Definisi Akuntansi berasal dari kata Accountancy/Accounting/Constituency yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Akuntansi berarti sebuah aktivitas atau proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi agar mudah dimengerti dalam mengambil keputusan yang tepat.

Fungsi Akuntansi

Akuntansi bisa dianggap sebagai bahasa perusahaan dalam memberikan informasi berupa data-data keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Setiap perusahaan membutuhkan dua macam informasi tentang perusahaannya, yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi mengenai laba/rugi perusahaan. Dengan akuntansi, Anda dapat mengetahui jumlah modal yang dimiliki perusahaan dan perkembangan perusahaan pada periode tertentu. Proses akuntansi juga bisa menjadi dasar perhitungan pajak dan untuk menentukan kebijakan manajemen perusahaan. Dengan proses akuntansi, Anda juga dapat menjelaskan kepada pihak ketiga seperti Bank atau investor mengenai kondisi perusahaan dengan tepat ketika suatu waktu Anda memerlukan kredit usaha.

Aktivitas Utama dalam Akuntansi

Akuntansi memiliki tiga aktivitas utama didalamnya, antara lain:

Aktivitas Identifikasi

Aktivitas untuk mengidentifikasikan transaksi-transaksi ataupun arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Identifikasi ini penting untuk bisa menghasilkan data yang komprehensif.

Aktivitas Pencatatan

Setelah transaksi-transaksi diidentifikasikan kemudian transaksi-transaksi tersebut dicatat dalam bentuk laporan keuangan.

Aktivitas Komunikasi

Setelah transaksi-transaksi diidentifikasi dan dicatat, langkah selanjutnya adalah mengomunikasikan hasil catatan tadi kepada pihak-pihak yang membutuhkan laporan informasi komunikasi, baik dari pihak internal ataupun eksternal perusahaan.

Jenis-Jenis Akuntansi

Setelah mengetahui definisi, fungsi, dan aktivitas akuntansi, sekarang kita akan membahas jenis-jenis akuntansi yang ada. Sama seperti bidang manajemen,  akuntansi juga memiliki berbagai spesialisasinya, antara lain.

Akuntansi Keuangan

Bidang akuntansi yang secara khusus mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti utang (kewajiban), modal (ekuitas), ataupun perubahan aset perusahaan.

Akuntansi Manajemen

Bidang akuntansi yang memberikan data real kepada pihak internal perusahaan (manajemen) untuk menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya.

Akuntansi Biaya

Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengefisensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain.

Akuntansi Pajak

Bidang akuntansi yang bertujuan untuk mengurusi perpajakan. Dalam hal ini untuk meminimalisasi pajak yang harus dibayarkan perusahaan tanpa menyalahi aturan yang berlaku.

Akuntansi Pemeriksaan

Bidang akuntansi berupa pemeriksaan atas laporan pencatatan akuntansi atau laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Akuntansi pemeriksaan ini biasa disebut dengan audit, dan orang yang mengaudit disebut auditor.

Akuntansi Anggaran

Bidang akuntansi ini mempelajari penyusunan budget atau pengeluaran dari sebuah perusahaan kemudian membandingkannya dengan pengeluaran yang aktual.

Akuntansi Pemerintahan

Bidang akuntansi yang mempelajari tentang penyajian data laporan keuangan atau financial statement yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan, baik lembaga daerah atau pusat.

Akuntansi Pendidikan

Bidang akuntansi yang output-nya diarahkan khusus di bidang pendidikan, misalkan untuk menjadi pengajar akuntansi, peneliti, atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan edukasi akuntansi.

Sistem Akuntansi

Bidang akuntansi ini berhubungan dengan proses pembuatan prosedur akuntansi atau alat-alat pendukungnya, serta diikuti oleh penentuan langkah-langkah yang akan diambil kedepannya.

Akuntansi Internasional

Bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah Internasional seperti pedagangan Internasional yang umum terjadi di perusahaan multinasional atau Internasional.

 

Itu adalah beberapa penjelasan mengenai akuntansi. Setelah mengetahui berbagai penjelasan di atas, Anda pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya akuntansi, terutama dalam menjalankan sebuah bisnis. Melalui proses akuntansi, Anda dapat lebih mudah dalam membuat strategi bisnis dengan melihat laporan keuangan perusahaan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang siap membantu Anda dalam proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi keuangan hingga menjadi sebuah laporan keuangan bisnis. Dengan Jurnal, Anda juga dapat mengelola dan memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Temukan info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya di sini.

Author