Daftar Isi

Laporan Pembukuan Apotek, Seberapa Penting untuk Bisnis Anda?

Tayang 23 May 2025
Highlights
  • Pembukuan apotek mencatat semua transaksi keuangan. Termasuk penjualan obat, pembelian, dan pengeluaran operasional.
  • Pembukuan apotek akan mengontrol stok dan mencegah kekurangan. Persediaan obat dapat dikelola secara lebih akurat.
  • Penting untuk pelaporan pajak dan regulasi kesehatan. Dokumen pembukuan bisa jadi bukti kepatuhan usaha.
  • Mempermudah analisis keuntungan dan kerugian. Pemilik dapat mengevaluasi performa bisnis secara rutin.
  • Menekan risiko kecurangan dan kesalahan pencatatan. Data keuangan yang tertata membuat apotek lebih transparan.

Apa saja contoh keuntungan penggunaan pembukuan apotek? Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini, simak sampai akhir!

Usaha apotek merupakan bisnis yang memerlukan ketelitian dalam pengelolaan stoknya. Karenakan, banyaknya jenis obat yang beredar di pasaran.

Menerima barang dari supplier dan menyimpan stok barang hingga habis bukanlah pekerjaan yang mudah.

Pengelolaan manajemen yang baik akan meningkatkan keuntungan yang anda dapat oleh apotek Anda.

Apa Itu Pembukuan Apotek

Pembukuan apotek pada dasarnya sama saja dengan jenis-jenis pembukuan yang lain. Yaitu suatu proses pencatatan seluruh aktivitas keuangan dengan cara yang lebih sistematis.

Pencatatan ini biasanya meliputi aktivitas keuangan operasional, seperti transaksi masuk ataupun keluar.

Misalnya, pencatatan untuk penjualan obat, pembelian dari distributor, pengeluaran operasional, serta pengelolaan stok obat.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pembukuan Keuangan Bagi Pengusaha Pemula 

Manfaat Pembukuan Apotek

Walaupun sudah tahu secara konsep dasar pembukuan itu seperti apa, namun tetap tidak jarang juga yang ternyata masih kebingungan tentang manfaat yang didapat dari hal ini.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya juga paham tentang manfaat yang bisa didapatkan jika bisnis apotek Anda menggunakaan pembukuan, terlebih lagi jika dilakukan secara otomatis.

Salah satu software akuntansi yang dapat melakukan pembukuan secara otomatis dan lengkap adalah Mekari Jurnal.

pembukuan apotek

Beberapa manfaat yang seharusnya Anda tahu adalah:

1. Manajemen Persediaan

Manfaat pembukuan apotek pertama yang bisa dirasakan oleh setiap pebisnis atau tim akuntansi adalah manajemen persediaan yang lebih rapih. Meski begitu, hal ini akan terbagi menjadi beberapa bagian:

  • Kendali Stok, dengan adanya pembukuan pada bisnis apotek, maka stoke yang tersimpan dalam persediaan pun akan menjadi lebih rapih dan terstruktur.
  • Pemesanan Ulang, pembukuan yang terstruktur juga membantu menentukan kapan akan terjadinya pemesanan ulang, agar persediaan stok tidak habis.

2. Laporan Keuangan

Dalam keberjalanannya sebuah bisnis, laporan keuangan tentu adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, berikut beberapa di antaranya yang bermanfaat untuk laporan keuangan.

  • Analisis Laporan Keuangan, dengan adanya pembukuan, identifikasi masalah terkait laporan keuangan akan lebih rapih dan bisa dilakukan secara berkala.
  • Laporan Keuangan, selama menyusun laporan laba rugi, neraca, dan arus kas, pembukuan adalah dasar yang harus Anda miliki dalam bisnis.
  • Pengambilan Keputusan, pembukuan juga berperan sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan strategis, terutama dalam kaitannya dengan keuangan dan akuntansi perusahaan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Proses Akuntansi yang Sering Terjadi dalam Bisnis

3. Patuh Pada Regulasi

Manfaat yang selanjutnya dari pembukuan di bisnis apotek adalah dapat mematuhi setiap regulasi yang ada. Misalnya jika Anda berurusan dengan pajak dan regulasi lainnya, tentu pembukuan akan menjadi penting.

  • Kepatuhan Pajak, pembukuan akan memungkinkan Anda membuat laporan yang akurat untuk setiap persyaratan pajak, yang akan diberikan pada otoritas pajak.
  • Mengikuti Regulasi Terkait, pembukuan juga dapat membantu bisnis apotek Anda mematuhi regulasi terkait, misalnya regulasi untuk obat yang Anda jual.

4. Efisiensi Operasional

Kemudian manfaat yang terakhir adalah terkait efisiensi operasional dari bisnis apotek itu sendiri. Dengan adanya pembukuan, Anda bisa mencatat apa saja yang perlu dikurangi sebagai bagian dari efisiensi.

  • Pengecekan Transaksi, dengan adanya pembukuan apotek, Anda akan sangat terbatu untuk melakukan pemantauan terkait transaksi seperti, pembelian dan penjualan kepada pelanggan.
  • Pengelolaan Keuangan, pembukuan juga penting untuk pemantauan arus kas masuk dan keluar dalam bisnis. Bagaimanapun juga, Anda perlu mencatat arus keuangan perusahaan secara rinci.
  • Maksimalkan Produktivitas, yaitu memungkinan Anda mengetahui data apa saja yang sebenarnya menjadi beban atau tidak bagi perusahaan. Semua itu bisa dinilai melalui pembukuan yang baik.

Contoh Nyata Pembukuan di Bisnis Apotek

Berikut Contoh Keuntungan Menggunakan Pembukuan Di Bisnis Apotek

Karena itu memerlukan teknologi untuk memudahkan pengaturan pembukuan dan stok barang di bisnis apotek yang sedang Anda jalani.

Keuntungan yang mendapatkan ketika menggunakan software apotek dengan fitur akuntansi pada bisnis apotik Anda.

1. Terpenuhinya Ketersediaan Barang

Dengan terpenuhinya ketersediaan barang, maka usaha Anda tidak akan kehilangan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Saat permintaan konsumen tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena memiliki persediaan yang memadai sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen.

Dengan demikian konsumen akan semakin loyal pada usaha Anda. Cek stok obat harus rutin melakukan update.

Karena obat-obatan merupakan hal yang perlu menjaga agar tidak rusak kandungan di dalamnya.

Dengan begitu, apotek dengan stok yang paling lengkap dan terbaru biasanya lebih sering mencari pelanggan.

Baca juga: Contoh Pembukuan Warung Makan dan Sembako Sederhana

2. Memantau Kedaluwarsa Obat

Dengan melakukan pembukuan di bisnis apotek secara tepat, Anda juga bisa dengan mudah memantau kedaluwarsa obat dengan mudah karena semuanya terdata dengan lengkap.

Untuk lebih mudahnya, lakukan dengan bantuan perangkat lunak pembukuan yang ada seperti Mekari Jurnal.

Dengan begitu Anda bisa mengelola persediaan dengan metode FIFO atau ( First in First Out ) sehingga seluruh persediaan yang awal masuk dapat Anda keluarkan pertama kali.

Memantau tanggal kedaluwarsa obat secara manual bisa sangat beresiko karena human error akan lebih tinggi.

Dengan menggunakan bantuan perangkat lunak pengolah akuntansi, stok obat akan lebih ter-oganisir dengan mudah.

3. Dapat Memantau Tren Pasar

Dengan menyesuaikan prediksi permintaan atau tren pasar, maka akan mempermudah perputaran barang sehingga barang tidak menumpuk.

Pengelolaan jumlah stok barang ini juga akan menekan besarnya modal usaha yang mengeluarkan serta memperkecil risiko kerugian akibat kerusakan barang karena terlalu lama menyimpan.

Jika terlalu banyak barang rusak karena terlalu lama menyimpan, maka bisa merugikan usaha Anda.

4. Menjaga kestabilan operasional usaha

Kebutuhan konsumen terpenuhi dan menjaga fluktuatif harga pasar.

Laporan stok barang yang tidak akurat dapat mencegah pemilik bisnis dari peluang yang seharusnya menyadari.

Dengan kemudahan yang menawarkan oleh perangkat lunak pembukuan tersebut, menjadikan bisnis apotek yang sedang anda jalani akan stabil dan berkembang.

Baca juga: Contoh Pembukuan Penjualan Bisnis Fashion Online Shop Sederhana

5. Pembukuan Di Apotek Permudah Anda Membuat Laporan Keuangan

Siapa bilang bisnis apotek tidak membutuhkan laporan keuangan?

Nah, dengan sofware laporan keuangan inilah Anda tidak perlu memikirkan masalah pembukuan dan laporan keuangan.

Hanya bermodalkan pencatatan transaksi, seluruh laporan keuangan dapat tersaji secara otomatis, kapan dan di mana saja.

Salah satu perangkat lunak pengolah akuntansi yang menawarkan berbagai kemudahan adalah Mekari Jurnal, yaitu tersedia dengan spesifikasi dan beragam fitur yang tersedia berbasis cloud.

Terdapat informasi tentang inventory yang dapat diisi dan dimonitor oleh perusahaan guna mendapat informasi stok produknya secara tepat.

Selain itu, terdapat fitur bermanfaat untuk pembukuan di apotik yang mampu mengelola dan menghitung ketersediaan barang Anda.

Cara Pembuatan Pembukuan Apotek

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat yang akan didapat dari pembukuan apotek, maka selanjutnya adalah mengetahui cara untuk membuat pembukuan apotek tersebut.

Apakah Anda sudah tahu? Kalau belum, berikut adalah caranya!

1. Pertama, Catat Semua Transaksi Harian

Langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan mencatat seluruh transaksi harian yang terjadi dalam bisnis Anda.

Baik arus transaksi masuk maupun keluar, kumpulkan semua datanya dan susun dalam satu buah pembukuan.

Baik dari penerimaan kas dari pembelian obat pelanggan, ataupun pengeluaran kas untuk pembelian obat dari supplier Anda.

laporan keuangan

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online untuk membuat laporan keuangan menjadi lebih cepat dan rapih, salah satunya dengan menggunakan Mekari Jurnal.

2. Kedua, Buatkan Jurnal Umumnya

Langkah kedua, ini adalah saatnya untuk Anda membuatkan bentuk jurnal umumnya seperti dengan membuat tabel saldo normal.

Yaitu dengan mengidentifikasi akun mana saja yang bertambah saat debit, dan mana yang bertambah saat kredit.

Lalu Anda juga bisa menentukan jenis transaksi, misalnya pembelian obat, penjualan obat, gaji, dan lain sebagainya.

Jangan lupa sertakan juga detail penting dalam jurnal seperti tanggal, deskripsi transaksi, dan akun yang terkait dengan nilai transaksi.

Anda juga bisa percayakan bentuk jurnal ini dengan menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal. Semuanya sudah serba otomatis dan modern, sehingga Anda tidak perlu melakukannya manual.

Baca Juga: Fitur Pembukuan Mekari Jurnal: Keunggulan dan Tips Memilih Software Terbaik

3. Buatkan Buku Besar

Dalam tahap ini, Anda akan sedikit melakukan pekerjaan mendetail lainnya yang cukup penting berupa pemindahkan informasi dari jurnal umum ke buku besar.

Yaitu dengan memisahkan setiap akun ke halaman tersendiri. Pastikan selalu periksa saldo akhir di setiap akun di buku besar sesuai dengan saldo di jurnal umum.

4. Buatkan Juga Neraca Saldonya

Selanjutnya, Anda juga harus membuat daftar saldo akhir dari setiap akun di buku besar. Kemudian setelah itu, jumlahkan antara debit dan kreditnya.

Pastikan antara debit dengan kredit memiliki jumlah yang sama. Hal ini penting untuk penilaian atas laporan keuangan Anda apakah berjalan positif, atau justru negatif.

Baca Juga: Cara Membuat Neraca Saldo Lengkap dengan Contoh, Mudah!

5. Terakhir, Pembuatan Laporan Keuangan

Maka langkah yang terakhir adalah pembuatan laporan keuangan untuk mengidentifikasi apakah arus keuangan berjalan rugi atau tidak. Pastika Anda untuk membuat ketiga hal ini:

  • Laporan Laba Rugi: Bentuk laporan yang mencatat pendapatan, biaya operasional, dan laba bersih.
  • Laporan Neraca: Laporan ini menunjukan aset, kewajiban, dan ekuitas (modal) pada tanggal tertentu.
  • Laporan Arus Kas: Yaitu berisi pergerakan kas masuk dan keluar selama periode tertentu.

Baca Juga: Contoh Laporan Perubahan Modal (Ekuitas) Perusahaan

Pakai Mekari Jurnal untuk Pembukuan Apotek Anda

Jika tertarik untuk menggunakan aplikasi Mekari Jurnal, sekarang Anda bisa coba gratis aplikasi Mekari Jurnal langsung dengan klik tombol di bawah.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

Mengelola Piutang Lebih Mudah Dengan Fitur Invoice Reminder pada Aplikasi Akuntansi Jurnal By Mekari

Dengan menggunakan beberapa fitur tersebut Anda tidak hanya bisa mengelola stok barang saja, namun juga bisa mengatur pembukuan di apotek Anda dengan cepat dan akurat.

Perangkat lunak ini bisa diakses secara online, sehingga pasti bisa memberikan kemudahan untuk melakukan akses laporan bisnis dimana saja dan kapan saja.

Segera daftar Mekari Jurnal sekarang dan dapatkan free trial hingga 14 hari.

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami