Daftar Isi
10 min read

Cara Membuat dan Contoh Kwitansi Jual Beli, Pembayaran, dan Pembelian

download format template contoh kwitansi buku kosong adalah

Bagaimana cara membuat dan contoh kwitansi untuk transaksi jual beli, pembayaran, ataupun pembelian? Simak selengkapnya di blog Mekari Jurnal!

Selain nota, dalam transaksi jual beli juga ada yang namanya kwitansi.

Kebanyakan orang masih belum tahu mengenai fungsi dari kwitansi karena mirip dengan nota.

Padahal contoh dan cara membuat kwitansi dan nota itu memiliki format atau template yang berbeda.

Kertas yang digunakan juga tentu berbeda dan komponennya juga tidak sama.

Untungnya, Mekari Jurnal dapat memberikan berbagai jenis template yang Anda butuhkan dalam bisnis dengan mengunduhnya pada artikel ini!

Selain itu, terdapat juga penjelasan komprehensif mengenai pembuatan berbagai jenis kwitansi yang perlu Anda perhatikan dengan baik.

Contoh Komponen yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Kwitansi

Sama seperti nota, kwitansi juga memiliki beberapa komponen yang harus Anda ketahui yaitu;

  1. Nomor untuk kwitansi yang berfungsi sebagai pembeda dengan kwitansi yang lainnya. Selain itu biasanya menggunakan format huruf atau angka, menyesuaikan kondisi
  2. Kolom untuk menuliskan nama lengkap baik dari pemberi atau penerima
  3. Kolom untuk menuliskan nominal uang yang diterima ataupun diberi
  4. Kolom untuk menulis waktu pelaksanaan transaksi
  5. Kolom untuk memperjelas jenis transaksi yang sedang berlangsung
  6. Kolom untuk membubuhi tanda tangan serta nama lengkap pemberi
  7. Apabila Anda menggunakan stempel maka tanda tangannya harus di dekat stempel

Mau mencoba bagaimana cepat dan mudahnya membuat bukti transaksi secara otomatis? Coba invoice generator secara gratis dengan klik banner di bawah ini!

Contoh Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat kwitansi pembayaran sederhana:

  1. Isi nomor transaksi pada kwitansi dengan jelas. Hal ini akan memudahkan Anda melacaknya di kemudian hari. Misalnya : 010/22
  2. Tuliskan nama lengkap pemberi uang di bagian “Telah diterima dari”.
  3. Tulis jumlah uang dalam format angka pada bagian “Uang sejumlah”. Contoh: Rp 1.000.000,-
  4. Tuliskan tujuan penyerahan uang di bagian “Untuk pembayaran”. Contoh: pelunasan uang muka untuk pre-order laptop, pembayaran tunai sewa kos bulan April.
  5. Tulis total uang yang diserahkan dalam kalimat, bukan angka pada bagian “Terbilang”. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan saat menulis angka, misalnya saja kelebihan angka 0.
  6. Lengkapi dengan tempat dan tanggal transaksi di bagian kanan bawah dan tambahkan tanda tangan dan nama jelas penerima uang.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membuat sebuah Kwitansi

Tentu ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan sebelum menandatangani sebuah kwitansi.

Jika Anda ingin membuat sebuah kwitansi, maka harus menyimak hal-hal penting di dalamnya supaya tidak salah.

  1. Saat memberikan bukti penerimaan uang, pastikan nama penerima ditulis lengkap
  2. Tidak menandatangani kwitansi kosong karena tidak ada penjelasan yang jelas
  3. Membubuhkan tanda baca titik (.) dalam setiap akhir penulisan di atas kwitansi
  4. Tanda titik yang dibubuhkan pada setiap akhir kalimat tentu memiliki fungsi yaitu agar mudah jika Anda ingin melakukan pembahasan yang lain sehingga tidak akan rugi.
  5. Sedangkan yang keempat adalah tulis tanggal dan tempat dengan jarak yang berdekatan
  6. Tanggal dan tempat harus ditulis dekat dengan orang yang menandatangani kwitansi
  7. Jika kwitansi memerlukan materai, tanda tangan harus diletakkan di dekat materai
  8. Pahami perbedaan antara nota transaksi jual beli dan kwitansi untuk proses yang lebih efektif.

Baca Juga: 9 Aplikasi Kwitansi Gratis Terbaik Android dan iOS

Tips Membuat Kwitansi

Selain membeli dalam bentuk sudah jadi buku, Anda bisa membuat kwitansi sendiri.

Jika menggunakan format buku mungkin terlalu biasa, tidak spesifik dan field-nya kurang lengkap, Anda bisa ikuti contoh format kwitansi pembayaran dengan Word (doc), Excel (xls) dan pdf atau bisa juga download aplikasi kwitansi gratis.

  • Cara membuat kwitansi bisa Anda contoh dari internet. Ada banyak template yang sudah lengkap, dapat didownload. Anda dapat membuat buku kwitansi kosong yang nantinya bisa digunakan dan diisi secara manual
  • Buat secara manual dari Ms. Word. Gunakan kertas ukuran A6, buat kolom-kolom utama mulai dari kop, nomor, diterima dari, nominal, terbilang, tujuan pembayaran, penerima, tanggal kwitansi, kolom tanda tangan.
  • Kwitansi untuk toko bisa menggunakan Excel. Ketika pembelian dilakukan untuk lebih dari satu macam barang. Space yang digunakan memenuhi untuk menulis macam dan jumlah barang.
  • Kwitansi tanpa kop bisa Anda buat manual menggunakan tulisan tangan di atas kertas. Karena tidak ada kop yang menunjukkan instansi, keterangannya harus didukung dengan cap atau stempel.

Jenis-jenis Kwitansi dan Cara Membuatnya

Kwitansi adalah bukti transaksi yang kebutuhannya menyesuaikan aktivitas bisnis yang dilakukan.

Setiap dokumentasi transaksi dapat memiliki format dan informasi yang berbeda antara satu dengan lainnya sesuai tujuan penggunaan.

Berikut adalah beberapa jenis kwitansi umum yang sering ditemukan dalam menjalankan bisnis, di mana terbagi menjadi dua kategori yakni kwitansi umum dan kwitansi khusus.

Baca Juga: Kumpulan Nota Kosong Format PDF Siap Download!

A. Kwitansi Transaksi Umum

Jenis kwitansi ini digunakan sebagai hal yang umum dalam transaksi sehari-hari serta dapat ditemukan dalam berbagai sektor.

Informasi yang tercantum juga standar, mulai dari nominal pembayaran, nama pihak yang terlibat, serta deskripsi transaksi dengan format seragam dan tidak memerlukan banyak penyesuaian khusus.

1. Kwitansi Gaji

Kwitansi ini digunakan sebagai bukti pembayaran gaji karyawan. Informasi yang tercantum di dalamnya akan berkaitan rincian gaji pokok, tunjangan, dan berfungsi sebagai dokumen pelaporan pajak.

Untuk memudahkan pembuatannya, ikuti tips berikut ini:

Persiapan

  • Siapkan format kwitansi resmi perusahaan
  • Kumpulkan data penggajian karyawan lengkap

Format Pengisian

  • Header: Nama perusahaan & logo
  • Nomor kwitansi
  • Tanggal pembayaran
  • Nama karyawan & jabatan

Rincian Komponen

  • Gaji pokok
  • Tunjangan (transport, makan, dll)
  • Lembur (jika ada)
  • Potongan (pajak, BPJS, dll)
  • Total gaji bersih (angka & terbilang)
  • Tanda tangan (HRD & penerima)

Penyelesaian

  • Hitung total bersih
  • Bubuhkan cap perusahaan
  • Tanda tangan HRD dan penerima

2. Kwitansi Jasa Profesional

Kwitansi jasa mencatat pembayaran atas layanan profesional yang sudah diberikan.

Rinciannya meliputi jenis layanannya, beserta rincian pekerjaan yang dilakukan dan estimasi biayanya.

Tahapan pembuatannya, seperti berikut:

Persiapan

  • Gunakan kwitansi bermaterai sesuai nominal
  • Siapkan rincian jasa yang diberikan

Format Pengisian

  • Header: Nama penyedia jasa
  • Nomor kwitansi
  • Tanggal transaksi
  • Jenis layanan
  • Durasi/periode
  • Tarif per layanan
  • Total biaya
  • Materai (sesuai nominal)
  • Tanda tangan pemberi & penerima jasa

Penyelesaian

  • Tanda tangan kedua pihak di atas materai
  • Buat rangkap 2 (asli dan copy)

Baca Juga: Template Invoice Format Excel dan Word, Download Yuk!

3. Kwitansi Pinjaman

Kwitansi ini digunakan dalam transaksi peminjaman uang dengan mencantumkan jumlah pinjaman. Biasanya juga dilengkapi dengan ketentuan pengembalian dan jadwal pembayaran.

Ada beberapa langkah efektif yang bisa diterapkan, yaitu:

Persiapan

  • Siapkan format kwitansi bermaterai
  • Data peminjam lengkap

Format Pengisian

  • Nomor kwitansi
  • Tanggal peminjaman
  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Nomor identitas
  • Jumlah pinjaman
  • Ketentuan pengembalian
  • Jangka waktu
  • Tanda tangan dengan materai

Penyelesaian

  • Tanda tangan dengan saksi
  • Buat salinan untuk arsip

4. Kwitansi Sekolah

Kwitansi sekolah merupakan bukti pembayaran untuk biaya pendidikan, seperti SPP atau uang gedung.

Agar dokumen ini bersifat resmi, biasanya dilengkapi dengan stempel resmi dari institusi pendidikan.

Persiapan

  • Format kwitansi resmi sekolah
  • Data siswa lengkap yang dibutuhkan

Format Pengisian

  • Logo & nama sekolah
  • Nomor kwitansi
  • Nama siswa
  • Kelas
  • NIS/NISN
  • Jenis pembayaran
  • Periode/tahun ajaran
  • Nominal pembayaran
  • Cap sekolah & tanda tangan

Penyelesaian

  • Berikan cap stempel sekolah
  • Tanda tangan petugas yang bertanggung jawab
  • Simpan copy untuk pembukuan

5. Kwitansi Sewa

Kwitansi ini berfungsi untuk mendokumentasikan pembayaran dalam transaksi sewa-menyewa.

Informasi yang tercantum termasuk periode sewa, nominal pembayaran, termasuk ketentuan sewa yang telah disepakati.

Untuk membuat kwitansi sewa, bisa mengikuti langkah berikut:

Persiapan

  • Siapkan kwitansi bermaterai
  • Data properti lengkap

Format Pengisian

  • Nomor kwitansi
  • Tanggal pembayaran
  • Alamat lengkap
  • Jenis properti
  • Periode sewa
  • Nominal sewa
  • Materai
  • Tanda tangan penyewa & pemilik

Penyelesaian

  • Tanda tangan kedua pihak
  • Buat rangkap 3 (untuk pemilik, penyewa, dan arsip)

Baca Juga: Memahami Akuntansi Sewa Guna Usaha

B. Kwitansi Khusus

Sedangkan kwitansi khusus biasanya digunakan dalam transaksi yang membutuhkan persyaratan lebih spesifik atau memiliki ketentuan hukum tertentu.

Cakupan informasi ini biasanya yang muncul pada saat keperluan administrasi, legalitas, atau transparansi keuangan.

Contohnya, seperti kwitansi uang muka mencatat sisa pembayaran yang harus dilunasi, kwitansi donasi untuk kepentingan akuntabilitas lembaga amal, atau kwitansi rumah sakit untuk rincian biaya medis.

6. Kwitansi Uang Muka

Kwitansi uang muka digunakan sebagai bukti down payment dalam transaksi pembelian barang atau jasa.

Rincian informasi yang disajikan mencakup jumlah uang muka serta sisa pembayaran yang harus dilunasi.

Cara membuatnya kwitansi ini, yaitu:

Persiapan

  • Format kwitansi DP
  • Rincian barang/jasa dalam transaksi

Format Pengisian

  • Nomor kwitansi
  • Tanggal pembayaran
  • Detail barang/jasa
  • Jumlah DP
  • Sisa pembayaran
  • Tanggal jatuh tempo
  • Tanda tangan kedua pihak

Penyelesaian

  • Tanda tangan kedua pihak
  • Catat dokumentasi ke dalam buku pesanan

7. Kwitansi Koperasi

Kwitansi ini digunakan dalam transaksi koperasi, seperti simpanan, pinjaman anggota, dan lain-lain sebagainya.

Komponen penting dalam kwitansi koperasi salah satunya adalah nomor anggota koperasi untuk kebutuhan administrasi.

Bagi Anda yang ingin membuatnya, bisa ikuti tahapan berikut:

Persiapan

  • Kwitansi resmi koperasi
  • Data anggota yang berkaitan

Format Pengisian

  • Logo & nama koperasi
  • Nomor anggota
  • Jenis transaksi
  • Nominal
  • Saldo sebelum & sesudah
  • Cap koperasi
  • Tanda tangan pengurus

Penyelesaian

  • Cap koperasi
  • Input transaksi ke sistem koperasi

Baca Juga: Contoh Pembukuan Koperasi Simpan Pinjam Format PDF dan Excel

8. Kwitansi Serah Terima

Kwitansi ini berfungsi sebagai bukti dokumentasi serah terima uang antara dua pihak.

Dokumen ini akan mencantumkan jumlah uang yang diserahterimakan, kemudian kedua belah pihak yang sudah setuju akan mentandatanganinya.

Adapun, untuk membuatnya bisa ikuti langkah berikut:

Persiapan

  • Membutuhkan kwitansi bermaterai
  • Saksi (jika diperlukan)

Format Pengisian

  • Nomor kwitansi
  • Tanggal serah terima
  • Jumlah uang
  • Tujuan serah terima
  • Materai (jika diperlukan)
  • Tanda tangan kedua pihak
  • Saksi (jika ada)

Penyelesaian

  • Tanda tangan semua pihak
  • Dokumentasi serah terima

Baca Juga: Contoh Surat Serah Terima Barang Inventaris Kantor

9. Kwitansi Donasi

Kwitansi donasi berfungsi untuk mendokumentasikan pemberian atau penerimaan sumbangan.

Informasi penting di dalamnya mencakup jumlah dan tujuan donasi, yang penting untuk menjaga transparansi.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Persiapan

  • Kwitansi resmi organisasi
  • Data donatur

Format Pengisian

  • Logo organisasi
  • Nomor kwitansi
  • Data donatur
  • Jumlah donasi
  • Tujuan donasi
  • Cap organisasi
  • Tanda tangan penerima

Penyelesaian

  • Cap organisasi
  • Arsip untuk pelaporan

10. Kwitansi Pembayaran

Kwitansi ini digunakan sebagai bukti pembayaran dalam berbagai transaksi umum. Rinciannya meliputi nominal dan detail transaksi yang telah dilakukan.

11. Kwitansi Rumah Sakit

Kwitansi yang bertujuan untuk mencatat pembayaran atas layanan kesehatan yang diterima pasien.

Dilengkapi dengan rincian biaya pengobatan serta keterangan tindakan medis yang diberikan.

Untuk membuat kwitansi rumah sakit, dapat dilakukan dengan:

Persiapan

  • Kwitansi resmi RS
  • Data pasien lengkap

Format Pengisian

  • Logo & nama rumah sakit
  • Nomor kwitansi

Data pasien, mencakup:

  • Nama
  • Nomor rekam medis

Rincian biaya, mencakup:

  • Tindakan medis
  • Obat-obatan
  • Kamar inap
  • Total pembayaran
  • Cap rumah sakit
  • Tanda tangan kasir

Penyelesaian

  • Cap rumah sakit
  • Input ke sistem RS
  • Arsip untuk asuransi

Baca Juga: Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Rumah Sakit Untuk Bantu Pengambilan Keputusan

Contoh Kwitansi Jual Beli, Pembayaran, dan Pembelian

Ini dia contoh kwitansi untuk transaksi jual beli, pembayaran ataupun pembelian:

Contoh Kwitansi Jual Beli

download format template contoh kwitansi buku kosong adalah

 Contoh Kwitansi Pembayaran Kosong

download format template contoh kwitansi

Penggunaan Materai Ketika Melakukan Transaksi

Adapun penggunaan materai yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Jika transaksi yang sedang berlangsung itu nominalnya di bawah Rp 250.000 tidak perlu materai.
  2. Jika transaksi yang sedang berlangsung nominalnya antara Rp 250.000 dan satu juta memakai materai yang 3000.
  3. Jika transaksi yang berlangsung itu nominalnya di atas satu juta rupiah maka menggunakan materai 6000.

Contoh Proses Melakukan Pengisian Kwitansi Pembayaran

Anda harus menyiapkan beberapa hal berikut sebelum mengisi kwitansi:

  1. Blangko harus sudah ada nama dari pihak perusahaan terkait
  2. Pulpen dengan tinta hitam
  3. Menuliskan semua informasi yang diperlukan di dalam kwitansi
  4. Mengisi informasi yang berkaitan dengan pembayaran sewa
  5. Anda bisa mendapatkan blangko di internet

Baca juga: Contoh aplikasi invoice untuk bisnis

Kelola Invoice Secara Otomatis Menggunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal

cara membuat nota kredit pembayaran jurnal

Salah satu contoh software atau aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat faktur atau kwitansi pembayaran yang sudah tersedia format template untuk Anda kustomisasi adalah Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal dilengkapi dengan berbagai macam fitur termasuk membuat faktur pembelian penjualan yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Proses akuntansi bisnis Anda akan lebih mudah karena faktur penjualan Jurnal telah terintegrasi dengan sistem laporan keuangan di dalamnya.

Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, aplikasi faktur penjualan, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dapatkan free trial Mekari Jurnal dengan menekan tombol di bawah ini!

Konsultasi Gratis Berbagai Fitur Unggulan Mekari Jurnal Sekarang!

Itu dia cara membuat dan contoh kwitansi untuk transaksi jual beli, pembayaran atau pembelian.

Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat bagi bisnis Anda!

 

 

 

Referensi:

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami