungan.

Biaya yang dikeluarkan juga tidaklah kecil untuk membuka usaha franchise, sehingga mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali untuk menjalankan usaha ini.

e. Pembagian Keuntungan

Selain biaya kemitraan yang harus Anda bayarkan terhadap pemilik brand, Anda juga harus membayarkan sebagian dari keuntungan yang telah Anda dapatkan dari bisnis Anda.

Hal ini tentu cukup merugikan, karena Anda kehilangan beberapa persen dari total keuntungan Anda.

Namun, tidak semua pemilik brand franchise menerapkan sistem bagi untung ini, sehingga ada baiknya jika Anda menanyakan dengan jelas mengenai hal tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk mendirikan usaha franchise?

Jenjang bisnisnya memang terlihat menggiurkan, karena Anda tidak perlu repot membangun bisnis dari nol, namun ada beberapa kekurangan yang tentunya harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Apapun bisnis yang Anda jalankan, ada baiknya harus dipikirkan matang-matang, karena menjalankan suatu bisnis tidaklah mudah.

Namun jika sukses, tentunya bisnis franchise juga bisa mendapat omzet yang tinggi juga. Pemilik franchise tidak perlu memikirkan strategi bisnis sejak awal dan hanya tinggal melakukan pemasaran yang ada.

Ditambah lagi dengan semakin majunya teknolog saat ini. Tentunya membuka bisnis franchise akan sedikit dimudahkan.

Dari delapan keuntungan di atas, apakah Anda sudah dapat memutuskan untuk membeli bisnis frannchise apa?

Setelah Anda memutuskan, pastikan juga franchise Anda memiliki laporan keuangan yang jelas agar Anda mendapat keuntungan dari bisnis waralaba yang Anda lakukan.

Dengan laporan keuangan, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan, laba-rugi bisnis hingga arus kas masuk dan keluar.

Berkembangnya teknologi kini tentu meringankan pekerjaan dalam bisnis Anda. Salah satunya masalah keuangan.

Munculnya software akuntansi seperti Jurnal pasti akan mempermudah bisnis Anda dalam mengurus keuangan.

Jurnal hadir sebagai software akuntansi dengan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah urusan keuangan bisnis Anda.

Mulai dari membuat laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga manajemen aset, bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja lewat software inventory Jurnal.

Jurnal bahkan mampu mendukung program inventory secara optimal.

Cari tahu lebih lanjut mengenai Jurnal di sini.

Itulah kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis franchise. Apakah Anda ingin memulai bisnis franchise?

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal